Declip

Kenali Jenis-jenis Warna Kulit, Kamu yang Mana

Kenali Jenis-jenis Warna Kulit, Kamu yang Mana?

Udah saatnya kita memahami kalau makna cantik itu luas. Gak lagi deh kita mau didikte kalau cantik tuh mesti putih dan langsing. Emangnya kita mie bihun? Buat bahas kecantikan, kayanya kita perlu ngomongin hal paling mendasar dari penampilan. Bukan pakaian, bukan makeup, bukan perhiasan, tapi warna kulit.

Penting untuk mengenali dan memahami warna kulit sendiri, supaya kita enggak keukeuh berusaha mengubahnya demi ngejar standar kecantikan yang halu. Ya iyalah halu. Emangnya siapa coba yang pertama kali bilang kalau cantik kudu langsing dan putih? Kalau badan kita curvy dan kulit kita gelap, label cantik kita dicopot gitu? Hih.

Kenapa Minpow bawel soal standar kecantikan, karena Minpow sadar kalau perempuan itu beragam. Kita datang dari suku maupun ras yang berbeda. Otomatis, jenis-jenis warna kulit manusia juga beda. Mulai dari putih caucasian, kuning meditaranian, sampai hitam gelap.

Dalam dunia kecantikan, warna kulit itu disebut complexion, untuk mewakili keberagamannya. Complexion terdiri dari warna, tekstur, sampai tampilan kulit seseorang. Selain warna kulit yang beragam, bentuk tubuh kita juga berbeda. Jadi, rasanya enggak adil kalau kita harus mempersempit definisi cantik untuk suatu golongan tertentu.

Ngomongin soal kulit, tahu gak sih kamu apa saja warna kulit orang Indonesia? Sebagai negara kepulauan, kita jadi punya keberagaman yang justru menurut Minpow itulah yang bikin kita jadi unik. Keberagaman itu sampai menyasar ke warna kulit. Bahas satu-satu, yuk!

3 Warna Kulit Mayoritas Orang Indonesia

  1. Kuning Langsat

Sebagian besar warna kulit orang Indonesia adalah kuning langsat. Kuning langsat itu warna kulit putih, tapi sedikit agak menuju gelap. Makannya disebut kuning langsat. Produsen kosmetik di Indonesia ngejadiin warna kuning langsat sebagai patokan mereka tiap bikin produk. 

  1. Sawo Matang

Orang-orang dengan ras Mongoloid – Melayu banyak ditemukan tinggal di negara Indonesia. Biasanya, mereka tersebar di daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Bali, bahkan sampai Maluku dan Irian.

BACA JUGA : 5 Warna Baju yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

  1. Gelap

Indonesia juga termasuk negara yang memiliki penduduk dengan kulit gelap. Tapi, Minpow masih sering ngeliat ada diskriminasi buat temen-temen yang punya warna kulit gelap. Mayoritas penduduk di sini masih menuhankan standar kecantikan yang sempat Minpow singgung tadi.

Tabel Warna Kulit 

Pernah denger table warna kulit? Itu tuh istilah yang digunakan buat nganalisa kulit manusia. Coba kamu tempelin deh tangan kamu sesuai dengan warna yang tersedia di table. Mana yang paling mendekati? Nah, yang paling mendekati berarti bisa kamu klaim sebagai warna kulit kamu.

Tabel warna kulit orang Indonesia

Untuk membacanya, kita mulai dari kanan ke kiri, ya.

  1. Tipe I: Sangat Cerah

Tipe kulit ini akan sulit berubah gelap maski terus-terusan terpapar sinar matahari. Kalau pun terpapar sinar matahari, paling cuma akan berubah kusam dan kotor, tetapi warnanya gak bakal bisa berubah gelap.

  1. Tipe II: Putih / Kuning Langsat

Berbeda tipe pertama yang sangat cerah, tipe kedua ini kulit putih yang masih mudah berubah gelap kalau terpapar sinar matahari atau melalui treatment yang bisa menggelapkan warna. Atau disebut juga kuning langsat. Fleksibilitasnya bikin banyak cewek iri, nih. Karena bisa tampil putih, sekaligus tampil gelap.

BACA JUGA : 5 Warna Baju yang Cocok untuk Kulit Putih

  1. Tipe III: Warna Kulit Medium / Sawo Matang

Tipe warna kulit medium atau sawo matang ini enggak begitu putih, tetapi juga enggak begitu gelap. Ini yang orang sebut kuning langsat. Pada dasarnya putih, tetapi juga terdapat nuansa gelap sehingga bikin dia berada di tengah dan netral. Gak condong ke warna tertentu.

Warna kulit sawo matang tuh susah putih karena memang pigmennya demikian. Meski sudah kelihatan putih, tetapi enggak bisa dipaksa buat lebih putih lagi. Tetapi, kamu bisa membuatnya jadi lebih sehat dan bersinar. Jadi, kalau pengen glowing, masih bisa banget tuh. Asal perawatannya aja diperhatiin.

  1. Tipe IV: Kulit Berwarna Cokelat / Cokelat Kehitaman

Ini adalah jenis kulit yang akan tetap berwarna cokelat, bahkan meski nggak pernah terpapar sinar matahari. Mau pakai peraswatan apapun, pigmen asli kulitnya agak susah diubah, jadi kalau dipaksa jadi putih mungkin bisa nimbulin risiko tertentu, Minpow gak rekomen sih karena kesehatan kamu buat Minpow adalah segalanya.

  1. Tipe V: Kulit Berwarna Hitam Gelap

Ini tipe kulit yang enggak bisa diubah lebih putih. Bahkan meski cuma sedikit, tetep aja warna kulit hitam gelap ini enggak bisa diubah. Kabar baiknya, kulit hitam gelap ini selama sehat bisa tampil keren banget. Jadi kamu gak perlu repot-repot mutihin kulit, ya. Sayang. 

Warna kulit ini yang disebut warna kulit tan, alias gelap. Di atas ini, masih ada lagi warna kulit yang lebih gelap dan hitam, tapi jarang ditemui kecuali di daerah Papua. Buat Minpow, warna kulit merka tuh indah banget karena mancarin pesona yang autentik. 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Perbedaan warna kulit sawo matang dan kuning langsat

Coba deh cek di poin sebelumnya, Minpow udah jelasin perbedaan warna kulit sawo matang yang cenderung gelap, sementara kuning langsat lebih cenderung putih meski tetap dilengkapi dengan sedikit nuansa gelap juga. Paham kan perbedaanya? Terus, kalau warna kulit putih, ada berapa jenus? Cari tahu, yuk!

2 Jenis Warna Kulit Putih

  1. Warna Kulit Putih (Caucasian)

Ini adalah warna kulit yang dimiliki oleh orang-orang yang tinggal di bagian barat. Biasanya, warna putih kulit mereka yang biasa dimiliki ras kaukasian itu lebih sensitif terhadap paparan sinar UV atau matahari. Makannya, penting banget buat mereka menggunakan krim pelindung.

  1. Warna Kulit Putih Gading

Hampir mirip kuning langsat, warna kulit putih gading merupakan perpaduan putih dan kuning yang harmoni. Tapi, kalau di putih gading, warna putihnya lebih dominan. Jadi, kamu bakal kelihatan pucat kalau pakai pakaian warna tertentu, kaya pastel atau lipstick warna matte. Pilih warna yang lebih nyala, ya.

Masih bingung juga cari tahu warna kulit sendiri? Ini dia tahapannya:

Bagaimana cara mengetahui warna kulit?

Cek Warna Nadi

Kalau warna nadi kamu ungu, itu artinya kulit kamu putih terang. Tapi, kalau warna nadi kamu hijau atau biru, kulit kamu gelap bahkan hitam. Tapi kalau warnanya agak sulit kamu tentukan, itu artinya warna kulit kamu cokelat atau sawo matang.

Coba Pakai Perhaisan

Coba cari tahu kulit kamu paling cocok dipaduin dengan perhiasan apa, sih? Kalau kulit kamu oke banget dipakein perhiasan silver, itu artinya kulit kamu putih. Tapi kalau kulit kamu lebih kece dipakein perhiasan gold atau emas, itu artinya kulit kamu lebih cokelat atau gelap.

Bandingin Pakai Foundation

Udah jadi rahasia umum kalau foundation bisa ngebantu kita nganalisa warna kulit. Pilihan shadesnya yang macam-macam bisa kita jadiin acuan dalam menentukan warna kulit. Warna yang paling sesuai dengan foundation kamu berarti merupakan warna kulit kamu.

Apapun warna kulit kamu, warna Jedai Hercules by DeClip Minpow jamin bakalan cocok dipake di rambut. Ada 35 pilihan warna yang bisa kamu cek di catalog Minpow dan kamu sesuaikan dengan penampilan sehari-hari, jadi matching terus. Biar gak ada perpaduan warna yang gagal, borong semua, yuk!

Ngomongin kualitasnya, kamu gak usah khawatir bolak-balik beli yang baru karena materialnya dipilih menggunakan bahan terbaik yang gak gampang patah dan rusak. Udah dibanting dari ketinggian 30 meter sampai diblender, Jedai Haircules by DeClip bakal tahan banting buat nyengkram rambut kamu selamanya. Check out sekarang, yuk!

Schemecolor.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *