Declip

Gambar Ciri-ciri rambut mati

Cegah Sebelum Rusak! Ini Ciri-ciri Rambut Mati

Ciri-ciri rambut mati – Declip.id | Ngomongin gaya dan penampilan rambut emang seru banget ya buat dibahas. Kayanya topik itu enggak bakal habis diobrolin. Tapi, pernah enggak sih kamu mikirin kesehatan rambut? Meski terkesan sepele, paham soal kesehatan rambut itu penting banget loh. Salah satunya ngenalin ciri-ciri rambut mati.

Sebelum kita bahas ciri-ciri rambut mati, mending kita obrolin dulu maksud dari rambut mati itu sendiri. Sering denger istilah soal rambut mati, tapi kamu tahu enggak sih artinya apa? Jadi, rambut mati adalah kondisi rambut rusak yang kekurangan nutrisi, otomatis dia berhenti tumbuh juga.

Bukan cuma itu, rambut mati juga biasanya kering, kusam, gampang kusut dan rontok. Hal itu jelas bisa ngehambat niat kamu buat berkreasi dengan rambut kamu. Kalau kamu nekat maksain buat tetep berkreasi, hasilnya bahaya banget. Bisa bikin kerusakan permanen.

Sebelum musibah itu terjadi, yuk, cegah buru-buru. Kenalin ciri-ciri rambut mati, penyebab, dan cara menanggulanginya. Tujuannya biar kamu bisa berkreasi dengan rambut kamu. Bukan cuma dengan cara yang kreatif, tapi juga sehat. Kita bahas satu-satu, ya.

5 Ciri-ciri Rambut Mati

Rambut Ekstra Kering

Setelah nerapin beragam bahan kimia, biasanya rambut jadi mati dan salah satu ciri-ciri rambut mati adalah super kering. Ingat rambut mainan Barbie? Itu terjadi karena rambutmu kurang nutrisi. Hal pertama yang paling kelihatan tuh rambut kamu jadi ekstra kering. 

Kakau udah gitu, sebaiknya buru-buru deh pakein rambut kamu masker secara intensif. Seminggu sekali, atau lebih baik seminggu dua kali. Tujuannya buat ngembaliin nutrisi ke rambut kamu sebelum dia kena bahan kimia lainnya.

Rambut Kusam

Selain kering, ciri-ciri rambut mati juga biasanya dia kelihatan kusam. Cokelat kemerahan, tapi beda dengan warna cat. Kusam yang ini kelihatan enggak terawat. Hal ini juga biasanya terjadi kalau kamu pake terlalu banyak bahan kimia.

Selain kena banyak bahan kimia, penggunaan alat pengatur rambut elektronik berlebih juga bisa bikin rambut mati. Salah satu cirinya ya rambut kamu kelihatan kusam dulu. Sementara waktu, sebaiknya berhenti dulu pakai catokan atau pengeriting, ya.

Rambut Berhenti Tumbuh

Udah berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, tapi rambut kamu enggak bertambah panjang?Hati-hati, bisa jadi itu salah satu ciri-ciri rambut mati. Solusinya, kamu harus me-regenerasi rambut. Kalau enggak, kamu bisa mengalami kerusakan rambut permanen.

Rambut Kusut

Pernah enggak kamu ngalamin pas nyisir rambut, alih-alih jadi rapi, tapi rambut malah jadi tambah kusut kaya gulungan benang? Lebih parah lagi, rambut kamu menggumpal di sisir?

Itu juga termasuk ciri-ciri rambut mati. Dari kusut, berubah menggumpal, terus rontok. Enggak mau kan rambutmu harus dipangkas habis sampai pitak? Serem banget! Yuk, segera atasi dan rajin-rajin kasih nutrisi buat rambut kamu.

Rambut Patah dan Bercabang

Ini juga bisa dilihat dengan sebanyak apa rambut kamu yang rontok. Dalam sehari, wajarnya jumlah rambut rontok itu 100 helai. Lebih dari itu, artinya kerontokan kamu udah jadi masalah genting dan harus cepet-cepet diatasi.

Caranya bisa dengan memotong agak pendek rambut yang patah dan bercabang, sampai di bagian yang masih segar. Terus biarin deh dia tumbuh alami. Karena rambut patah dan bercabang juga merupakan ciri-ciri rambut mati. 

Nah, sekarang kamu udah tahu ciri-ciri rambut mati. Kalau kamu mengalami salah satu ciri yang tadi udah disebutin di atas, atau mungkin mengalami kelima-limanya, kami saranin kamu buruan mengambil tindakan sebelum terlambat, ya. 

Percuma juga kalau setelah kamu memahami ciri-ciri rambut mati, mengatasinya, tetapi masih mengulangi kebiasaan buruk lama. Itu artinya, kamu juga harus memahami penyebab rambut mati. Kira-kira apa aja sih yang menyebabkan rambut mati? Ini dia:

5 Penyebab Rambut Mati

  1. Penerapan Bahan Kimia Berlebih

Ada yang udah enggak asing lagi dengan istilah rebonding alias metode ngelurusin rambut? Smoothing, buat bikin rambut lebih lembut? Atau perm, metode ngeritingin rambut? Nggak bisa dipungkiri, teknik-teknik itu memang bisa kasih solusi buat ngasih perubahan.

Tapi, di sisi lain, teknik-teknik itu juga memerlukan pengaplikasian bahan kimia berlebih yang berpeluang ngerusak rambut. Setelah kamu melalui serangkaian teknik tadi, rambut kamu emang berubah, tapi biasanya juga jadi kering, kusam, atau bahkan rontok.

  1. Penggunaan Rutin Alat Pengatur Rambut Elektronik

Kamu tiap pagi catokan? Atau ngeritingin? Sebelum itu, kamu pake hair dryer dulu? Nah, penyebab ciri-ciri rambut mati juga salah satunya adalah penggunaan rutin alat pengatur rambut elektronik.

Mulai dari hair dryer, catokan, pengeriting, atau roll rambut elektronik, semua alat itu bisa ngebantu rambut kamu tampil cantik sekaligus ngerusak rambut kamu juga. Jadi, gunakan alat-alat itu dengan bijaksana, ya.

  1. Terpapar Sinar Matahari 

Ini khusus buat kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Sebagai informasi, paparan sinar matahari langsung ke kepala kamu itu berpotensi merusak rambut kamu loh. Apalagi pas tengah hari. 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Kalau kamu enggak bisa mengubah aktivitas untuk enggak berada di luar ruangan, itu artinya kamu harus menyiasati strategi selama berada di luar dan terpapar matahari. Jangan sampai kebiasaan itu bikin rambut kamu jadi rusak.

  1. Malas Melakukan Perawatan

Sama kaya tubuh, rambut juga perlu dikasih nutrisi secara rutin. Ada banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan rambut, kaya vitamin A dan vitamin B 12. Dan kabar baiknya, nutrisi yang dibutuhkan rambut juga terkandung di dalam makanan kok.

Yeay! Kamu udah paham ciri-ciri rambut mati sekaligus dengan penyebabnya. Jadi, ke depannya, kamu bisa menghindari kebiasaan buruk yang bisa bikin rambut mati. Tapi, kalau sekarang rambutmu udah rusak, kira-kira apa solusinya? Ini dia:

5 Solusi Buat Meregenerasi Rambut Mati

  1. Rajin pakai masker

Banyak kandungan alami yang bisa membantu meregenerasi rambut, salah satunya adalah lidah bauya. Kalau kamu enggak mau pakai masker berbahan kimia, kamu bisa pakai lidah buaya alami sebagai masker rambut kamu.

Ambil getah lidah buaya alami dan pijat rambut ke kepala kamu seenggaknya seminggu sekali. Dalam beberapa minggu, selain tumbuh lebat, rambutmu juga bakal ter-regenerasi dengan lembut dan sehat.

  1. Tambahin Vitamin Rambut

Setelah keramas menggunakan shampoo dan conditioner, untuk mengatasi ciri-ciri rambut mati, kamu bisa tambahin vitamin c yang berbahan dasar air. Vitamin juga bisa membantu rambutmu tetap lembab selama berada di luar ruangan.

Selain vitamin, kalau kebetulan aktivitasmu banyak di luar ruangan, mungkin kamu bisa pakai topi untuk melindungi paparan sinar matahari langsung, ya.

  1. Kurangin Penggunaan Alat Pengatur Rambut & Bahan Kimia

Biasa catokan atau keritingin rambut tiap hari? Coba kurangi jadi sebulan satu kali bisa, nggak? Rambut alami dan natural itu tetep kelihatan cantik, kok! Oh iya, sekalian tinggalin bahan kimia berlebih juga di produk Kesehatan rambutmu, ya!

  1. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Setelah konsisten nerapin ketiga cara di atas, kamu cuma tinggal perlu nerapin pola makanan dan minuman yang sehat, ya, demi bisa memenuhi kebutuhan nutrisi rambut kamu. 

Kalau udah gitu, bukan cuma rambut kamu yang sehat, tapi badan kamu juga bisa lebih fit dan kamu bisa beraktivitas dengan optimal. 

Ucapin selamat tinggal buat rambut kamu yang udah mati dan sambut rambut baru yang lebih sehat dan cantik. Kalau rambut kamu udah indah kan lebih enak saat kamu berkreasi pas dateng ke berbagai acara. 

Jangan lupa, accessories dan hair ornamentnya belanja di Declip.id ya. Bukan cuma banyak pilihan, tapi kualitasnya juga udah teruji lebih awet dari hair ornament biasa. Yuk, pilih hair ornament sesuai selera dan gaya kamu!

Sumber : brillarebeautyinstitute.edu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *