Declip

Gambar 7 Cara Mengatasi Insecure Karena Bentuk Tubuh Yang Harus Kamu Tahu

7 Cara Mengatasi Insecure Karena Bentuk Tubuh Yang Harus Kamu Tahu!

“Badan kamu terlalu gendut, diet sana”, “Kamu kurus banget, gak pernah makan ya?”, “Kayaknya kamu bagusan turun sedikit deh berat badannya, gak enak dilihat tau.”, “Coba deh kamu badannya kaya model itu, gak kaya karung beras gini.”

Mungkin kamu sering mendengar pertanyaan dan pernyataan dari orang mengenai fisikmu atau membicarakan fisik orang lain. Walaupun berawal dari candaan, tapi kamu tahu tidak bahwa pernyataanmu bisa membuat orang benci dengan dirinya sendiri.

Jika hal itu terus dilanjutkan dan semakin parah, korban bisa saja lelah dan akhirnya melakukan bunuh diri hanya karena merasa insecure dengan fisiknya.

Selain ucapan dari orang lain, standar kecantikan yang ada di sekitar kita juga bisa membuat rasa insecure itu tumbuh. Banyak orang juga berlomba-lomba untuk mempercantik diri, padahal faktanya wanita itu sudah cantik dengan versi mereka masing-masing.

Jika kamu masih merasa insecure karena fisikmu, Minpow akan kasih tips untuk mengatasi insecure karena bentuk tubuh yang pastinya akan membantu kamu lebih percaya diri lagi. Simak bersama yuk!

Cara Agar Tidak Insecure Karena Fisik

1. Jangan Memandang Rendah Dirimu

Hal penting yang harus kamu tahu adalah cara orang memandang kamu  adalah bagaimana kamu memandang diri kamu sendiri. Jadi belajarlah untuk selalu berbicara hal yang positif pada diri sendiri.

Mungkin kamu sering merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuhmu, tekstur di kulitmu, atau tinggi badanmu yang kurang dari standar. Setiap orang punya ciri khas masing-masing secara fisik yang membuat semua orang terlahir berbeda dan spesial.

2. Menyadari Setiap Manusia Memiliki Kekurangan dan Kelebihan

Manusia tidak ada yang sempurna. Setiap manusia pasti punya kekurangan dan kelebihan. Jika kamu selalu menyalahkan diri kamu karena fisik kamu kurang bagus, percayalah kamu pasti memiliki hal yang lebih berharga di dalam diri kamu yang masih banyak memancarkan energi positif.

3. Berusaha Menerima dan Memperbaiki Diri Sendiri

Belajar untuk mensyukuri dan menerima hal yang sudah Tuhan berikan padamu. Misalnya kamu tidak memiliki kulit mulus seperti orang lain, atau badanmu yang terlihat gemuk.

Kamu bisa memperbaiki diri sendiri dengan merawat diri sendiri mulai dari diet, makan makanan sehat, dan melakukan skincare. Melakukan hal untuk merubah diri sendiri lebih baik selalu membuat diri jauh lebih percaya dari dan tidak insecure.

4. Percaya Bahwa Dirimu Bahagia

Ketika kamu merasa insecure dengan fisik yang kamu miliki, selalu ingatkan pada diri kamu sendiri bahwa kamu berharga dan tidak ada orang lain seperti kamu. Coba untuk mencintai diri sendiri dan jangan haus akan validasi orang lain untuk selalu memuji fisik kamu.

Percayalah orang yang tepat akan melihat betapa cantik dan berharga diri kamu. Karena hanya dirimu sendiri yang bisa membangkitkan semangat dan menghapus rasa insecure.

5. Beri Afirmasi Positif di Cermin

Terdengar lucu, tapi memberikan afirmasi positif ke cermin juga berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu. Hal sederhana bisa kamu ucapkan seperti “Kamu hebat”, “Kamu bisa”, “Penampilan kamu oke banget” mempengaruhi alam bawah sadar sehingga memotivasi diri agar tidak mudah insecure.

6. Jangan Dengarkan Omongan Buruk Orang Lain Terhadap Dirimu

Tidak perlu mendengarkan omongan orang lain terhadap diri kamu. Memang terkesan sangat sulit, tapi kamu harus selalu ingat bahwa omongan orang akan selalu menjadi “opini”. Faktanya adalah apa yang kamu rasakan.

Jika kamu merasa nyaman dan senang dengan bentuk badan kamu, itu fakta bahwa kamu sudah bahagia dan sudah menerima diri kamu sendiri. Jangan membuang waktu untuk mendengarkan omongan jelek orang tentang kamu ya!

7. Jangan Takut Untuk Menjadi Rentan

Rasa insecure bisa mempengaruhi kualitas kesehatan mental. Jika kamu memiliki orang terdekat yang bisa sangat kamu percaya, jangan takut untuk selalu terbuka dengan mereka.

Misalnya kamu menceritakan apa yang sering mempengaruhi pikiran kamu, secara tidak sadar kamu sudah membangun hubungan yang lebih mendalam dengan orang-orang terdekatmu. Jangan takut rentan, karena pasti ada orang yang memahami apa yang kamu alami dan rasakan.

Nah itu dia 7 cara mengatasi insecure secara fisik yang mungkin kamu pernah atau sedang alami agar tampil percaya diri dan enggak minder dengan ucapan orang lain. Semoga cara ini bisa membantu kamu ya!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *