Declip

Gambar Bisa Melembabkan Kulit Kenali 10 Manfaat Glycerin dan Efek Sampingnya

Bisa Melembabkan Kulit? Kenali 10 Manfaat Glycerin dan Efek Sampingnya!

Bahan aktif Glycerin mungkin cukup familiar jika kamu memang sering menggunakan skincare. Memang tidak seterkenal kandungan Niacinamide, tapi Glycerin juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Maka dari itu Glycerin ini memang sering ada dalam kandungan skincare seperti toner, serum, pembersih wajah, perawatan kulit, dan pelembab wajah.

Sebelumnya kamu tahu tidak sih mengenai apa itu Glycerin? Glycerin atau gliserol adalah bahan aktif perawatan kulit yang berguna untuk menjaga kadar kelembapan kulit.

Kandungannya bekerja untuk menarik kadar air dari lingkungan sekitar dan mengumpulkannya di permukaan kulit sehingga kulit terasa lebih terhidrasi.

Minpow akan menjelaskan apa manfaat Glycerin dan efek sampingnya untuk kulit wajah. Simak ulasan selengkapnya ya!

Manfaat Glycerin

1. Memperkuat Lapisan Pelindung Kulit

Penggunaan Glycerin mampu memperkuat kondisi skin barrier. Skin barrier adalah lapisan kulit yang berfungsi untuk memproteksi kulit dari banyaknya mikroorganisme yang bisa menyebabkan infeksi kulit.

Sehingga penggunaan Glycerin sangat penting untuk meningkatkan protein Aquaporin pada kulit yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar air pada kulit.

2. Menjaga Kelembaban Kulit

Produk berbahan Glycerin langsung bekerja. Pada lapisan terluar kulit. Sehingga jika kamu memakai skincare dengan kandungan Glycerin, kamu akan merasakan kulitmu lebih lembab dan terhidrasi karena cara kulit menyerap Glycerin yaitu dengan menarik air di sekitar kulit dan mengumpulkannya.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jika Glycerin yang terkandung dalam satu skincare memiliki kandungan yang tinggi, maka itu akan mempercepat proses penyembuhan luka, dan proses untuk meregenerasi kulit menjadi lebih cepat.

4. Mencerahkan Kulit

Menggunakan produk yang mengandung Glycerin juga mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati sehingga regenerasi kulit baru yang cerah dan bernutrisi juga lebih cepat.

5. Melindungi Kulit Dari Radikal Bebas

Jika kamu memiliki produktivitas seharian, akan sangat beresiko terpapar radikal bebas lebih tinggi. Seperti terpapar sinar UVA/UVB misalnya. Sehingga kandungan Glycerin ini dibutuhkan untuk melindungi skin barrier agar tidak timbul permasalahan kulit seperti hyperpigmentation, atau jerawat membandel.

6. Melindungi Kulit Dari Iritasi

Produk skincare dengan Glycerin digunakan untuk wajah dapat mengurangi efek iritasi kulit. Mulai dari mengecilkan pori-pori di wajah, melindungi lapisan terluar kulit sehingga potensi iritasi kulit lebih kecil. Kandungannya baik untuk menghambat iritan masuk dan merusak skin barrier.

7. Memperbaiki Kondisi Kulit Eksim

Punya kondisi kulit eksim? Pas banget nih, kamu bisa menggunakan produk berbahan Glycerin untuk membantu mulai dari melembapkan kulit sampai mengurangi rasa perih akibat eksim.

8. Glycerin Bisa Dikombinasikan Dengan Bahan Lain

Untuk menjaga agar kondisi kulit lebih baik, kamu bisa mengkombinasikan Glycerin dengan bahan lain. Minpow ingatkan, pastikan bahan yang kamu campurkan aman untuk kulitmu ya!

9. Mencegah Jerawat Muncul

Masalah jerawat pada kulit mungkin sudah tidak asing terjadi. Tapi tenang saja, dengan kandungan Glycerin kamu bisa mengurangi jerawat-jerawat ini muncul sekaligus membersihkan pori-pori kulit agar tidak tersumbat dan ukurannya terlihat lebih kecil.

10. Membuat Kulit Lebih Kenyal

Mau kamu punya aktivitas seharian di dalam atau luar ruangan, kandungan Glycerin membuat kulit lebih kenyal. Kandungan Emolien dalam Glycerin ini yang mampu menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit lebih elastis.

Efek Samping Glycerin

Selain manfaat kandungan Glycerin, bahan aktif yang satu ini juga memiliki efek samping yang harus kamu waspadai. Walaupun relative aman untuk digunakan, kamu juga harus melihat berapa banyak kandungan Glycerin yang terkandung dalam skincare yang kamu gunakan..

Karena jika berlebihan kamu akan merasakan kulit yang kering, mengalami iritasi, sampai merasakan rasa terbakar. Hal tersebut biasanya terjadi karena kandungan Glycerin mengambil cadangan air dari lapisan kulit terdalam.

Bila terlalu lama berada di lingkungan panas, tentu kadar air dalam tubuh juga berkurang. Jadi Minpow rekomendasikan untuk kamu memakai moisturizer untuk memberikan lapisan pelindung pada permukaan kulit.

Itulah beberapa manfaat dan efek samping dari penggunaan Glycerin pada kulit ala Minpow. Oleh karena itu jangan sampai keliru saat memilih kandungan bahan aktif dalam skincare yang kamu pilih ya! Cek artikel inspiratif dan menarik ala Minpow lainnya disini!

Jedai Haircules

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *