Declip

Gambar Semua Tentang Kulit Kepala Kering Mulai Dari Penyebab Dan Cara Mengatasi

Semua Tentang Kulit Kepala Kering, Mulai Dari Penyebab Dan Cara Mengatasi

Kulit kepala yang kering memang sering dikaitkan dengan masalah ketombe dan dilihat dari bentuknya hampir mirip dengan ketombe. Karena ciri-ciri kulit kepala kering sendiri hampir mirip dengan ketombe seperti serpihan putih yang berukuran kecil, berwarna putih, dan tidak bersisik. Berbeda dengan ketombe, ketombe biasanya berbentuk serpihan kecil, agak berminyak, dan bersisik.

Walaupun kulit kepala kering dan ketombe adalah dua masalah yang berbeda. Tapi kulit kepala kering juga pemicu munculnya ketombe dan masalah rambut lainnya. Maka dari itu Minpow akan spill seputar penyebab masalah rambut dan cara mengatasinya yuk!

Penyebab Kulit Kepala Kering

1. Psoriasis

Penyebab pertama kulit kepala kering adalah psoriasis. Kondisi ini tidak hanya menyerang kulit kepala bagian atas, tapi juga pada bagian belakang leher, belakang telinga, dan leher. Penyebab ini ditandai dengan kulit kepala memerah, bersisik karena kulit kepala terkelupas, dan menumpuk.

Penyebab kondisi ini biasanya dipicu karena gangguan imunitas yang menyebabkan kulit kepala tumbuh dengan mudah. Jika hanya didiamkan kondisi ini akan memperparah kesehatan kulit kepalamu. Bukan hanya kulit kepala kering, tapi juga kerontokkan rambut.

2. Terpapar Suhu Dingin

Bukan hanya kulit tangan atau kaki yang akan kering jika terpapar suhu dingin, kulit kepala juga akan mengalami kondisi yang sangat kering jika terus terpapar suhu dingin. Karena saat terpapar suhu dingin, minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala akan berkurang. Maka dari itu diperlukan perawatan kulit kepala kering.

3. Eksim

Penyebab kulit kepala kering selanjutnya adalah eksim. Kondisi ini biasanya timbul dengan tanda-tanda kulit kepala menjadi gatal, bersisik, dan lama kelamaan mengelupas seperti ketombe. Eksim juga dipicu jika kamu memiliki riwayat alergi.

4. Produk Perawatan yang Tidak Tepat

Pemilihan produk perawatan rambut juga penting untuk menambah nutrisi pada rambut. Tapi jika kamu memakai produk perawatan rambut yang tidak tepat, itu juga bisa menjadi pemicu kulit kepala yang kering. Minpow sarankan untuk kamu memilih produk perawatan rambut yang cocok dengan permasalahan rambutmu agar tidak memperparah kondisinya.

5. Dehidrasi

Tidak hanya berdampak buruk pada tubuh jika kamu dalam kondisi dehidrasi, tapi juga untuk kondisi kulit kepalamu. Jika tubuh kekurangan cairan, maka kulit kepala juga gagal dalam memproduksi minyak alami.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

Jika kamu memiliki kondisi kulit kepala kering dengan penyebab salah satu yang Minpow jelaskan, kamu tidak perlu khawatir. Sebenarnya banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan khususnya untuk kulit kepala kering. Nah, Minpow akan spill apa saja cara untuk mengatasi kulit kepala yang kering. Simak selengkapnya ya!

1. Pijat Kulit Kepala

Tahukah kamu penyebab kulit kepala kering juga dipicu oleh stress. Itu sebabnya kamu harus melakukan relaksasi dengan pijat kulit kepala. Tidak hanya itu, dengan memijat kulit kepala kamu juga dapat meningkatkan tingkat kelembapan kulit. Jangan lupa untuk dilanjutkan dengan produk perawatan rambut lainnya.

2. Penggunaan Alat Styling Rambut Harus Diimbangi Dengan Perlindungan Rambut

Jika kamu harus melakukan aktivitas yang mengharuskan kamu untuk styling rambut setiap hari, kamu harus selalu mengimbanginya dengan perlindungan rambut. Misalnya jika kamu menggunakan catokan, curling wand, hairdryer, dan alat lainnya yang berhubungan dengan suhu panas, sebaiknya kamu harus menggunakan heat protector agar kulit kepala tidak kering.

3. Penuhi Kebutuhan Vitamin B

Salah satu hal yang penting agar kulit kepala tidak kering adalah memenuhi nutrisi vitamin B. Pentingnya mengkonsumsi sayur, gandum dan buah-buahan. Untuk mencegah kulit kepala kering kandungan penting yang harus kamu penuhi adalah vitamin B6 dan B12 .

4. Hindari Menggaruk Kulit Kepala

Saat kulit kepala kering biasanya tanda-tanda yang paling sering muncul adalah kulit kepala yang terasa gatal. Jika kamu merasakan hal itu dan rasa gatal itu muncul jangan langsung digaruk. Usap kulit kepalamu secara perlahan dengan handuk dingin dan kompres selama kurang lebih 10-15 menit.

5. Minum Banyak Air

Seperti yang Minpow singgung diawal, pastikan kamu harus terhidrasi. Jadi Minpow sarankan kamu untuk minum banyak air. Bukan hanya membantu dalam sistem pencernaan, menghasilkan kulit yang lebih lembab, dan mencegah kulit menjadi kering. Pastikan kamu minum 6-8 gelas per hari untuk terlihat hasilnya.

Nah itu dia penyebab kondisi kulit kepala kering dan cara mengatasinya. Semoga dengan penjelasan Minpow kali ini bisa membantu kamu dalam menjawab permasalahan kulit kepala kering. Cek artikel inspiratif dan menarik lainnya dengan klik disini! Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *