Declip

logo final declip

Do’s and Don’ts Menyisir Rambut Agar Terhindar Dari Kerusakan Rambut

Gambar Dos and Donts Menyisir Rambut Agar Terhindar Dari Kerusakan Rambut

Menyisir rambut merupakan hal yang krusial dan penting dalam merawat rambutmu, bukan hanya membuat rambut terlihat lebih rapi dan halus tapi juga membantu melancarkan peredaran darah. Tapi kadang masalah dalam menyisir bisa membuat rambut rapuh, rontok, dan kerusakan rambut yang lainnya akan terjadi jika kamu salah menyisir. Nah Minpow akan membantu kamu dengan merangkum Do’s and Don’ts menyisir rambut agar terhindar dari kerusakan rambut.

Do’s and Don’ts Menyisir Rambut Agar Terhindar Dari Kerusakan Rambut

Do’s

Yang akan Minpow bahas dibagian ini adalah apa yang harus kamu lakukan agar saat kamu menyisir tidak akan merusak rambut.. Simak beberap Do’s ini ya!

1. Menggunakan sisir yang tepat

Rambut lurus atau sedikit gelombang kamu bisa menyisir dan menyikat rambut dalam kondisi apapun, baik dengan sisir atau brush. Sementara itu jika kamu memiliki rambut ikal, sebaiknya memakai sisisr bergigi jarang. Pilih bahan sisir maupun bbrush dari karet lembut atau kayu halus, hindari bahan plastik.

2. Urai dengan lembut dari ujung rambut bawah menuju ke akar rambut

Urai rambut yang kusut mulai ujung rambut dengan jari-jemari. Kemudian, lanjutkan ke bagian tengah rambut dan lakukan hal yang sama, setelah semua terurai barulah gunakan sisir atau sikat rambut secara lembut.

3. Menyemprotkan Rambut dengan Minyak Rambut dapat membantu menghilangkan kusut

Sebagian rambut memiliki karakteristik mudah kusut dan kering. Kadang menyisir terasa menyakitkan dan butuh waktu relative lama. Salah satu trik menyisir tanpa sakit dan rontok adalah dengan memakai minyak rambut. Cara menggunakannya:

  • Semprot minyak rambut ke tangan
  • Kemudian ratakan dan usapkan ke seluruh helaian rambut.
  • Sisir dengan jari sambil mengurai helaian yang saling menyatu
  • Lalu pisahkan masing-masing sisir/brush lembut.
BACA JUGA:  15 Tips dan Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumah

4. Disarankan menyisir rambut yang keriting dengan tangan

Minpow sarankan kamu yang memiliki rambut keriting, berombak, atau ikal mencoba menyisir rambut keriting sebelum melakukan keramas rutin. Cara ini juga aman tapi membutuhkan waktu lebih lama karena disisir ketika rambut kering.

5. Sisir Rambut Sebelum Keramas

Bukan hanya menyisir rambut saat keadaan setengah basah, kamu juga bisa mencoba menyisir sebelum melakukan keramas rutin. Cara ini sangat Minpow rekomendasikan tapi membutuhkan waktu lebih lama karena disisir saat rambut keadaan kering.

Selain ada hal yang harus kamu lakukan, ada juga beberapa hal yang harus kamu hindari. Maka dari itu inilah beberapa hal yang harus kamu hindari agar terhindari dari kerusakan rambut.

Don’ts

1. Menyisir rambut dengan ujung sisir ke bawah

Memang rambut lurus khususnya cukup fleksibel untuk menyisirnya dalam keadaan kering atau basaah, tapi cara menyisir saat kondisi basah sangat Minpow tidak sarankan. Apalagi jika rambut kamu tipis.

Cara yang benar untuk kamu menyisir rambut saat basah adalah:

  • Mengoleskan pelembap atau minyak ke helaian rambut agar lebih lancar ketika disisir
  • Atur sudut sisir pastikan agak horizontal
  • Sisir perlahan 2-3 kali hingga bagian yang kusut lebih terurai mulai dari bawah ke atas

2. Memilih sisir dengan sikat rambut tajam

Ini adalah hal yang perlu kamu hindari, apapun bahan sisirnya pastikan kamu tidak menggunakan sisir yang tajam. Selain itu akan melukai kulit kepalamu, rambut akan lebih cepat rapuh dan patah. Tidak mau hal itu terjadi bukan? Jadi pastikan kamu tidak memakainya.

3. Menyisir Berlebihan

Pernah mendengar mitos kamu harus menyisir sebanyak 100 kali? Jangan sekali-kali kamu mengikutinya. Karena menyisir dengan berlebihan tidak baik untuk kesehatan rambut. Justru malah membuat rambut kamu lebih rapuh.

BACA JUGA:  Cara Mengembalikan Rambut Smoothing ke Asli

4. Menggunakan sisir yang kotor

Saat menyikat atau menyisir rambut, tumpukan kotoran, sel kulit mati, dan ketombe menempel dengan mudah. Sisir/ brush akan cepat kotor hanya dalam hitungan menit. Jadi pastikan kamu untuk mencuci sisirmu setiap 2 minggu sekali.

Demikian Do’s and Don’ts menyisir rambut agar tidak cepat rusak. Selain itu, jangan lupa untuk merawat rambutmu dengan baik dengan produk yang dikhususkan untuk merawat rambut ya! Kamu bisa cek artikel yang inspiratif dan menarik tentang perawatan rambut disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!