Declip

Gambar 5 Cara Mencatok Rambut Sendiri Biar Gak Bikin Rambut Rusak!

Ikuti 6 Cara Mencatok Rambut Sendiri Biar Gak Bikin Rambut Rusak!

Cara Mencatok Rambut – Declip.id | Setiap hari, kita nggak mungkin skip makan atau skip tidur. Jelas, karena itu kan kebutuhan manusia sehari-hari, ya. Tapi, percaya gak sih kamu kalau banyak juga cewek yang dalam seminggu tuh gak mungkin skip catokan, biar rambutnya badai? Meski rambutnya pendek. Tapi, cara mencatok mereka kira-kira udah bener belum ya?

Emang kenapa sih kalau cara mencatok rambut kita sendiri salah? Bahaya banget, sis! Pertama, rambut bisa semakin rusak. Kalau yang rambutnya udah rusak, mau ppanjang, mau pendek, tetep bisa bikin kerusakan tambah parah. 

Catokan itu, mau catokan gede atau catokan mini, mengikis nutrisi rambut kita dengan drastis, makannya kita harus tahu cara mencatok rambut dengan benar.

Bagi pemula, mungkin bingung gimana cara mencatok rambut sendiri biar gak rusak. Daripada salah catokan dan ujung-ujungnya rambut kamu jadi rusak, mending buruan deh kamu simak tips sama trick yang bakal Minpow kasih di bawah ini. Yuk, pantengin!

BACA JUGA :

6 Cara Mencatok Rambut Anti Rusak

Rambut Wajib Kering

Cara mencatok rambut dengan benar yang pertama itu kita sebaiknya keramas dulu. Kalau enggak, kuman, bakteri dan kotoran yang ada di kepala bakal terserap ke dalam bagian rambut dan kulit kepala pas kita catokan. Itu bisa nimbulin ketombe dan bau enggak sedap. Iyuuuuuuuh.

Nah, setelah keramas, kamu juga kudu tungguin sampai rambut kamu kering dulu. Jangan keramas kalau rambut kamu masih basah, bahaya banget. Pertama, itu bisa ngerusak catokan. Kedua, rambut yang basah langsung kena panas catokan itu bisa bikin rambut mati seketika.

Kalau rambut udah mati? Dia gak akan bisa tumbuh lagi, bakal kering, patah, rusak dan kusam. Meski sepele, catokan pas basah itu bisa fatal banget akibatnya. Rambut kamu juga bakal beraroma hangus kalau seandainya kamu nekat tetep catokan meski rambut kamu masih basah.

BACA JUGA : 10 Cara Mengeriting Rambut Tanpa Catok

Tentuin Suhu Catokan

Tiap catokan itu suhunya bisa kita atur. Suhu yang paling baik itu enggak lebih dari 180 derajat celcius. Lebih dari itu, biasanya cuma hair stylist yang pake dan itu pun dia pakenya karena udah paham strategi tertentu. Jadi, dia tahu kalau suhunya gak bakal ngerusak rambut. 

Kalau suhunya terlalu rendah juga salah, bikin rambut kamu susah kebentuk dan gak bakal lurus-lurus. Terus ya kamu jadi bakal kehabisan waktu aja. Makannya, coba kamu atur sendiri tapi gak ngelebihin 180 derajat celcius. Itu adalah cara mencatok rambut dengan benar yang kedua.

Oh iya, bahan catokannya juga penting loh buat dipilih. Bukan cuma suhunya mesti tinggi, kalau bisa bahan catokan kamu itu harus terbuat dari keramik, tourmaline (kristal yang mengandung mineral, besi, magnesiun, natrium, litium atau kalium) atau titanium. Bahan-bahan itu bisa ngejaga rambut dari kerusakan.

Jangan Lupa Serum

Cara mencatok rambut yang gak bikin rambut rusak ketiga adalah serum. Inget, ya, catokan itu ibarat nenek lampir yang berburu anak kecil. Super kejam! Bisa langsung ngerusak, ngikis nutrisi yang rambut kamu butuhin bahkan bisa bikin rambut mati. 

Tapi, gak bisa dipungkiri kalau catokan juga bisa bikin rambut kita jadi lurus, cantik dan teratur. Apalagi bagi pemula, pasti seneng banget kan lihat rambut kita jadi cantik dan beda banget sama kalau lagi gak dicatok. 

Buat nyiasatin hal itu, bagi pemula, kita bisa lindungin rambut kita pakai serum, atau heat protector. Dengan serum, rambut kita bakal terproteksi pas terpapar alat catok yang super panas. Pakenya gak usah banyak-banyak, jangan kaya wudhu karena bisa boros.

Cukup 2 – 3 tetes serum, kamu udah bisa ngamanin rambut kamu dari kerusakan. Cukup 1 tetes buat rambut pendek. Jadi, jangan sampai kelupaan untuk selalu ngolesin serum tiap kali kamu mau catokan, ya. Karena perbedaannya, pake serum sama gak pake serum tuh bisa signifikan banget hasilnya.

Catok Per Bagian

Supaya efektif, sebaiknya kamu jangan nyatok rambut tebel-tebel. Apalagi kalau rambut kamu pendek, jangan mager buat nyatok sebagian-sebagian, ya. Coba bagi beberapa bagian sampe tipis-tipis aja. Pas membagi rambut jadi beberapa bagian, kamu bisa pake Jedai Haircules by DeClip.id biar rapi. 

Beli Jedai Haircules di website ini ya supaya bisa lakuin step cara mencatok rambut dengan benar yang ke-empat.

Selain itu, Jedai Haircules by DeClip.id juga aman dari catokan alias tahan panas. Udah pernah dimasukin microwave juga tetep tahan soalnya. Jadi, mau kamu banting, kamu injek, kamu dudukin juga dia bakal tahan. Mungkin gak bakal tahan sih kalau kamu anggurin, makannya pake, ya.

Setelah dibagi ke beberapa bagian, tipis-tipis, bisa kamu catok. Hindari mencatok bagian yang sama berulang kali, karena itu bikin rambut kamu kebakar dan jadi hangus, kaya yang tadi Minpow bilang. Serem, kan? Soooo, hati-hati ya!

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Bersihin Catokan

Siapa bilang catokan gak perlu dibersihin? Perlu banget! Mau catokan gede atau catokan mini, bersihin bagian keramiknya itu adalah cara mencatok rambut anti rusak yang ke-5. 

Setelah dipake nyatok rambut kamu, bakal ada banyak kotoran yang tertinggal di bagian badan catokan. Bisa kuman, bakteri, ataupun kotoran lainnya yang harus kamu bersihin secara rutin. Inget, ini berlaku juga buat catokan mini, ya. Jangan mager!

Cara bersihinnya gimana? Nah, pertama-tama, kalau mau ngebersihin, catokannya kudu dalam keadaan padam dulu. Gak boleh pas nyala, atau masih panas. Harus lagi padam dan dingin. Udah gitu, kamu cabut dari stop kontak. Jangan bersihin cantokan dalam keadaan terhubung ke listrik.

Udah gitu, kamu bisa bersihin pakai tisu basah dan alcohol. Atau, kain dengan air panas juga bisa. Kamu usap perlahan, sampai tisu basah atau kain kamu mengangkat semua kotoran yang menempel di badan catokan dengan bandel.

Perawatan

Karena catokan itu jelas-jelasan bakal ngerusak rambut kamu, Minpow saranin kamu buat rajin perawatan. Minimal, tiap abis keramas jangan sampe sekip conditioner. Karena kalau skip conditioner, rambut kamu jadi gak punya perlindungan paling minimal sehari-hari.

Setelah rajin pake shampoo dan conditioner, ada baiknya kalau kamu juga pake masker rambut seminggu sekali. Masker rambut tuh bisa bikin rambut kamu lembab, enggak kering meski udah kena catokan sering-sering. 

Terakhir, sebulan sekali, coba kamu hair spa. Tujuannya supaya rambut kamu dapetin nutrisi-nutrisi yang dibutuhin. Karena gimana pun, catokan yang kamu pake dengan rutin itu bakal nyerep semua nutrisi yang harusnya diterima rambut. Hair spa sebulan sekali bakal bantu balikin nutrisinya.

Minpow gak mau denger lagi ya kamu menderita dan ngeluhin rambut rusak gara-gara sering catokan, karena barusan itu Minpow udah jelasin secara mendetil cara mencatok rambut yang gak bakal bikin rambut rusak terutama bagi pemula. Awas aja kalau Minpow ngebusa gini tapi gak kamu praktekin. 

Rambut sehat aja gak cukup, kamu kudu ngejaga rambut kamu supaya selalu tertata rapi. Salah satu caranya adalah dengan merapikannya pakai Jedai Haircules by DeClip.id. Sekali nyengkram, rambut kamu bakal aman dicepol si jedai seharian.

Gak bakal jatuh, gak bakal lepas karena cengkramannya juga gak bakal ngelonggar. Tapi, pun kalau misalkan lagi kamu pegang terus jatuh juga gak bakal patah. Coba deh kamu lempar kalau pacar kamu lagi nyebelin, atau kamu injek-injek buat ngelampiasin kemarahan kamu sama orang. 

Minpow jamin, Jedai Haircules by DeClip bakal tegar bertahan tanpa patah apalagi hancur. Buruan deh cek catalog Minpow dan bawa pulang jedai Haircules warna favorit kamu. Jangan lupa check out, terus sebarin penemuan bombastis ini biar temen-temen pada pake jedai samaan dengan kamu!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *