Declip

logo final declip

7 Cara Memperbaiki Skin Barrier Yang Rusak, Siap – Siap Awet Mudah Deh!

Gambar 7 Cara Memperbaiki Skin Barrier Yang Rusak Siap – Siap Awet Mudah Deh

Bestie, sering banget kan akhir-akhir ini mendengar istilah skin barrier yang rusak. Banyak brand produk perawatan kulit yang menawarkan perbaikan skin barrier agar tidak rentan terkena permasalahan kulit. Skin barrier atau lapisan penghalang kulit ini berada di bagian terluar yang langsung bersentuhan dengan lingkungan. Bisa dibayangin sendiri kan kalau lapisan terluarnya saja sudah rusak, bagaimana nasib kulit selanjutnya? Nah untuk itu kamu harus tahu ini cara memperbaikinya jika skin barrier kamu sudah terlanjur rusak. Yuk simak bersama!

Apa itu Skin Barrier?

Sebelumnya kamu sudah tahu belum skin barrier itu apa? Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang paling luar. Dan sebenarnya skin barrier ini punya banyak lapisan yang membantu terbentuknya lapisan skin barrier seperti sel korneosit, sementara yang menjadi perekat lapisan tersebut adalah campuran kolesterol, ceramides, dan asam lemak.

Skin barrier merupakan lapisan yang melindungi kulit dari serangan aggressor seperti polusi, kuman, bahan kimia yang berbahaya, dan zat dari luar yang menyebabkan kulit iritasi atau alergi.

Sebab Skin Barrier Rusak

Sebelum ke cara memperbaiki skin barrier yang rusak, pastikan kamu tahu dulu penyebab kenapa skin barrier rusak.

BACA JUGA:  6 Cara Memilih Masker Untuk Kulit Berminyak Yang Harus Kamu Pahami!

1. Kondisi Lingkungan

Kelembapan udara yang rendah, sering terpapar sinar matahari, cuaca yang dingin juga mampu merusak skin barriermu. Skin barrier harus berada di lingkungan yang sempurna yang tidak terlalu kering atau tidak begitu lembap.

2. Membasuh Wajah Dengan Air Panas

Mencuci muka dengan air panas juga bisa merusak skin barriermu. Karena lipid atau lapisan pelindung dalam kulit akan luruh.

3. Masalah Kulit Yang Diakibatkan oleh Peradangan

Untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit eksim atau psoriasis juga bisa menjadi penyebab utama kulit atau skin barrier rusak. Biasanya gejala yang ditimbulkan seperti gatal, muncul jerawat, tekstur kasar dan adanya perubahan warna.

Cara Memperbaiki Skin Barrier Yang Rusak

Dari ketiga masalah diatas, kamu harus memperhatikan bagaimana cara memperbaiki skin barrier yang rusak dengan cermat. Untuk kamu yang sekarang sedang bermasalah dengan skin barrier yang rusak atau kurang kuat. Pastikan kamu perhatikan cara ini yuk!

1. Perhatikan level pH skincare yang kamu gunakan

Kamu harus ketahui bahwa pH kulit itu sedikit asam karena biasanya berada di bawah angka 5 yaitu sekitar 4,7. Banyak para ahli kulit yang menyarankan kamu mencari produk skincare yang memiliki pH antara 4,5 sampai 5 agar sesuai dengan pH kulit. Memakai produk skincare dengan level pH yang setara membantu kondisi skin barrier agar kembali normal.

2. Buat rutinitas perawatan kulit wajah yang sederhana

Gunakan beberapa produk yang memang dibutuhkan saja. Kamu tidak perlu menggunakan 10-12 rangkaian skin care. Pastikan kamu menggunakan produk yang cocok dengan permasalahan kulitmu. Minpow sarankan fokus pada produk yang membantu menenangkan dan menyejukkan kulit.

3. Pilih facial cleanser yang lembut

Produk skincare yang harus kamu perhatikan adalah facial cleanser. Pastikan kamu menggunakan pembersih wajah dengan keterangan gentle. Selain agar membersihkan kulitmu dengan optimal, karena pembersihnya sangat gentle hal ini juga akan membantu kulitmu terasa lebih lembap dan kelihatan lebih kenyal.

BACA JUGA:  3 Perbedaan Face Mist dan Setting Spray yang Wajib Kamu Tau

4. Selalu memakai sunscreen

Ketika kamu merasa skin barrier kamu rusak, paparan sinar matahari yang terlalu lama juga menjadi faktor utama. Maka dari itu Minpow sangat menyarankan kamu untuk menggunakan sunscreen saat kamu di dalam ruangan atau di luar ruangan.

5. Jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi pada kulit wajah memang penting, tapi jangan dilakukan terlalu sering ya! Jika dilakukan terlalu sering, malah akan teriritasi dan rusak. Jadi biasakan melakukan eksfoliasi seminggu satu hingga dua kali. Pilih juga eksfoliator yang gentle jika kamu merasa kulitmu bermasalah.

6. Memakai face oil alami

Menggunakan face oil juga bisa membuat skin barrier lebih kuat. Minyak tumbuhan tergolong emolien yang bisa melembutkan dan melembapkan kulit. Minyak tumbuhan merupakan antioksidan yang bersifat anti bakteri dan peradangan.

7. Memilih produk skincare untuk memperbaiki skincare

Kamu bisa melakukan layering atau mengganti produk skincare untuk membantu memperbaiki skin barrier. Pilih kandungan yang memiliki kemiripan dengan ceramides, asam lemak, kolesterol, dan lipid skin barrier.

8. Memberikan Rehat Untuk Kulitmu

Hindari penggunaan make up berlebih, dan berikan nutrisi lebih untuk kulit wajahmu. Bawa untuk perawatan, memakai produk perawatan yang cocok dengan jenis kulitmu. Cari tahu juga masalah kulitmu yang sebenarnya.

Itu dia bestie beberapa cara memperbaiki skin barrier yang bisa kamu perhatikan dan coba. Beragam dan cukup mudah untuk dilakukan bukan? Tertarik untuk melihat cara melakukan skincare selengkapnya? Kamu bisa langsung klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!