Declip

logo final declip

7 Bahaya Menyisir dan Menutup Rambut Saat Basah, Pastikan Kamu Hindari Ya!

Gambar 7 Bahaya Menyisir dan Menutup Rambut Saat Basah Pastikan Kamu Hindari Ya

Tahukah kamu menyisir atau menutup rambut dalam keadaan basah bisa membuat kondisi rambut menjadi rusak? Biasanya kondisi rambut yang basah bisa lebih rapuh, sehingga yang kamu perlukan saat keadaan rambut basah adalah berhati-hati saat kamu menyisirnya ataupun mengeringkannya.

Lalu kenapa rambut basah biasanya lebih rentan rusak?

Jika rambut masih menyimpan kadar air yang tinggi setelah keramas dengan campuran hair care akan membuat rambut lebih rapuh, dan kekuatannya juga berkurang. Maka dari itu Minpow sarankan kamu jangan langsung menyisir atau mengeringkan rambut dengan cara digesek secara kasar. Karena pada kenyataannya ada hal yang bahaya jika kamu menyisir dan menutup rambut saat basah, yaitu:

7 Bahaya Menyisir dan Menutup Rambut Saat Basah

1. Merusak Ikatan Rambut

Jika kamu masih suka menyisir sembarangan rambut setelah selesai keramas, pastikan kamu menghentikan kebiasaan tersebut. Karena kalau dibiarkan rusaknya ikatan menyebabkan fleksibilitas rambut kamu akan berkurang.

Solusi, keringkan rambut secara alami yaitu dengan mengangin-anginkan di suhu ruangan, atau kamu bisa keringkan sengan handuk microfiber yang lembut untuk rambut.

2. Menggunakan Sisir dan Hair Brush yang Kurang Tepat Membuat Rambut Kusut dan Rontok

Jenis sisir dan hari brush yang tepat mempengaruhi dampak kerusakan pada rambut. Pastikan kamu menggunakan sisir yang berjarang jika kamu merasa rambutmu kusut. Minpow sarankan kamu juga untuk menggunakan sisir seperti wet brush jika kamu merasa rambutmu susah untuk diatur.

BACA JUGA:  10 Rahasia Manfaat Jintan Hitam yang Jarang Diketahui Terutama untuk Rambut

3. Langsung Memakai Hijab Usai Berkeramas Berpotensi Rambut Rapuh

Mengeringkan rambut sebelum kamu memakai hijab adalah hal pertama yang kamu perhatikan. Pastikan rambutmu kurang lebih 80-85% kering. Alasan kenapa rambutmu saat keadaan basah tidak boleh langsung menggunakan hijab, karena selain rasanya tak nyaman, menutup rambut basah dengan hijab menyebabkan gesekan kain pada rambut secara terus menerus sehingga rambut yang lebih rawan rapuh.

4. Memicu Rontok dan Penipisan Pada Rambut Hijab

Seperti yang Minpow singgung sebelumnya, rambut yang basah juga bisa memicu, rambut rontok dan mendorong kerusakan parah pada jenis rambut. Apalagi jika kamu sering menggunakan alat styling rambut seperti catokan, curling wand, atau hair dryer akan makin parah kerontokannya.

5. Menyebabkan Rambut Apek dan Lepek

Menutup kepala dengan hijab usai keramas tidak hanya menyebabkan sakit kepala. Bahkan jika kerudung atau inner hijab yang dipakai kurang bersih akan menimbulkan rambut gampang ketombean, rambut berbau apek, hingga rambut yang sering lepek.

6. Elastisitas berkurang dan Mudah Patah

Rambut basah sekilas membuat rambutmu terlihat lebih panjang. Tapi saat kering, rambut kembali menyusut dan terlihat lebih pendek. Elastisitas ini berguna saat kamu akan mengikat rambut. Karena saat rambut kering, rambut lebih kuat menghadapi tekanan dari kuncir rambutmu. Tapi jika basah, rambut mudah patah dan lemah.

7. Jangan Menggosok Rambut Dengan Kuat

Menggosok rambut dengan kuat setelah kamu keramas adalah ide sangat buruk dan akan merusak rambut. Setelah selesai mencuci rambut, peras air yang berlebih dari rambut dan gunakan kaus yang tidak terpakai untuk membungkus dan menekan rambut secara lembut untuk menyerap air yang berlebih.

BACA JUGA:  Ingin Rambut yang Lebih Kuat? Ini DIY Tonik Rambut yang Bisa Kamu Coba Buat Sendiri di Rumah!

Jika kamu menggosok rambut dengan kuat, akan membuat rambut menjadi kasar dan menyebabkan kerusakan rambut. Jadi pastikan kamu menghindari hal tersebut ya!

Demikian 7 bahaya menyisir dan menutup rambut saat basah yang kamu harus tahu. Pastikan kamu tunggu rambutmu hingga kering baru kamu menyisir dan menutup rambut. Kamu bisa melihat banyak inspirasi untuk perawatan rambut lainnya, dengan klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!