Declip

logo final declip

10 Fakta Menarik yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Tentang Rambut

Gambar 10 Fakta Menarik yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Tentang Rambut

Rambut berperan penting bukan hanya untuk mempercantik dan membuat diri kamu lebih percaya diri, tapi juga melindungi kulit. Banyak fakta yang mungkin kamu belum tahu sepenuhnya tentang rambut, seperti rambut rontok bisa mencapai 50-100 helai per hari.

Jadi bukan hanya haircare yang cocok dengan permasalahan rambutmu yang harus kamu tahu, beberapa fakta ini juga harus kamu ketahui tentang rambut. Mulai dari fakta tentang warna dan bentuk rambut, jumlah helai rambut, sejak kapan manusia memiliki rambut. Yuk simak bersama apa saja!

Fakta Menarik yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Tentang Rambut

1. Setiap Orang Memiliki Jenis Rambut yang Berbeda

Mungkin fakta awal ini kamu sering melihatnya dan merasakannya seperti setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda. Banyak orang yang memiliki rambut lurus, bergelombang, tebal, tipis, halus, kasar, atau keriting.

Biasanya hal ini ditentukan oleh jenis rambut adalah bentuk folikel yang dipengaruhi oleh faktor genetik.

2. Warna Rambut Manusia Berbeda-beda

Warna rambut manusia juga berbeda-beda. Mulai dari warna hitam, pirang, cokelat, merah, dan lainnya. Fakta menarik tentang warna rambut ini dipengaruhi oleh kadar melanin pada rambut. Semakin banyak kandungan Melanin pada rambut kamu, semakin gelap rambutmu.

BACA JUGA:  8 Fakta Tentang Keratin, Protein yang Baik Untuk Menutrisi Pertumbuhan Rambut

Tapi yang perlu kamu tahu kandungan melanin bisa berkurang seiring pertambahan usia, sehingga kondisi tersebut menjadi salah satu penyebab kenapa semakin tua akan tumbuh uban.

3. Rambut Sejak Bayi Di Dalam Kandungan

Pertumbuhan rambut dimulai dari bayi yang baru lahir. Karena faktanya, pertumbuhan rambut sudah dimulai saat bayi berada di dalam kandungan. Folikel ini merupakan struktur kulit yang menjadi tempat rambut tumbuh.

4. Pertumbuhan Rambut Sangat Cepat

Menurut beberapa penelitian rambut termasuk bagian tubuh kedua yang tumbuh sangat cepat setelah sumsum tulang belakang. Ada penelitian yang menyebutkan rambut tumbuh sebanyak 0,35 mm per hari dan sekitar 15 cm per tahun.

5. Minyak Menjaga Kesehatan Rambut

Fakta lainnya, mungkin kamu sering merasa sebal saat rambut kamu lepek karena kelenjar minyak yang sulit untuk dikontrol. Tapi kelenjar minyak ini yang justru menjadi alasan kenapa kamu tidak perlu keramas terlalu sering, untuk mencegah rambut menjadi terlalu kering maupun lepek.

6. Pertumbuhan Rambut Melambat Akibat Pertambahan Usia

Walaupun nyatanya rambut adalah bagian yang paling cepat tumbuh, tapi nyatanya seiring bertambahnya usia justru pertumbuhan rambut melambat. Tak heran bila para lansia cenderung memiliki rambut yang lebih tipis atau kadang bisa saja mengalami kebotakan.

7. Rambut Tumbuh Lebih Pendek Selain di Kepala

Nah biasanya mungkin kamu notice rambut lebih sering tumbuh panjang dan halus dibagian kepala. Tapi beberapa bagian rambut justru tumbuh lebih pendek. Hal ini disebabkan oleh fase siklus pertumbuhan rambut di tangan dan bagian tubuh yang hanya berlangsung dalam hitungan minggu.

8. Jumlah Rambut di Kepala Mencapai 150.000 helai

Seperti yang sudah Minpow jelaskan diawal, ukuran, ketebalan rambut ditentukan oleh folikel rambut dan faktor genetic lainnya. Biasanya dengan jumlah folikel di kepala ini, diperkirakan jumlah rambut manusia di kepala rata-rata mencapai 80.000 sampai 150.000 helai.

BACA JUGA:  Mitos Atau Fakta? Sering Keramas Bikin Rambut Cepat Panjang? Simak Alasannya!

9. Rambut Sebagian Besar Terdiri Dari Keratin

Peran keratin sangat berpengaruh besar dalam proses tumbuhnya setiap helai rambut. Biasanya diawali dengan terbentuknya sel baru di pangkal akar. Sel ini kemudian berkembang untuk membentuk bakal dari batang rambut dilapisan kulit kepala.

10. Rambut Bisa Tumbuh Lebih Cepat di Iklim Hangat

Sinar matahari dan suhu panas ternyata menjadi penyebab kenapa rambut manusia tumbuh lebih cepat. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk keratin biasanya didapatkan data cuaca sedang hangat.

Meskipun sinar matahari menguntungkan untuk proses pertumbuhan rambut, ingat ya jangan lupa juga untuk melindungi rambut jika kamu melakukan aktivitas diluar.

Itu dia 10 fakta menarik tentang rambut yang kamu perlu tahu. Selain fakta menarik, pastikan kamu juga mengetahui mengenai haircare yang kamu bisa gunakan dan lakukan tanpa harus ke salon, kamu bisa cek selengkapnya dengan klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!