Declip

Gambar 12 Manfaat Kandungan Niacinamide dan Efek Sampingnya Dalam Kulit

12 Manfaat Kandungan Niacinamide dan Efek Sampingnya Dalam Kulit

Kandungan skincare yang paling banyak digunakan oleh skincare ternama lokal maupun internasional adalah kandungan Niacinamide. Zat yang mengandung niacin dan B3 ini mampu mengatasi banyak masalah kulit. Kandungan Niacinamide bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan, sayuran hijau, daging ikan, dan susu.

Nah sebenarnya apa sih fungsi Niacinamide secara keseluruhan dan apa efek sampingnya? Simak bersama manfaat kandungan Niacinamide dan efek sampingnya dalam kulit yuk!

Manfaat Kandungan Niacinamide dan Efek Sampingnya

1. Mengendalikan Produksi Minyak Berlebih

Produksi minyak yang berlebih bisa berpotensi untuk memunculkan jerawat pada kulitmu. Maka dari itu kandungan Niacinamide berfungsi untuk mengendalikan kadar minyak diwajah sekaligus meregenerasi kulitmu agar lebih bernutrisi.

2. Melembapkan Wajah

Salah satu efek menggunakan skincare dengan kandungan Niacinamide adalah melembapkan wajah. Kamu tidak harus khawatir kulitmu akan terlihat dehidrasi atau timbulnya garis halus lagi.

3. Meningkatkan Skin Barrier

Jika kamu memiliki masalah mengenai skin barrier, seperti kurangnya kandungan kolagen dalam kulit. Kamu bisa menggunakan Niacinamide untuk meningkatkan fungsi skin barrier seperti menambah kandungan keratin dan protein sintetis untuk membantu skin barrier yang lebih kuat.

4. Mengecilkan Pori-Pori

Niacinamide juga mampu membersihkan pori-pori wajahmu. Jika kamu mengalami masalah seperti memiliki tekstur kulit atau pori-pori wajah yang besar kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan Niacinamide untuk mengatasinya.

5. Mencegah Munculnya Eksim

Eksim merupakan salah satu masalah kulit yang memiliki ciri-ciri munculnya rasa gatal, kemerahan dikulit,dan kerusakan pada lapisan kulit. Penggunaan Niacinamide membantu untuk meredakan gejala eksim yang kamu alami, karena mengandung antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan kelembapan kulit.

6. Menghaluskan Kulit

Tekstur kulit akan kurang baik jika kamu terus terpapar sinar matahari. Kulit akan terasa bersisik, kasar, dan terlihat mengelupas. Apalagi jika kamu tidak menggunakan sunscreen. Nah peran Niacinamide ini penting untuk mencegah agar skin barriermu tidak rusak sehingga kulitmu bisa tampak lebih halus dan sehat.

7. Meratakan Warna Kulit

Keuntungan menggunakan skincare dengan Niacinamide didalamnya adalah mampu meratakan warna kulit. Punya masalah dengan hyperpigmentation, atau bintik hitam? Wajib untuk kamu merawat kulitmu dengan Niacinamide. Tidak hanya untuk wajah tapi tubuh juga bisa lho!

8. Memberi Fungsi Anti Aging

Kamu sudah melihat garis-garis halus diwajah, atau sudah merasa kulit terlihat kering dan kusam? Bisa jadi itu adalah tanda penuaan dini atau aging. Minpow mewajibkan kamu untuk memiliki skincare dengan kandungan Niacinamide didalamnya karena akan membantu meningkatkan kandungan keratin dalam kulit.

9. Mengurangi Stress Pada Kulit

Stress pada kulit bisa saja terjadi seperti banyak jumlah radikal bebas seperti pancaran UV, virus, polusi, dengan kadar yang berlebihan pada kulit. Kandungan oksidan mampu membantu membangun sel-sel yang berguna mengurangi stress oksidatif.

10. Mencegah Kanker Kulit Melanoma

Niacinamide dengan bentuk suplemen dapat mempercepat perbaikan DNA kulit yang sering terpapar sinar UV. Banyak pakar kesehatan yang menunjukkan bahwa kandungan Niacinamide mampu mencegah kanker kulit Melanoma.

Selain manfaatnya yang bagus untuk menutrisi dan kesehatan kulit, Niacinamide juga memiliki efek samping yang harus kalian perhatikan.

Walaupun kandungan Niacinamide akan selalu aman, tapi untuk orang yang memiliki kulit sensitif, biasanya reaksi kulit yang tidak cocok dengan kandungan Niacinamide tubuh akan mengeluarkan zat Histamin atau sistem imun yang berfungsi untuk menangkal alergi.

Untuk menghindari reaksi alergi terhadap kandungan Niacinamide, kamu bisa melakukan hal ini:

  1. Oleskan produk seukuran koin di lengan bawah
  2. Tunggu selama 24 jam
  3. Jika kulit lengan terasa gatal, merah, atau bengkak, hentikan pemakaian kandungan Niacinamide tersebut
  4. Jika tidak ada efek samping apapun, kamu bisa melanjutkan penggunaan produk tersebut.

Nah itu dia manfaat kandungan Niacinamide dan efek sampingnya pada kulit. Skincare kamu ada tidak yang memiliki kandungan Niacinamide? Efek apa yang kamu rasakan? Jika kamu masih penasaran dengan per-skincarean kamu bisa klik disini, untuk membaca artikel tentang skincare lainnya!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *