Declip

Gambar 7 Cara Mudah untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Harus Dicoba

7 Cara Mudah untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Harus Dicoba!

Dalam mencapai keberhasilan dalam karier maupun kehidupan sehari-hari, bukan hanya kecerdasan intelektual yang kamu butuhkan, tapi juga kecerdasan emosional (EQ). Hal dari diri sendiri yang penting untuk kamu miliki adalah bagaimana kamu berhubungan dengan orang lain.

Memiliki kepribadian yang positif menjadi nilai plus saat kamu bertemu dengan orang baru. Selain itu dengan memiliki kecerdasan emosional yang positif, kamu juga bisa menghadapi masalah dalam hidup dengan lebih baik.

Memang, untuk meningkatkan kecerdasan emosional tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, tapi dengan mencoba cara ini akan memudahkan kamu untuk meningkatkannya. Sebelum lanjut ke caranya, kamu sendiri tahu tidak sih apa itu kecerdasan emosional (EQ)?

Kecerdasan emosional atau emotional intelligence atau emotional quotient (EQ) adalah kemampuan mengenali atau mengelola emosi yang sering dirasakan oleh diri sendiri. Kemampuan ini berguna untuk meningkatkan kepekaan emosional yang berguna untuk hubungan keluarga, teman, dan orang sekitarmu.

Tidak perlu berlama-lama lagi, simak cara meningkatkan kecerdasan emosional atau (EQ) sederhana berikut ini yuk!

Cara Mudah untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional

1. Mengenali Emosi yang Dirasakan

Pastikan kamu selalu memastikan mood atau emosi kamu setiap harinya. Terkadang tanpa disadari sering terjadi “membohongi perasaan sendiri” dengan denial terhadap hal-hal yang terjadi. Misalnya kamu sedih karena ditinggal orang yang disayang, tapi kamu mencoba untuk baik-baik saja dan tidak mempedulikan hal itu.

Saran dari Minpow pastikan kamu merasakan setiap perasaan yang memang kamu sedang rasakan. Apapun kejadian dan emosi kamu. Mau itu kejadian sedih, stress, senang, marah, dan lainnya.

2. Mengamati Setiap Perubahan Mood

Pastikan kamu selalu mengamati perubahan mood yang kamu alami. Memang disaat kamu mengalami mood swing pasti tidak jelas asal usulnya hal itu terjadi. Misalnya kamu merasa gelisah tiba-tiba, dan setelah kamu amati ternyata kamu hanya gugup karena melakukan hal yang kamu belum pernah lakukan sebelumnya

3. Berpikir Sebelum Bertindak

Hal ini penting apalagi jika kamu ingin meningkatkan kecerdasan emosional. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Pastikan kamu perlu waktu untuk mempertimbangkan segala kemungkinan. Mulai dari dampak yang ditimbulkan, sampai mendengarkan pendapat seseorang. Dengan begitu, kamu akan bisa mengendalikan diri sebelum mengatakan atau melakukan suatu tindakan.

4. Menggali Akar Masalahnya

Dalam melatih kecerdasan emosional, hal yang paling sulit adalah memahami orang lain. Seperti mengasah empati. Dengan memahami orang lain, kamu pun bisa menggali akar masalah yang dihadapi kamu dengan orang lain, sehingga permasalahan bisa diselesaikan dengan mudah dan lancar.

5. Berintrospeksi Saat Menerima Kritik

Mengalami kejadian yang kurang mengenakan juga bisa membantu melatih kecerdasan emosional lho! Misalnya saat kamu mendapatkan kritik dari orang lain. Memang kadang terdengar kurang mengenakan, tapi kritik tersebut bisa membantu kamu mengembangkan diri.

Dari pada marah-marah atau berkecil hati, sebaiknya gunakan kesempatan ini untuk berintropeksi diri dan berfokus pada kritiknya, bukan cara penyampaiannya.

6. Menulis Jurnal

Salah satu cara agar lebih cepat mengasah kecerdasan emosional adalah dengan menulis jurnal. Dengan menulis jurnal, semakin mudah untuk kamu tracking emosimu. Track emosimu mulai dari penyebabnya sampai cara menangani emosi tersebut.

Menulis jurnal juga menuliskan dinamika ketika berhubung dengan orang lain, kamu akan melatih diri untuk mencari tahu apa penyebab, orang lain rasakan, dan cara terbaik menghadapi orang tersebut.

7. Minta Pendapat Orang Lain

Cara mengasah kecerdasan emosional yang terakhir adalah meminta pendapat orang lain terhadap dirimu. Kamu bisa mencoba bertanya pada orang lain mengenai pandangan mereka terhadapmu. Hal tersebut akan membantu kamu mengenali pola perilakumu sendiri dan memahami perasaan orang yang dekat denganmu.

Itu dia 7 cara mudah untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Hal sederhana diatas bisa membantu kamu lebih mengenal diri sendiri dan orang lain juga. Minpow juga masih ada artikel yang membahas mulai dari kepribadian, beauty, dan hairstyle yang menarik untuk dibaca pastinya! Langsung aja klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *