Declip

Gambar Pahami Apa Itu Guilty Pleasure dan Cara Menghadapinya

Pahami Apa Itu Guilty Pleasure dan Cara Menghadapinya

Semakin ke sini, setuju gak sih kamu kalau semakin banyak istilah-istilah kekinian yang bisa kita dengerin sehari-hari. Salah satunya adalah guilty pleasure. Apa tuh? Bukan nama baru Boba, bukan juga produk skin care.

Guilty Pleasure adalah istilah buat perasaan bersalah yang kita rasain waktu kita melakukan atau mengkonsumsi sesuatu yang bagi kita menyenangkan.

Konsumsi tuh maksudnya apa aja? Bisa dari makanan, minuman, bahkan film dan lagu. Pokoknya apa aja yang bisa kita konsumsi.

Lebih parah dari itu, biasanya, apa yang kemudian jadi guilty pleasure kita itu awalnya kita olok-olok dulu loh. Makannya, makin-makin aja kan perasaan bersalah yang kita rasain?

Minpow comot dari https://www.psychologytoday.com/, katanya guilty pleasure tuh bisa diartiin sebagai kesenangan yang malu atau gengsi buat kita akuin.

Para psikolog bilang kalau perasaan bersalah dari guilty pleasure tuh bisa diakibatkan karena norma sosial yang kadang menjeruji kita untuk patuh terhadap peraturan tertentu.

Makannya, pas kita ngelakuin kesenangan yang bertentangan dengan norma sosial, kita jadi malu buat akuin. Misal, punk rock yang suaranya garang, badan tatoan, tapi seneng dengerin lagu mellow mendayu-dayu.

Sebenernya, itu kan bukan hal salah. Tapi karena norma sosial bilang kalau seorang penyanyi rock itu harus macho, gak boleh denger lagu mellow bikin dia jadi gengsi buat ngaku kalau dia seneng lagu mellow. 

Selain itu, apa aja sih yang termasuk contoh guilty pleasure? Minpow jabarin satu-satu, ya:

Contoh Guilty Pleasure 

1. Cokelat

cokelat - Guilty Pleasure

Siapa bilang cuma anak-anak doang yang tergila-gila sama cokelat? Orang dewasa juga banyak banget yang terobsesi sama cokelat.

Bedanya, orang dewasa tuh udah sadar pengaruh buruk yang bisa dibawa sama cokelat kalau dikonsumsi berlebihan. Makannya, kita seringkali jadi ngerasa dilemma.

Antara pengen nikmatin cokelat, sama ngerasa bersalah karena tahu pengaruh buruk cokelat tuh apa aja.

Akhirnya, sebagian dari orang dewasa nyerah dan bodo amat dengan perasaan bersalah dan sebagian lagi milih buat jauh-jauh dari cokelat.

Terlepas dari dilemma itu, tahu gak sih kamu kalau cokelat tuh banyak banget manfaatnya?

Bisa melancarkan aliran darah, mengendurkan pembuluh darah, menyehatkan jantung dan yang terakhir tuh bisa bikin mood kita bahagia! Ajaib, kan?

Yuk, sekali-kali makan cokelat. Selama gak berlebihan, gak papa. 

2. Daging Merah

daging merah

Godaan lainnya yang sulit banget ditolak oleh sebagian besar orang adalah daging merah.

Secara ilmiah, daging merah terbukti dapat meningkatkan imun, memperlancar metabolisme, menambah energi, memperbaiki kinerja otak.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Selain itu, tentu aja kita suka daging merah karena rasanya yang lezat.

Tapi, di samping semua manfaat itu, ternyata daging merah juga sisi gelap yang membahayakan banget nih.

Mulai dari memicu pertumbuhan kanker, menyebabkan stroke dan serangan jantung, diabetes, bahkan ada juga yang bilang kalau daging merah tuh bisa menyebabkan kematian di usia muda!

3. Kopi

kopi

Selain dua hal di atas, yang menurut Minpow bisa dimasukin ke dalam deretan guilty pleasure selanjutnya tuh adalah kopi.

Kalau rutin minum kopi, kita jadi bisa mudah terserang rasa cemas, kesehatan mental, gangguan di lambung, sampai endometriosis alias lapisan rahim dan bikin tulang jadi lebih rapuh.

Tapi, meski begitu, kopi juga dibuktikan bisa menyehatkan jantung, melindungi tubuh dari diabetes, Parkinson sampai kanker hati.

Selain itu, kopi juga bisa kita pakai buat begadang loh, Bestie! Kalau kamu biasa bawa kerjaan kantor ke rumah, dan butuh beresin sebelum tengah malem, kamu bisa tuh minum kopi biar seger terus.

Cuma, pesen Minpow hati-hati dengan lambung kamu, ya. Kebanyakan minum kopi bisa bikin badan gemeteran loh, abis itu, bisa kena lambung juga nyasarnya.

Gak mau kan? Makannya, dijaga aja porsi kopinya.

4. Series

series

Kok series bisa jadi guilty pleasure? Kebayang gak kamu ada bapak-bapak super macho yang nonton Sex and The City?

Atau yang nonton film soal cheerleader? Itu tuh bakal aneh banget, gak sih? Padahal, mungkin tim bapak-bapak itu nonton murni karena ceritanya bagus. 

Meski begitu, Minpow bisa bayangin kalau mereka pada akhirnya tetep di-judge. Secara, di negara kita ini kan apa aja dijamin bakal dikomenin. Kamu nafas aja kayanya salah.

Apalagi tim om-om bertato hobi nonton series feminin? Makannya, ini tuh bisa jadi guilty pleasure yang lumayan mengerikan buat mereka.

5. Buku

buku Guilty Pleasure

Selain series, yang bisa jadi guilty pleasure selanjutnya tuh juga buku. Di kalangan temen-temen yang suka baca buku, genre tertentu tuh bisa jadi dianggap remeh banget.

Misal, genre romance. Karena isinya menye-menye, banyak banget romance yang dianggap cetek. Akhirnya, buat kita yang enjoy banget baca romance dan ngerasa terhibur, jadi ikut-ikutan ngerasa bersalah.

Padahal nih, ya, banyak banget penelitian yang bilang kalau novel fiksi itu bisa ngebantu kita menyelesaikan masalah sehari-hari.

Karena, waktu kita lagi baca fiksi, pikiran kita dihadapkan dengan beragam masalah pelik yang dialami sama tokoh-tokohnya. 

Akhirnya, itu tuh jadi semacam kaya latihan problem solving. Meskipun buku dan genrenya tuh romance.

Menurut Minpow sih ya… kita enggak usah dengerin orang mau ngomong apa soal keputusan atau selera yang kita punya. 

Hati-hati! Guilty pleasure tuh akhirnya bisa bikin kamu jadi punya perasaan bersalah berlebih mendekati depresi, alias guilty feeling.

Guilty feeling tuh artinya perasaan bersalah mendalam yang kita rasain waktu kita memutuskan buat melakukan atau mengonsumsi hal-hal yang ngasih kita pengaruh guilty pleasure. 

Tipsnya apa, Minpow, biar sampai kayak gitu? Kamu harus belajar paham bahwa kita enggak selalu mesti ikutin apa yang diharapkan sama orang-orang.

Selera boleh beda, dan emang seharusnya berbeda. Itu hal yang wajar banget. Gak usah ngerasa aneh kalau kamu punya selera yang beda dari orang kebanyakan.

Selama hal yang kamu sukai itu enggak merugikan orang lain, coba deh kamu nikmatin kegiatan itu. Tapi, jangan lupa selalu kasih batasan, ya. Kan, segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik. Selanjutnya, ya tinggal kamu cuekin aja pasukan julid nasional yang coba bikin kamu ngerasa bersalah.

Nah, supaya kamu enggak ngerasa bersalah tampil dengan rambut kusut atau acak-acakan, mending buruan deh kamu beli Jedai Haircules by DeClip yang bisa kamu temuin di website Minpow ini. Ada 35 warna yang bisa kamu pilih, cocok kalau mau kamu pake buat mix and match dengan penampilan setiap hari. Borong semua aja.

Di samping 35 warna itu, ada 4 warna glitter yang sengaja didesain lebih mevvah biar bisa kamu bawa ke kondangan atau wisudaan. Gak usah khawatir rusak kalau jatuh, karena udah pernah diuji sama Patricia Gouw dengan cara dilempar dari ketinggian 30 meter dan masih utuh aja tuh. Bener-bener titisan dewa Hercules, kan? Yuk, check out sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!