Declip

Gambar 6 Cara Membersihkan Baju Bekas Dari Thrift Shop Ala Minpow

6 Cara Membersihkan Baju Bekas Dari Thrift Shop Ala Minpow

Berbelanja baju thrift, kembali menjadi tren di tengah masyarakat. Orang banyak memilih membeli baju thrift karena dengan harganya yang murah, kamu mendapat kualitas yang sama dengan kualitas baju yang dijual di retail dan model yang tidak pasaran.

Selain itu baju thrift juga dianggap lebih sustainable karena memperpanjang masa pakai sebuah baju.

Namun ada juga hal yang harus kamu perhatikan jika kamu berbelanja baju bekas dari thrift shop, misalnya kualitas dari bajunya yang masih layak pakai, dan yang paling penting adalah dari segi kebersihannya.

Karena baju thrift adalah baju bekas yang mungkin sudah dipakai sebelumnya, jadi penting untuk kamu membersihkan bajunya dengan bersih. Nah maka dari itu, Minpow akan menjelaskan cara membersihkan baju bekas dari thrift shop agar lebih nyaman saat dipakai. Simak bersama yuk!

Cara Membersihkan Baju Bekas Dari Thrift Shop

1. Rendam Dengan Air Panas

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika sudah membeli baju dari thrift shop adalah segera merendamnya dengan air panas. Cukup rendam baju selama 15-20 menit hingga kamu bisa melihat airnya yang berubah warna tergantung kotoran yang ada di baju bekas yang kamu beli.

2. Mencuci Menggunakan Tangan

Dibandingkan mencuci dengan menggunakan mesin cuci, Minpow sarankan untuk kamu mencuci baju dengan menggunakan tangan karena lebih efektif menghilangkan noda di baju.

Biasanya label petunjuk cara mencuci pada baju bekas dari thrift shop sudah hilang, sehingga kamu tidak harus takut baju rusak karena mencucinya dengan mesin cuci.

3. Rendam Menggunakan Cairan Antiseptik

Langkah satu ini bisa kamu lakukan setelah merendamnya di air panas. Merendam baju dengan cairan antiseptik bertujuan untuk membunuh kuman dan bakteri yang masih tersisa di baju. Jika kamu tidak merendam bajumu dengan air panas, kamu harus merendam baju dengan cairan antiseptik dalam waktu yang lebih lama.

4. Gunakan Detergen, Pewangi, dan Pelembut Pakaian

Setelah merendamnya dengan air panas dan cairan antiseptik, kamu bisa merendamnya dengan pelembut pakaian. Hal ini berguna agar pakaian lebih lembut dan mudah disetrika. Selain itu baju kamu akan lebih wangi karena kandungan pewangi yang terdapat dalam pelembut pakaian.

5. Jemur di Bawah Matahari Langsung

Selain merendam baju dengan cairan antiseptik dan air panas untuk menghilangkan segala jenis bakteri yang mungkin masih ada di baju bekas, kamu bisa menjemurnya di bawah matahari langsung. Tapi kamu juga harus berhati-hati karena menjemur baju dibawah matahari langsung bisa membuat warna menjadi luntur.

Jadi kamu harus sering-sering membalikan bajumu saat sedang menjemur. Jika bajumu sudah kering, kamu harus langsung mengangkat bajunya.

6. Setrika Baju Dengan Suhu Tinggi

Langkah terakhir adalah pastikan kamu menyetrika bajunya dengan suhu yang tinggi. Hal ini berguna untuk mematikan sisa bakteri yang mungkin selama proses pembersihan belum sepenuhnya mati.

Kamu juga harus memperhatikan bahan setiap baju yang kamu setrika karena tidak semua bahan baju bisa disetrika dengan suhu yang tinggi. Jangan sampai dengan suhu tinggi tersebut bisa merusak kualitas bajunya.

Itulah 6 cara membersihkan baju dari thrift shop dari proses pencucian sampai proses penyetrikaan. Dengan proses pencucian yang tepat, kamu bisa lebih nyaman menggunakan baju walaupun baju yang kamu beli bekas atau dipakai oleh orang lain sebelumnya. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya dengan klik disini! Selamat mencoba!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *