Declip

logo final declip

8 Cara Mencegah Jerawat Timbul Kembali Agar Kulit Semakin Sehat

Gambar Cara Mencegah Jerawat Timbul Kembali

Banyak cara mencegah jerawat yang dilakukan para kaum perempuan untuk mencapai kulit yang lebih bersih dan sehat. Sebenarnya kamu tidak perlu perawatan kulit yang mahal, beragam langkah sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah yang juga efektif untuk membersihkan wajah dari jerawat.

Kamu pasti pernah mengalami bad skin day kan? Saat tidak ada angin dan hujan tiba-tiba jerawat muncul di wajah. Biasanya hal ini membuat badmood seketika pastinya. Penyebab jerawat tumbuh adalah produksi minyak yang membuat pori-pori tersumbat yang bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karen itu berbagai cara mencegah jerawat dapat diawali dengan merawat kebersihan kulit. Apa saja? Simak bersama yuk!

Cara Mencegah Jerawat Timbul Kembali 

1. Membersihkan wajah secara rutin

Membersihkan wajah secara rutin adalah langkah awal dalam mencegah jerawat. Apalagi untuk kamu yang beraktifitas sepanjang hari pastinya akan sering terkena kotoran, debu, dan terpapar sinar matahari yang sangat mudah berpotensi menyebabkan munculnya jerawat.

Oleh karena itu, Minpow sangat menyarankan kamu untuk membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan sabun muka berbahan kimia lembut dan bebas alkohol untuk mencegah iritasi kulit. Pastikan kamu menggunakan handuk dengan bahan yang lembut untuk wajah, ingat ya jangan menggunakan handuk yang sama untuk wajah dan badan, karena bakteri di handuk badan juga menyebabkan tumbuhnya jerawat.

BACA JUGA:  15 Pelembab untuk Kamu yang Punya Kulit Berjerawat dan Berminyak

2. Gunakan pelembap

Jerawat tidak hanya bisa tumbuh di jenis kulit berminyak, tapi kulit yang kering juga. Kulit yang terlalu kering juga bisa memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan jerawat lebih mudah muncul.

Minpow sarankan kamu untuk menggunakan pelembap. Kandungan pelembap yang harus kamu perhatikan adalah pastikan pelembap sesuai dengan jenis kulit dan berlabel noncomedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.

3. Gunakan tabir surya

Selain kamu harus menggunakan pelembap, pastikan kamu juga menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas untuk menghindari paparan sinar matahari yang menyebabkan kulit dehidrasi. Kulit dehidrasi juga memicu produksi minyak berlebih dan membuat jerawat muncul kembali.

4. Batasi penggunaan make up

Penggunaan make up secara berlebihan juga menyebabkan penyumbatan pori-proi dan memicu breakout pada wajah. Sebaiknya batasi pemakaian make up sebagai cara mencegah jerawat. Jika ingin merias wajah, gunakanlah produk yang bebas minyak dan tidak mengandung parfum.

5. Batasi konsumsi makanan tinggi kalori dan gula

Hal yang harus kamu ketahui untuk mencegah jerawat timbul kembali, bukan hanya dari produk perawatan saja, tapi juga dari apa yang kamu konsumsi. Minpow sarankan kamu untuk membatasi konsumsi gorengan, makanan siap saji, produk susu, dan minuman yang tinggi kadar gula dan kalori.

Sebagai penggantinya kamu bisa mengonsumsi makanan seperti buah, sayur, dan biji-bijian karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit.

6. Perbanyak konsumsi air putih

Kulit sering mengalami dehidrasi tanpa kamu ketahui, jadi pastikan kamu mengonsumsi air putih yang cukup untuk menambah cairan dalam tubuh dan kulit. Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah meminum 8 gelas air putih setiap hari.

7. Hindari stress

Salah satu kondisi yang sering terjadi apalagi kalau kamu memiliki produktivitas tinggi adalah mengalami stress. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi hormon stress ini. Misalnya dengan berolahraga rutin, melakukan relaksasi atau kegiatan yang disukai, mendengarkan musik favorit, atau meditasi.

BACA JUGA:  Selain Polusi Ini Dia 5 Hal Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Menghilangkannya!

8. Tidur yang cukup

Masih banyak orang yang sulit untuk mengatur jam tidur yang teratur. Banyak pengaruh seperti pekerjaan, bermain game, nonton K-drama, dan lainnya yang membuat jam tidur semakin berantakan. Kalau kamu sendiri sudah teratur belum nih jam tidurnya?

Hal itu juga mempengaruhi pertumbuhan jerawat. Usahakan untuk tidur minimal 6 sampai 8 jam setiap harinya karena itu adalah durasi idealnya.

Demikian 8 cara mencegah jerawat timbul kembali yang bisa kamu lakukan, simple banget kan? Cara kamu mencegah jerawat gimana nih? Selain cara mencegah jerawat, Minpow masih banyak skincare routine, hair care, sampai body care ala Minpow yang bisa kamu ikutin lainnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!