Declip

Gambar Gimana Sebaiknya Kita Memperingati Hari Perempuan Ini Jawabannya

Gimana Sebaiknya Kita Memperingati Hari Perempuan? Ini Jawabannya

Selama ini, kita sering banget denger soal perayaan hari perempuan. Biasanya, hari perempuan itu diperingati pada tanggal yang berbeda-beda di tiap negara, atau di tiap daerah.

Bentuk perayaannya juga beragam, tergantung adat dan tradisi masing-masing. 

Di artikel kali ini, Minpow bakal ngajakin kamu buat bahas keunikan masing-masing, sejarah, sekaligus cara-cara yang tepat untuk merayakan hari perempuan, ya.

Karena, perayaan yang meriah itu enggak menjamin kalau dia mengandung esensi dari peringatan hari perempuan itu sendiri. Jadi, harus gimana ngerayainnya, Minpow? Simak, ya.

Hari Perempuan

Sejarah Hari Perempuan

Banyak banget peristiwa bersejarah yang kemudian menginisiasi banyak tokoh untuk memperingati hari perempuan. Berikut ini Minpow kasih contoh beberapa di antaranya; 

  1. Hari Perempuan Internasional 8 Maret 

Sebelumnya, hari perempuan internasional itu diperingati tiap tanggal 28 Februari. Tahun 1909, Clara Zetkin, seorang sosialis dari Amerika menginisiasi demonstrasi yang ngelibatin 15.000 perempuan buat turun ke jalan. 

Mereka nuntut jam kerja yang layak, kenaikan upah dan hak untuk memilih. Karena enggak ditanggapi, Clara mengusulkan gagasannya ke konfrensi internasional perempuan pekerja di Kopenhagen tahun 1910. 

Kenekatan Clara waktu itu membuahkan hasil. Sebanyak 100 perempuan dari 17 negara menyetujui pengajuan Clara dan ditetapkan lah hari perempuan internasional pada 8 Maret setiap tahunnya.

Meski belum ideal, tapi sejak itu dari waktu ke waktu kita terus-terusan berupaya menghapuskan ketimpangan gender yang ada di masyarakat. 

  1. Hari Perempuan Nasional 9 Maret 

Ditetapkan sehari setelah perayaan hari perempuan internasional, tujuan diperingatinya hari perempuan nasional juga untuk memberantas ketimpangan yang ada di masyrakat.

Di Asia, khususnya di negara kita Indonesia, kayanya isu patriarki (yang menganggap laki-laki kedudukannya lebih tinggi dari perempuan) itu masih lumayan kenceng.

Makannya, sebagai bentuk upaya meraih kesetaraan, negara kita berinisiasi untuk menetapkan hari perempuan nasional pada tanggal 9 Maret.

Karena, kalau ditinjau lagi, perempuan juga memberikan kontribusi yang seimbang kok dengan laki-laki. 

Karena ketimpangan ini udah berlangsung selama bertahun-tahun, akhirnya jadi susah banget buat kita memerangi kekeliruan persepsi ini untuk akhirnya bisa meraih kesetaraan.

  1. Hari Perempuan di Eropa 19 Maret

Beberapa negara di Eropa; seperti Austria, Denmark, Jerman dan Swiss ngerayain hari perempuan pada 19 Maret sejak tahun 1911, tepatnya sejak Clara Zetkin memerjuangkannya di konfrensi internasional pekerja perempuan di Amerika tempo hari. 

Dari sejarah itu, kebayang, kan, gimana sulitnya kita ngerebut posisi setara dengan laki-laki di tengah masyrakat?

Jadi, kayanya, udah selayaknya, ya, kita ngejaga apa yang udah lama diperjuangin sama para tokoh pejuang perempuan di masa lalu.

Selanjutnya, kita tinggal harus ngejaga aja supaya apa yang mereka perjuangin jadi gak sia-sia. 

Caranya gimana, Minpow? Dengan merayakannya semaksimal mungkin, kaya beberapa negara di dunia.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Minpow enggak bilang kalau perayaan dengan nge-upload foto dan caption soal perempuan di Instagram itu salah, tapi ada cara yang lebih unik dan seru lagi buat ngerayain hari perempuan. Apa aja? Ini dia:

  1. Libatin Cowok & Temen-temen Non Binary

Meski labelnya perayaan hari perempuan, bukan berarti cowok gak boleh ikutan, dong? Justru cowok-cowok ini nih yang perlu dibantu lagi biar mereka lebih paham pentingnya kesetaraan.

Sebagian besar orang bahkan belum menyadari adanya permasalahan dalam ketimpangan gender itu loh.

Nah, makannya, banyak negara di dunia justru ngelibatin cowok-cowok dan temen-temen non binary buat ngerayain hari perempuan.

Non binary itu apa Minpow? Non binary tuh temen-temen yang enggak mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki atau perempuan.

Emang bisa, ya? Bisa banget. Yang namanya kesetaraan, itu idealnya bukan cuma buat perempuan, tapi juga buat temen-temen non binary juga. 

  1. Dukung

Punya temen cewek yang bikin usaha? Buka catering? Bisnis baju? Bikin lukisan?

Pokoknya apapun yang dilakuin sama temen kamu ini, ngedukung dia 100% adalah cara yang sempurna buat kita ngerayain hari perempuan. Kenapa? 

Karena dengan mendukung mereka, itu artinya kita langsung nge-praktekin esensi yang ideal dari hari perempuan itu sendiri.

Banyak loh teori yang bagus dan indah soal hari perempuan, tapi berapa banyak dari kita yang langsung praktekin teori itu? Gak sebanyak yang ngutip teorinya, kan?

Makannya, menurut Minpow, cara terbaik buat ngerayain hari perempuan tuh ya mendukung perempuan itu sendiri.

Supaya hidup mereka jadi lebih mudah, aman dan nyaman. Yuk, kita dukung sesama!

  1. Party!

Ya iya dong bestie… Namanya juga perayaan. Masa kita enggak seru-seruan. Eiiitsss… Tapi party yang giaman dulu, nih?

Maksud Minpow party di sini adalah muterin film-film penting yang bisa mengedukasi kita soal masalah perempuan, atau bahas buku yang juga vocal ngangkat isu soal perempuan.

Di sela pemutaran film atau pembahasan buku itu, kalian bisa tukeran pendapat sekaligus diskusi.

Semakin banyak yang ikutan, maka semakin banyak juga sudut pandang yang bisa kita dapetin dari banyak permasalahan. 

Selama acara, pastiin temen-temen yang dateng ngerasa aman buat ngungkapin pikiran atau pendapatnya terkait kasus-kasus yang lagi dibahas, ya.

Penting banget tuh buat menyediakan ruang aman untuk mengekspresikan diri tanpa mendapat judgement dari orang di sekitar.

  1. Bimbing

Kalau kamu kenal beberapa perempuan yang kena masalah terkait dengan hukum, kamu bisa bimbing dia buat menyelesaikan masalahnya.

Minpow paham kalau kamu enggak mungkin nyelesein masalahnya sendirian, makannya kamu harus minta bantuan LBH terdekat, alias Lembaga Bantuan Hukum.

Kalau enggak minta bantuan LBH, kamu bisa minta bantuan KOMNAS Perempuan.

Mereka tentu bisa bantu semua masalah perempuan dan emang sengaja dibentuk pemerintah buat nanganin permasalahan begitu. Pokoknya jangan biarin temen perempuan kamu kesulitan sendirian, ya. 

  1. Saling Nge-cek

Ini maksudnya tanya kabar. Hal sesimpel itu bisa jadi penting banget, karena pertama, mustahil kita selalu baik-baik aja dan kedua, kadang kita kesulitan ngungkapin keadaan pas kita lagi enggak baik-baik aja.

Makannya, sebagai teman yang baik, kita wajib saling ngecek.

Selain nanya kabar, kamu dan temen-temen kamu juga bisa saling berkunjung sambil bawa sesuatu. Bawa apa aja bebas, yang penting itu bisa ngebantu kalian buat ngelewatin masa-masa sulit barengan.

Itu dia perincian perayaan hari perempuan yang perlu kamu ketahui dan boleh banget juga kalau kamu mau praktekin.

Hal terakhir yang bisa kamu lakuin buat ngerayain hari perempuan adalah dengan ngasih sobat cewek kamu Jedai Haircules by DeClip. Dianggap warisan dewa Hercules, si Jedai Haircules by DeClip ini tuh super strong!

Udah pernah digilas Tasya Farasya pakai Alphard dan dimasukin Raisa ke dalam es batu raksasa, si Jedai Haircules by DeClip ini tuh masih aja bisa dipake kaya biasa. Pilihan warnanya ada 35, ditambah 4 warna glitter, barangkali kamu ma uke acara resmi. Dia tuh lebih mevvah jatuhnya. Yuk, buruan check out sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *