Declip

Gambar Simak Penyebab Dan Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah ala Minpow

Simak Penyebab Dan Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah ala Minpow

Noda atau flek hitam menjadi salah satu masalah dikulit terutama di daerah wajah. Bukan hanya pada kaum wanita, kaum pria juga banyak yang mengalami permasalahan dengan flek hitam. Munculnya noda di wajah dikarenakan melanin yang berkumpul di satu daerah wajah.

Minpow akan membahas lebih lanjut kenapa flek hitam diwajah bisa bermunculan, dan bagaimana cara menghilangkan flek hitam diwajah. Simak selengkapnya ya!

Penyebab Flek Hitam

1. Perubahan Hormon

Tahukah kamu hormon yang terdapat dalam tubuh kamu itu bisa mempengaruhi hampir setiap bagian dalam tubuh? Terutama wajah. Salah satu perubahan hormon yang paling terlihat seiring umur kamu bertambah adalah flek hitam.

Jika kamu memasuki masa menstruasi dan hamil hormon mendorong perkembangan esterogen mempengaruhi produksi melanin sehingga terlihat muncul flek hitam di wajah.

2. Paparan Radiasi Sinar UV Matahari

Memang sinar matahari bagus untuk kesehatan kulit dan tubuh, tapi jika kamu terlalu lama juga mampu merusak kulit. Radiasi UV diketahui memang tidak baik untuk kesehatan kulit karena jika berlebihan pada kulit dapat merangsang terjadinya produksi melanin yang merupakan pigmen pemberi warna para kulit.

Jika produksi melanin berlebihan pada kulit, maka akan timbul hyperpigmentation pada kulitmu. Minpow sarankan untuk kamu memakai sunscreen jika kamu keluar ruangan atau beraktivitas diluar.

3. Genetika

Faktor genetika atau keturunan. Beberapa penelitian menyebutkan, faktor ini memiliki 20-70% dari munculnya flek hitam dikulit. Jika kamu melihat orang tua atau kakek, nenekmu memiliki flek dikuliit dan kamu juga mengalami hal yang sama, mungkin itu juga adalah faktor yang mempengaruhi.

4. Efek samping Obat atau Kosmetik

Memakai kosmetik atau mengonsumsi obat-obatan juga bisa mempengaruhi munculnya flek hitam. Minpow ingatkan kamu untuk tidak sembarangan menggunakan obat-obatan ya! Kamu perlu memastikan lebih dulu apakah obat atau kosmetik yang kamu gunakan sudah mendapatkan sertifikasi dari BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan.

5. Peradangan

Tidak hanya jerawat saja yang disebabkan oleh peradangan, flek hitam juga disebabkan oleh inflamasi atau peradangan. Kondisi kulit seperti psoriasis dapat menyebabkan peradangan yang memicu pendorong produksi melanin yang berlebih.

6. Bekas Luka

Jika kamu memiliki luka seperti tergores, jerawat, atau jatuh itu juga akan menstimulasi jaringan kulit untuk mengalami serangkaian proses pemulihan untuk kembali seperti kondisi semula. Biasanya pada proses pemulihan, kulit akan memproduksi melanin secara berlebih. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya flek hitam.

7. Memiliki Riwayat Penyakit Tertentu

Munculnya flek hitam diwajah juga dipengaruhi oleh kondisi penyakit tertentu. Misalnya seperti penyakit diabetes, Addison, hati, tumor, hipofisis, dan beberapa penyakit lainnya.

Seperti penderita diabetes, fungsi insulin yang terganggu dapat memunculkan flek hitam diwajah. Sementara pada penderita Addison terjadi perubahan hormonal dari si penderita.

8. Faktor Lingkungan

Bukan hanya faktor dari dalam tubuh, tapi faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap kondisi kulit. Orang-orang yang hidup disekitar garis khatulistiwa memiliki banyak melanin sebagai respon terhadap paparan sinar matahari. Sehingga jika kamu melihat, banyak dari mereka yang memiliki kulit lebih gelap.

Setelah mengetahui penyebab flek hitam di wajah, pasti penasaran dengan cara menghilangkannya. Nah simak bersama cara menghilangkan flek hitam diwajah yuk!

Cara Menghilangkan Flek di Wajah

1. Menggunakan Sunscreen

Jika kamu menggunakan sunscreen, selain melindungi kulit terbakar oleh paparan sinar matahari, sunscreen juga dapat membantu untuk menghilangkan flek hitam diwajah. Benefit selain itu kulit kamu akan terlihat lebih halus.

2. Terapi Laser

Mungkin kamu sudah familiar dengan terapi laser yang bisa menjadi jawaban jika kamu memiliki flek hitam diwajah atau tubuh. Terapi laser dapat diaplikasikan pada jenis kulit yang ringan. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, Minpow sarankan kamu menggunakan bahan alami untuk menghilangkan flek hitam.

3. Konsisten Menggunakan Skincare yang Mencerahkan Wajah

Sekarang ini banyak skincare yang dikhususkan untuk mencerahkan wajah. Banyak kandungan aktif yang bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan wajah. Seperti vitamin C, Niacinamade, Hyaluronic Acid, dan lainnya. Kamu bisa menggunakan rangkaian skincare mulai dari face wash sampai toner.

4. Kenakan Pakaian dan Aksesori yang Aman

Minpow sarankan untuk kamu yang memiliki aktivitas diluar, pastikan kamu selalu menggunakan pakaian atau aksesoris yang tertutup agar tidak terpapar sinar UV dari paparan sinar matahari. Seperti memakai baju lengan panjang, masker, atau jaket saat keluar ruangan di siang hari.

5. Chemical Peeling

Proses pengelupasan secara kimia bisa kamu lakukan dengan mendatangi klinik kecantikan, atau melalui produk skincare. Jika kamu ingin menggunakan produk skincare, kamu bisa menggunakan toner yang dikhususkan untuk eksfoliasi.

Saran Minpow jangan menggunakan produk tersebut terlalu sering. Fungsi chemical peeling ini untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran diwajah.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Nah itu dia semua hal tentang penyebab munculnya flek hitam dan cara menghilangkannya. Jadi jangan khawatir lagi jika kamu punya permasalahan dengan flek hitam. Cek artikal mengenai skincare lainnya dengan klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *