Declip

Gambar Ini Dampak Bullying Bagi Pelaku Yang Harus Kamu Tahu

Ini Dampak Bullying Bagi Pelaku Yang Harus Kamu Tahu

Peristiwa bullying atau perundungan bisa terjadi dimana saja dan pada umur berapa saja. Akibat bullying sangat jelas dalam jangka pendek atau jangka panjang. Misalnya bullying secara fisik, luka memar secara langsung dapat terlihat dan membuat para pelaku langsung meminta maaf.

Berbeda halnya dengan bullying secara mental, diperlukan bertahun-tahun mungkin hingga puluhan tahun, luka mental baru sembuh. Bukan hanya pada sisi korban yang mendapatkan dampak dari bullying, tapi pihak pelaku juga mendapatkan dampak dari perlakuannya yang membully seseorang.

Minpow akan bahas mengenai 7 dampak bullying bagi pelaku yang melakukan bullying. Simak ya!

7 dampak bullying bagi pelaku

1. Jadi pecandu narkoba dan alkohol

Biasanya pelaku bullying tidak memedulikan perilakunya baik atau buruk sehingga sangat besar kemungkinan pelaku bullying bisa terjun sebagai pecandu narkoba dan alkohol

2. Berpotensi menjadi kriminal

Perilaku bullying merupakan salah satu dari tindak kriminal. Sehingga pelaku bisa jadi akan melakukan tindak kriminal yang lainnya. Jika hal tersebut dilakukan dari usia muda, maka pelaku akan kemungkinan membawa perilaku tersebut sampai ia dewasa.

3. Sering Berkelahi

Bullying bukan hanya bisa dilakukan secara fisik, melainkan juga secara mental. Biasanya setelah berkelahi secara fisik khususnya, pelaku selalu merasakan puas. Tidak heran jika para pelaku bullying sering melakukan perkelahian.

4. Kasar Terhadap Pasangan

Kekerasan pelaku bullying yang biasa dilakukan kepada seseorang juga bisa membuatnya melakukan kekerasan yang sama kepada pasangannya. Hal tersebut bisa jadi dibawa sampai ia beranjak dewasa.

5. Tidak Berempati

Hal yang paling berbahaya yang akan berdampak pada seorang pelaku bullying adalah tidak lagi merasakan empati kepada sesama makhluk hidup. Jika empati sudah hilang, maka mereka akan sering bertindak lebih agresif dan tidak sabaran.

6. Berpikir Tindakan Bullying Adalah Hal Biasa

Mereka akan mulai berpikir bahwa melakukan tindakan perundungan atau bullying merupakan hal yang biasa dan pasti dimaafkan oleh masyarakat. Jika pelaku melakukan perbuatan parah bisa jadi mereka merasakan kepuasan tersendiri saat menindas kaum yang lembah.

Selain peristiwa bullying yang berpengaruh terhadap pelaku, bullying juga dirasakan oleh para korban dan efek yang dirasakan korban bisa lebih parah dibandingkan pelaku, diantaranya;

Dampak bullying Bagi Korban

1. Muncul Perasaan Terisolasi

Umumnya efek pertama kali yang dirasakan para korban bullying adalah gangguan mental seperti perasaan terisolasi, sedih, atau depresi karena merasa apa yang dilakukan oleh korban selalu salah, sampai bisa merasa hidupnya tidak berarti lagi.

Sehingga untuk para korban bullying yang memang sudah sangat parah, dibutuhkan pendampingan dari para ahli seperti psikolog untuk pemulihan.

2. Tidak Percaya Pada Orang Lain

Luka mendalam yang dirasakan oleh para korban bullying membuat dirinya merasakan ketakutan dan bahkan bisa tidak mempercayai orang lain atau pikirannya sendiri. Jika mengalami pengalaman yang sangat parah, korban bisa menjadi sangat takut hanya melihat orang lain.

3. Rendahnya Rasa Percaya Diri

Trauma yang dirasakan para korban bullying kerap kali membuat mereka merasa sangat tidak percaya diri dan sulit untuk mempercayai tindakan yang dilakukan sendiri. Cukup sulit untuk mengembalikan rasa percaya diri pada korban bullying maka dari itu harus mendapatkan pendampingan khusus.

4. Agorafobia

Ketakutan berlebihan yang terjadi apabila seseorang terjebak di tempat umum. Biasanya korban merasa tidak bisa melarikan diri dan panik karena tidak mendapatkan pertolongan. Hal ini harus sangat diwaspadai karena bisa berpengaruh pada kesehatan korban seperti mual-mual atau sakit kepala yang sangat hebat.

Dari penjelasan Minpow diatas, terlihat kan seberapa bahayanya dampak yang ditimbulkan dari tindak perundungan atau bullying itu.

Jika kamu merupakan salah satu korbannya, jangan sungkan untuk mengkonsultasikan pada psikolog ya tapi jika kamu pernah melakukan bullying terhadap orang lain, pastikan jangan terulang lagi karena dampak yang ditimbulkan pada korban dan pada kamu sendiri sebagai pelaku mempengaruhi masa depanmu lho!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *