Declip

Cari Tahu Yuk Cara Mengatasi Susah Tidur

Malem ini niat mau tidur cepet tapi tahu-tahu udah jam 4 pagi aja? Padahal ga ngapa-ngapain, cuma scrolling HP doang dari tadi. Hati-hati loh, main HP tuh bisa nyita waktu tanpa bener-bener kamu sadari. Perasaan kaya sedetik, padahal bisa jadi udah sejam. Minpow kasih tahu cara mengatasi susah tidur, ya. 

Sebelum kita bahas cara mengatasi susah tidur, tahu enggak sih kamu kenapa kita tuh sebagai manusia butuh tidur? Sama kaya smartphone, tubuh kita juga butuh dicharge.

Nah, waktu tidur tuh otak dan tubuh kita nge-refresh. Otot-otot kita juga jadi melemas, lebih relax. Degup jantung kita memelan. Semua itu berlangsung selama beberapa jam. 

Setelah momen recharge selesai, secara bertahap degup jantung dan kerja tubuh kita bakal kembali ke semula dan semuanya bakal kembali ke normal sebelum kita bangun.

Kalau enggak tidur, kita gak bakal berfungsi dengan baik. Sama kay handphone yang enggak dicharge tuh kaya gimana coba bestie?

Penasaran tahapan-tahapn dalam tidur tuh apa aja? Minpow comot dari https://www.sleepfoundation.org/, ternyata ada 4 tahapan dalam tidur yang kita semua laluin, yaitu:

4 Tahapan dalam Tidur:

1. Tahap NREM 1  (Non Rapid Eye Movement) 

Ini tuh belasan menit pertama setelah kita tidur. Di tahap ini, tidur kita belum begitu nyenyak nih. Makannya gampang banget ke distraksi kalau emang ada gangguan.

Degup jantung, deru napas dan lainnya juga masih dalam keadaan normal, baru berangsur pelan di tahap kedua.

2. Tahap NREM 2  (Non Rapid Eye Movement) 

Nah, di tahap ini kerja tubuh kamu baru mulai-mulai berangsur lebih pelan. Ini durasinya puluhan menit dan makin dalam tidur kamu, laju cara kerja tubuh kamu juga semakin jauh lebih pelan.

Baru bener-bener relax tuh di tahap ketiga. Apa sih tahap ketiga tuh? Bahas, ya. 

3. Tahap NREM 3  (Non Rapid Eye Movement)

Di tahap ini, baru kamu memasuki momen di mana tubuh kamu di-recharge sampai kembali optimal. Tubuh kamu relax banget, otot-otot kamu melemas.

Karena ini termasuk tahapan tidur yang cukup dalam, kamu enggak bakal ngeh nih kalau ada gangguan atau distraksi apa pun.  

4. Tahap REM (Rapid Eye Movement)

Ini adalah momen di mana cara kerja tubuhmu mulai kembali ke semula. Perlahan, degup jantung, aliran darah dan semuanya kembali ke laju normal dan kesadaran kamu juga mulai pelan-pelan kembali terkumpul.

Momen ini berlangsung sebelum kamu bener-bener terbangun dari tidur. 

Setelah kamu tahu jenis-jenis tahapan tidur tapi masih gak bisa tidur juga, berarti kamu kudu dengerin tips soal cara mengatasi susah tidur dari Minpow yang dijamin ampuh. Apa aja? Ini dia:

Cara Mengatasi Susah Tidur

1. Lepasin HP

Menurut Minpow, ini tuh merupakan jurus paling ampuh kalau kamu lagi praktekin cara-cara mengatasi susah tidur. Yaitu lepasin HP.

Mau ada kerjaan, mau lagi gosip, mau lagi liat drama netizen, kalau udah waktunya tidur, kamu wajib lepasin HP biar gak keganggu.

Lebih bagus lagi kalau kamu lepasin HP-nya sejam atau dua jam sebelum tidur. Jadi, ada waktu buat otak beristirahat dari gadget sebelum kita tidur.

Terus, sambil nunggu buat tidur, kalau gak main HP kita ngapain dong Minpow? Jawabannya ada di poin selanjutnya. 

2. Baca Buku

Rugi banget tahu kalau kamu enggak suka baca buku tuh. Karena dari dalam buku, kita bisa dapetin banyak banget informasi dan pengetahuan baru.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Selain itu, buku juga bisa bikin kita nambah banyak kosa kata buat nulis, buat ngobrol juga. Kalau kamu biasain baca buku sebelum tidur, itu bisa bikin kamu ngantuk dan jadi cepet tidur.

Keuntungan lain yang bisa kamu dapet dengan rajin baca buku adalah kemampuan mengatasi masalah yang semakin tajam dan efektif.

Kok bisa? Iya, kalau kamu sering baca buku fiksi, itu bisa melatih kemampuan kamu menganalisa. Menganalisa orang, masalah dan situasi. Bener-bener enggak ada ruginya deh baca buku tuh. 

3. Nonton Film

Selain baca buku, cara mengatasi susah tidur juga bisa dengan nonton film. Tapi, jangan sampai kebablasan malah jadi semaleman, ya.

Buat batasan-batasan yang sehat kalau kamu mau nonton film sebelum tidur. Karena kalau enggak, kamu malah jadi bisa marathon nonton semaleman. 

Kalau bisa, nonton film-film yang kamu tahu bakal bikin kamu bosen waktu lagi nonton. Dijamin itu bakal bisa jadi cara mengatasi susah tidur yang ampuh.

Kalau bisa langsung tidur di tengah-tengah film membosankan yang lagi kamu nonton kan bagus!

4. Mandi Air Panas

Cara mengatasi susah tidur lainnya adalah dengan mandi air panas sebelum tidur. Ini tuh dijamin bikin badan kamu lebih rileks, lebih santai dan nyaman.

Biasanya sih abis mandi air panas kamu bakal langsung tidur dengan pulas. 

Lebih bagus lagi kalau kamu juga pakai lulur yang dicampur garam. Kandungan garam tuh baik banget buat relaksasi dan melemaskan otot-otot yang tegang.

Jadi, setelah seharian beraktivitas, mandi pakai air panas ditambah scrub berbahan garam tuh bener-bener cara mengatasi susah tidur yang ampuh deh.

5. Minum Susu Panas

Kalau engga ada air panas, ya udah gapapa mandi pakai air dingin tapi setelahnya kamu minum  susu panas.

Itu juga termasuk cara mengatasi susah tidur yang udah terbukti ampuh sama Minpow sendiri. 

Gak susah kan buat cari susu panas? Bahkan susu kotak biasa pun bisa kamu masukin microwave dan kamu panasin.

Kalau kamu emang punya masalah susah tidur, susu cokelat panas tuh bisa jadi salah satu cara mengatasi susah tidur.

Itu di acara- cara mengatasi susah tidur yang bisa kamu coba praktekin di rumah.

Kalau kamu pengen tahu cara merapikan rambut yang berantakan, kamu bisa tuh cobain Jedai Haircules by DeClip. Karena dia tuh merupakan jedai titisan dewa Hercules, jadi gak bakal jatuh selama lagi nyengkram rambut kamu.

Kalau lagi kamu pegang terus jatuh, kedudukin, atau keinjek, kamu gak usah khawatir karena dijamin enggak bakal rusak juga. Pernah diuji sama Patricia Gouw nih dengan dilempar dari ketinggian 30 meter dan gak kenapa-kenapa. Sama Raisa juga pernah dibekuin di dalam es batu raksasa dan masih bisa dipake aja setelahnya. Ajaib, kan?

Buruan buktiin sendiri kesaktian Jedai Haircules by DeClip dan kasih tahu Minpow abis itu. Cara belinya gimana? Di website ini ada catalog yang bisa kamu intip tuh, total ada 35 warna ditambah 4 warna glitter kalau-kalau kamu butuh Jedai yang lebih mevvah, buat dipake ke kondangan atau wisudaan. Bisa banget ya, bestie. Yuk, check out sekarang! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *