Declip

Gambar Awas Salah Begini Cara Memilih Concealer Sesuai Warna Kulit

Awas Salah! Begini Cara Memilih Concealer Sesuai Warna Kulit

Cara Memilih Concealer – Siapa, sih, yang enggak ingin memiliki kulit yang mulus bersih dan bersinar? Tentu kita semua berusaha untuk dapat mewujudkan kesempurnaan kulit tersebut.

Tetapi, kadang ada saja noda di wajah yang membuat kulit kita jadi kurang mulus. Mulai dari bekas jerawat, noda hitam komedo sampai bekas luka lain.

Memilih untuk mengatasinya dengan perawatan? Perlu waktu lama bagi kita untuk bisa menghapus seluruh noda noda di wajah. Butuh konsistensi pula.

Itulah kenapa, untuk menyiasatinya, kita bisa menggunakan concealer. Concealer adalah krim yang bisa kita gunakan untuk menutupi noda noda yang terdapat di wajah.

Ketika menggunakannya, kamu enggak perlu mengoleskan ke seluruh bagian wajah. melainkan hanya pada titik titik tertentu saja.

BACA JUGA : Kenali Jenis-jenis Warna Kulit, Kamu yang Mana?

Cara Memilih Concealer Sesuai Warna Kulit

Cara Memilih Concealer

Salah satu tantangan dalam memilih concealer adalah ketika kita harus menyesuaikan warna concealer dengan warna kulit. Sementara di Indonesia, kulit perempuan itu ada beragam jenisnya.

Mulai dari warna kulit kuning langsat, warna kulit gelap, warna kulit sawo matang, warna kulit putih gading, warna warna kulit putih porselen hingga warna putih merona.

Apa yang akan terjadi ketika warna concealer tidak sesuai dengan warna kulit? Pertama, kulit akan terlihat belang.

Kedua, noda di wajah tidak akan hilang, melainkan membayang samar. Ketiga, noda di wajah akan tetap terlihat meski telah dipoles dengan foundation ataupun bedak.

Ini dia cara memilih concealer sesuai warna kulit:

  1. Pahami warna kulit sendiri

Saat sedang mencari tahu warna kulit sendiri melalui internet, kamu harus paham bahwa warna kulit yang ditampilkan di layar komputer bisa jadi berbeda dengan warna kulit asli kita.

Ketika mempelajari warna kulit sendiri, kita harus memperhatikan dengan seksama perbedaannya.

Kulit juga terbagi menjadi dua, ada skin tone dan undertone. Skin tone adalah lapisan teratas, yakni di permukaan, sementara undertone biasanya berwarna lebih gelap, berada di bawahnya.

Informasi tersebut Minpow dapat dari situs resmi Maybelline.

  1. Lakukan riset

Nah, setelah mengetahui warna kulit sendiri, selanjutnya kita bisa melakukan riset terkait produk concealer yang mau kita beli. Kira kira, merk apa saja yang bisa kita pilih?

Kemudian, apakah merek tersebut memiliki jenis yang sesuai dengan warna kulit kita? Sebab kalau tidak, sebaiknya kita tidak perlu memaksakan karena nanti hasilnya tidak akan terlihat menyatu.

Sebab dikutip dari situs stylecraze.com, concealer sendiri terbagi ke dalam tiga jenis. Di antaranya; liquid concealer, cream concealer hingga stick concealer.

Namun ketiganya memiliki manfaat yang sama yaitu untuk menutupi noda di wajah.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Liquid concealer cocok untuk semua jenis kulit; baik kulit kering, berminyak, maupun sedang. Cocok untuk menutupi noda gelap hingga bekas jerawat. Sementara stick concealer cocok untuk kulit kering.

Dapat diaplikasikan ke seluruh bagian wajah dan teruji ampuh tutupi komedo. Terakhir, cream concealer mirip foundation, dapat diaplikasikan ke seluruh wajah.

  1. Perhatikan bahan dan kandungan

Tiap produk kosmetik tentu dirancang dengan begitu banyak bahan serta kandungan kimia yang beragam. Kadang kadang, bahan dan kandungan tersebut bisa berbahaya bagi kulit.

Terutama kalau kita merupakan seseorang yang memiliki masalah kulit sensitif. Bahan dan kandungan pada make up bisa memicu terjadinya alergi atau permasalahan kulit lainnya.

Tentu kamu tidak ingin upayamu menghilangkan noda kulit di wajah malah memberimu noda baru, kan? Maka dari itu lebih baik bersikap selektif saat sedang memilih produk concealer.

  1. Coba sebelum membeli

Sebelum membeli produk concealer, sebaiknya kita mencobanya terlebih dahulu. Bukan dengan mengaplikasikannya pada wajah, melainkan kamu bisa mencobanya melalui punggung tangan sendiri.

Kemudian amati, kira kira apakah warnanya sudah terlihat sesuai dan bisa menyerap dengan kulit?

Aturan terpenting dalam memilih concealer adalah selalu pilih dua warna lebih gelap dari kulit asli kita.

Mengapa demikian karena kita berharap concealer dapat menutupi noda apabila warna tidak lebih gelap maka noda di wajah kita tidak akan tertutupi.

  1. Konsultasikan dengan dokter dermatologi

Pergi konsultasi ke dokter kulit memang kedengaran sangat merepotkan. Tetapi, hal tersebut dapat mencegah kita dari timbulnya permasalahan kulit lain yang bisa saja timbul ketika kita memilih ragam kosmetik untuk wajah.

Daripada mengambil risiko, lebih baik kita cegah, yuk!

Cara memilih concealer untuk kulit sawo matang

Kamu sudah mengetahui cara memilih concealer sesuai warna kulit. Selanjutnya cari tahu juga cara memilih concealer untuk kulit sawo matang.

Kenapa hal itu menjadi penting, karena warna kulit sawo matang itu cenderung gelap dan agak sulit menemukan konsep yang tepat.

Ini tips dari Minpow untuk memilih concealer bagi kamu yang punya warna kulit sawo matang:

  1. Perhatikan Urat dan Warna Rambut

Sebuah situs fashion hide.shop justru menyarankan kita untuk memperhatikan warna rambut serta warna urat yang merentang di kulit kita.

Mengapa? Sebab keduanya memengaruhi warna kulit kita. Itulah kenapa penting bagi kita untuk menyesuaikan warna concealer bukan dengan hanya warna kulit tapi sekaligus dengan warna rambut dan warna urat kita.

Kalo urat kita terlihat hijau, itu artinya kita memiliki warna kulit warm tone. Sementara bila warna urat kita biru atau abu, maka warna kulit kita termasuk cool tone.

Biasanya para perempuan yang memiliki kulit warna sawo matang memiliki urat berwarna Warm tone. Jadi, pastikan kamu memilih warna concealer yang lebih gelap, ya.

  1. Pilih 4 Warna Berbeda

Nantinya, concealer akan menyatu dengan foundation, contouring dan highlighter. Kita perlu memilih 4 warna berbeda; pertama, warna foundation yang harus semirip mungkin dengan kulit kita.

Kedua, warna concealer yang dua level lebih gelap, sama dengan warna contour. Dan keempat, warna highlighter harus lebih terang.

Ke-4 kombinasi warna tersebut disatukan menjadi perpaduan warna yang serasi.

  1. Hindari Concealer Warna Terang

Bagi kamu yang kulitnya warna sawo matang, sebaiknya hindari concealer warna terang. Kenapa? Karena nanti concealer tidak akan menyatu dengan kulit.

Sehingga noda yang semula kamu coba tutupi malah semakin terlihat dengan jelas.

Kalau mau cari aman, pilih concealer dengan dua warna yang lebih gelap dari warna kulit kita.

Sehingga konselor dijamin akan menyatu dengan warna kulit dan menyerap dengan lebih merata. Tidak akan menimbulkan white cast.

  1. Perhatikan Undertone Skin

Bagaimana menentukan dua level warna yang lebih gelap dari kulit kita? Kita bisa melakukannya dengan cara memeriksa undertone skin color kita, atau dua warna yang berada di bawah permukaan kulit kita paling atas.

Lapisan tersebut mewakili dua level warna yang lebih gelap dari kulit asli kita, atau kulit yang berada pada lapisan teratas.

  1. Coba Dulu

Ingat, sebaiknya kamu tidak langsung membeli concealer tanpa mencobanya terlebih dahulu.

Sebab, meski dilihat dengan mata concealer terlihat sesuai dengan warna kulit, ketika kita mengaplikasikan concealer pada kulit di rumah belum tentu concealer yang kita beli cocok dengan warna kulit sawo matang.

Karena itu, Minpow sering mengingatkan kamu untuk untuk mencobanya terlebih dahulu pada punggung tangan. Setelah kamu tahu warnanya sesuai, baru boleh kamu bawa pulang.

Sekarang, kamu tidak perlu galau lagi waktu menentukan warna concealer yang sesuai dengan warna kulit.

Sebab kamu tinggal perlu ikuti beberapa tahapan atau panduan informasi yang telah Minpow bagikan di atas dalam menentukan warna concealer yang tepat, kemudian wujudkan make up impianmu!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!