Declip

Gambar Ini Dia 8 Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Ideal Bagi Reseller

Ini Dia 8 Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Ideal Bagi Reseller!

Akhir- akhir ini dunia bisnis online dipenuhi dengan model bisnis skala kecil, salah satunya adalah reseller. Menjadi reseller juga sangat mudah apalagi sekarang ini banyak dibantu oleh teknologi yang semakin maju.

Reseller adalah bisnis yang memasarkan produk melalui beberapa platform seperti blog, website, media sosial, atau marketplace. Hampir mirip dengan konsep dropshipper, hanya saja reseller memiliki perbedaan mulai dari stok barang, penentuan harga, sampai pengiriman barang.

Untuk kamu yang yang ingin memulai usaha tapi belum memiliki modal yang cukup, kamu bisa menjadi reseller. Biasanya harga barang reseller lebih mahal dari produsen karena modal yang dikeluarkan para reseller untuk mendapatkan produk dan menjualnya kembali pada konsumen.

Minpow punya tips untuk menentukan harga jual produk yang ideal untuk menguntungkan para reseller dan tidak merugikan para konsumen. Intip tipsnya ya!

Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Ideal Bagi Reseller

1. Menentukan Target Pasar

Sebelum kamu membuat produk yang akan dijual, pastikan kamu menganalisis target pasar yang kamu ingin pasarkan. Misalnya seperti melihat apa pengaruh produk kamu untuk para pembeli, apakah keunikan nilai jual produk kamu.

Hal itu bisa membantu reseller dalam memperkirakan keuntungan yang didapat dari penjualan produk tersebut.

2. Harga Kompetitor

Tips selanjutnya adalah mengetahui harga kompetitor. Mengetahui harga kompetitor memberikan peluang untuk masuk dikenal masyarakat. Jika kamu menawarkan harga yang terlalu tinggi atau sangat murah, akan sulit untuk mendapatkan pelanggan.

3. Biaya Produksi

Biaya produksi juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan saat menentukan harga untuk reseller. Jika pemilik bisnis mengetahui biaya produksi, maka akan tahu juga gambaran mengenai minimal harga penjual pada pembeli, diskon, keuntungan yang didapat, harga khusus untuk reseller, dan promo menarik.

Yang termasuk biaya produksi adalah biaya bahan, transportasi, karyawan. Dari menghitung total tersebut pemilik bisnis bisa mengetahui harga kisaran sebuah produk.

4. Menentukan Target Pengembangan Bisnis

Peran reseller sangat penting untuk pemilik bisnis karena semakin banyak reseller, semakin banyak juga keuntungan yang didapat oleh pemilik bisnis. Sehingga menentukan target pengembangan bisnis juga sangat diperlukan seperti memberikan reward, atau hadiah pada reseller yang menjual banyak produk.

5. Harga Khusus untuk Reseller

Seorang pemilik usaha juga perlu memberikan harga khusus untuk reseller untuk keuntungan para reseller. Misalnya pemilik usaha biasanya mendapatkan keuntungan yang mencapai 40% per satu produk.

Dengan adanya reseller, kamu harus mengurangi 5 – 15%. Mungkin terdengar sulit dilakukan, namun dengan adanya peran reseller, penjualan produk kamu akan lebih mudah dan penyebaran penjualannya pun jauh lebih cepat.

6. Acuan Harga Jual

Saat menghitung biaya produksi, pastikan kamu sudah membuat acuan harga jual sehingga akan menggambarkan modal yang diperlukan untuk sebuah produk. Harga jual ditentukan oleh beberapa hal seperti biaya produksi, biaya jual untuk reseller, dan harga kompetitor.

7. Melakukan Mark Up Harga

Reseller bisa mengambil keuntungan berapapun, dengan melakukan mark up tidak mematok harga penjualan yang dilakukan reseller saat menjual produk.

8. Sistem Membership

Tips yang terakhir adalah sistem membership, ini bisa menjadi salah satu cara agar para reseller mendapat keuntungan seperti mendapatkan harga khusus, hadiah ulang tahun, atau membeli produk dalam jumlah banyak.

Demikian 8 cara menentukan harga produk yang ideal untuk para reseller dari Minpow, buat para pemilik usaha pertimbangkan baik- baik mengenai harga produk yang dijual ya! Minpow mau spil sedikit produk yang bisa bantu kamu menjadi reseller yang sukses yaitu Jedai Haircules by DeClip. Produk dengan kualitas tinggi, best seller, viral, juga dipakai oleh para influencer dan artis. Cukup  klik disini  yuk kalo mau jadi reseller yang bakal banjir orderan!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *