Declip

Gambar Cari Tahu Cara Ngatasin Panic Attack di Sini

Cari Tahu Cara Ngatasin Panic Attack di Sini

Yang namanya hidup, keadaan kita enggak bakal selalu tenang, lurus dan adem-ayem aja, Bunda. Kadang kita di atas awan, bahagia. Ada saatnya semesta ngasih kita ujian bertubi yang bisa bikin kita kena panic attack.

Waduh! Istilah apaan lagi tuh? Bukan varian terbaru corona, ya, gengs! panic attack adalah salah satu istilah dalam psikologi. Yuk, cari tahu lebih jauh!

Minpow kutip dari website https://www.mayoclinic.org/ di situ dijelasin kalau panic attack adalah momen di mana kamu tiba-tiba ngerasa panik, ketakutan dan khawatir berlebihan sampai-sampai bisa nimbulin serangan fisik, padahal gak ada penyebab berarti. 

Kok bisa sih, Minpow? Iya, biasanya, panic attack dipicu oleh momen traumatis mendalam yang pernah kita alami di masa lalu.

Pas sekarang ada hal-hal yang ngingetin kita ke masa itu, kita bisa tiba-tiba kena panic attack dan bereaksi kaya yang Minpow jelasin tadi, sampai jantung berdebar kencang dan keringat dingin.

Padahal kalau kita amati, ga ada penyebab yang nyata.

Separah apa sih Minpow? Kita bisa sampai kehilangan kendali. Bisa juga memicu serangan jantung dan bukan enggak mungkin akhirnya malah menjurus ke kematian.

Makannya, karena ini tuh beneran seserius itu, kayanya kita juga harus menyikapinya dengan tanggung jawab, ya.

Menurut Minpow, kecenderungan panic attack tuh udah enggak bisa dibuat bahan bercandaan lagi karena akibatnya yang udah terbukti seserem itu.

Mulai sekarang, yuk kita sama-sama edukasi diri soal panic attack supaya kita bisa sharing juga sama temen-temen soal bahayanya. 

Nanti Minpow bakal kasih tahu kamu cara-cara ngatasinnya, tapi sebelumnya, Minpow pengen bahas dulu soal gejala yang biasanya muncul waktu kita kena panic attack.

Karena kejadiannya bisa tiba-tiba banget, gak ada peringatan, akhirnya kita jadi kudu extra waspada. Apa aja, sih, gejalanya? Ini dia:

Gejala

1. Paranoid

Kamu sering dibayang-bayangin ketakutan bahwa marabahaya lagi mengintai kamu dan kamu bisa diserang kapan aja.

Akhirnya, kamu jadi paranoid sendiri dan hidup kamu jadi gak tenang. Rasanya kaya ada yang ngawasin kamu tapi kamu enggak bisa ngeliat dan gak bisa mastiin.

Paranoid kaya gitu tuh termasuk gejala panic attack, karena kamu jadi enggak bisa lagi ngejalanin hidup kamu dengan damai sentosa.

Kalau kamu ngerasa udah ada di fase ini, kamu mending mulai pikirin deh penanganan terbaik yang bisa kamu lakuin. Takutnya kalau kamu biarin, gejalanya jadi makin parah dan kamu makin susah buat healing. 

Cara menanganinya gimana, sih? Tenang, nanti Minpow bakal bahas juga kok. Kita move dulu ke gejala selanjutnya, ya. 

2. Mikirin Sesuatu yang Fatal

Pernah tiba-tiba takut banget sama kematian? Atau takut banget kehilangan kendali atas hidup kamu sendiri? Itu juga salah satu gejala panic attack loh, cuma seringkali selama ini kita enggak sadar dengan gejalanya. 

Sebenernya, kalau porsinya masih wajar, selama ini kita juga kadang mikirin soal kematian dan ngerasa takut, resah dan gamang juga kok.

Tapi, kita bakal ngalihin pikiran supaya rasa takut itu enggak terus-terusan membungkus kita dalam keterpurukan. 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

3. Berkeringat

Hah? Kok bisa keringat jadi salah satu gejala panic attack? Bisa bangeeet. Kaya yang Minpow tadi bilang, panic attack tuh bisa nimpa siapa aja kapan aja, biasanya karena dipicu trauma masa lalu.

Salah satu indikasinya adalah tubuh yang keringat, biasanya keringat dingin, enggak diikuti oleh lonjakan suhu tubuh.

Ini adalah gejala yang bisa dirasakan melalui perubahan kondisi tubuh, beda dengan dua gejala sebelumnya yang berkaitan dengan sisi psikologis. Apalagi sih gejala panic attack lainnya? Kita lanjut ke poin nomor 4, yuk.

4. Pening & Gemetaran

Gejala fisik lainnya saat kamu mengalami panic attack adalah pening dan tubuh yang gemetaran. Mirip dengan waktu kita telat makan?

Iya, tapi bedanya kalau lagi kena panic attack, jantung kita juga berdebar kencang. 

Lagi-lagi, hal ini tuh bakal diperparah dengan perasaan gelisah, takut dan kaya dikejar-kejar setan. Kalau kamu ngeh dengan kondisi panic attack yang bisa seserem ini.

Minpow jamin kamu gak bakal lagi nyepelein panic attack atau jadiin hal itu buat bahan bercanda.

5. Skip

Kamu gak tahu lagi mana realitas, mana imajinasi, mana mimpi. Serem banget ga siiiih? Semuanya jadi kaya ngeblur gitu dan gak jelas.

Kalau kamu ngalamin hal ini, fix itu tuh salah satu gejala panic attack yang enggak boleh kita kesampingkan. 

Pertama-tama, kamu harus berhenti beraktivitas dan tenangin diri dulu di tempat sepi. Jangan nekat tetep berada di keramaian karena Minpow khawatir nantinya kamu malah jadi tambah gak fokus dan berantakan. 

Itu dia gejala panic attack yang sebaiknya kamu kenali sejak awal, terus lanjut kamu hindari. Terus, cara mengatasinya gimana? Nih, Minpow kasih tipsnya, ya. 

Tips Mengatasi panic Attack

1. Pahami

Yup, pertama-tama kamu harus paham dulu kalau panic attack tuh bukan kesalahan kamu. Gak ada yang mau buat punya atau ngalamin panic attack. Kalau kamu paham, kamu jadi gak bakal nyalahin diri sendiri.

2. Sadari

Sadarin deh kalau kamu tuh punya alam pikiran bawah sadar alias yang ada di bawah kesadaran kamu dan alam sadar, yaitu kesadaran kamu sendiri.

Kalau kamu cuma fokus ke alam kesadaran sendiri, tanpa pernah coba analisa yang ada di alam bawah sadar kamu, kamu bakal semakin susah memahami kondisi panic attack yang kadang masih sering kumat. 

Gimana sih Minpow cara connect ke alam bawah sadar kita? Salah satu caranya adalah dengan rajin meditasi. Gak bisa sekali meditasi kamu langsung terhubung, ya. Melainkan perlu proses beberapa kali dulu.

3. Atur Persepsi

Cara kamu mandang hidup, mandang diri sendiri, mandang masalah, mandang masa lalu dan masa depan tuh ngaruh banget ke seberapa sering panic attack menimpa kamu. 

Sesuai janji Minpow, itu dia seluk beluk soal panic attack yang Minpow rasa kamu harus tahu.

Selanjutnya, Minpow rasa kamu juga harus tahu soal jedai yang lagi viral yaitu jedai haircules by DeClip, yang udah pernah digilas sama alphardnya tasya farasya tapi gak patah karena materialnya yang kuat kaya dewa Hercules.

Kalau gak percaya, kamu kudu buktiin sendiri kekuatannya dengan beli jedainya di catalog Minpow yang ada di website ini. Ada yang gigi 3 dan gigi 5, masing-masing tersedia dalam ukuran 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Total ada 35 warna ditambah 4 warna glitter yang lebih mewah, buat kamu pake ke kondangan atau wisudaan. 

Boleh banget loh kamu share article ini ke temen se-geng biar kalian jedainya kembaran semua. Kembaran bukan sama Minpow, tapi sama Raisa dan patricia Gouw juga. Yuk, check out sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!