Declip

logo final declip

Sebelum Melakukan Smoothing, Kamu Harus Mengenal Bahaya Smoothing Rambut Ini !

Gambar Sebelum Melakukan Smoothing Kamu Harus Mengenal Bahaya Smoothing Rambut Ini

Rambut lurus dan mudah diatur selalu menjadi idaman para wanita. Banyak usaha yang dilakukan agar mendapatkan kondisi rambut yang lurus dan mudah diatur. Mulai dari smoothing, rebonding, sampai hanya sekedar mencatok setiap hari.

Walaupun kamu bisa mendapatkan hasil yang bagus, perlu kamu ketahui dengan melakukan hal tersebut, kamu pun harus tahu dampaknya. Maka dari itu, sebelum kamu mencoba styling rambut tersebut, pastikan kamu kenali kondisi rambutmu agar mencegah terjadinya kerusakan.

Apabila kamu sedang mikir-mikir untuk melakukan smoothing, ada baiknya kamu mengetahui bahaya smoothing rambut berikut ini! Simak bersama ya!

Bahaya Smoothing Rambut

1. Cairan Kimia yang Dapat Meresap Kulit Kepala

Saat melakukan smoothing pasti ada cairan yang dioleskan untuk membantu rambutmu menjadi lurus dan rapi. Ada kemungkinan pula kalau cairan ini meninggalkan residu di batang rambut atau kulit kepala jika tidak dibilas dengan bersih selama proses pelurusan.

Biasanya gejalanya hampir mirip dengan rambut berketombe, kulit kepala mengelupas yang disertai gatal.

2. Dapat Merubah Struktur Rambut

Proses smoothing rambut menggunakan cairan kimia untuk membuka kutikula rambut, lalu merombak struktur aslinya yang dapat membuat rambut terasa halus dan licin. Tanpa perawatan lanjutan yang baik, rambutmu akan terlihat kemerahan, kering, dan kusam.

BACA JUGA:  Simak Bagaimana Membuat Hair Toner Alami untuk Merawat Rambut Setelah Pewarnaan Yuk Bestie!

Jika kamu memang ingin melakukan smoothing rambut yang kamu lakukan agar rambut tidak mudah rusak, berikan jeda waktu maksimal enam bulan sekali untuk rambut beradaptasi dengan bahan kimia dalam proses smoothing rambut.

3. Rambut Menjadi Rapuh

Smoothing rambut dapat membuat rambut menjadi lemah dan rapuh. Seiring berjalannya waktu, kamu akan mengalami kekeringan berlebih pada rambut. Maka dari itu jika kamu punya rambut yang rontok parah, tidak disarankan untuk melakukan smoothing.

4. Menyebabkan Iritasi Pada Kulit Sensitif

Tidak hanya cairan smoothing yang mampu membuat kulit sensitif iritasi, terkadang shampoo saja bisa membuat kulit sensitif iritasi. Ada baiknya jika kamu mencoba tes alergi dengan mengoleskan sedikit obat smoothing di belakang telinga, lalu diamkan. Jika kulitmu terasa gatal, jangan mencoba coba untuk smoothing rambut.

5. Menganggu Kesuburan

Memiliki kandungan formaldehyde, bahan smoothing rambut beresiko mengganggu kesuburan. Sebaiknya kamu tidak smoothing rambut jika sedang hamil atau merencanakan kehamilan.

BACA JUGA : Biaya Smoothing Rambut Pendek dan Panjang di Salon Terbaru

Walaupun smoothing berbahaya bagi rambut, kamu bisa meminimalkan bahaya smoothing rambut dengan;

Cara Meminimalkan Bahaya Smoothing

1. Memilih Smoothing Keratin

Makin hari teknologi smoothing rambut semakin berkembang untuk mengurangi dampak buruknya. Kamu bisa memilih smoothing keratin yang membuat rambut tetap sehat dan berkilau secara alami.

Lapisan keratin mampu melindungi batang rambut dari paparan kimia dan sinar matahari. Selain itu hasil smoothing lebih maksimal dan tampak natural.

BACA JUGA : 5 Perbedaan Keratin vs Smoothing, Mulai Harga hingga Ketahanannya

2. Mencermati Bahan Smoothing yang Digunakan

Jangan ragu untuk menanyakan bahan smoothing yang digunakan. Pastikan kamu mencari tahu karakteristik bahan dan tingkat keamanannya.

BACA JUGA:  18 Shampo yang Mengandung Keratin Smooth, Treatment dan Argan Oil

3. Melakukan Proses Perawatan Rambut yang Benar

Setelah kamu merasa puas dengan hasil rambut yang lurus. Kamu harus lebih telaten merawat rambut setiap hari. Perawatan rambut bertujuan untuk meminimalkan bahaya smoothing sekaligus membuat rambut lurus tahan lama dan yang pasti sehat.

4. Selalu Memakai Serum dan Vitamin Rambut

Hal kecil yang bermanfaat untuk meminimalkan bahaya smoothing rambut adalah memakai serum dan vitamin rambut. Sebenarnya vitamin dan serum rambut mampu menjaga kelembaban alami dan memberikan asupan nutrisi bagi rambut.

Setelah mencuci rambut, keringkan rambut secara alami dengan mengangin-anginkannya rambut hingga setengah kering lalu gunakan seru, atau vitamin rambut secara merata.

5. Menghindari Proses Pewarnaan Rambut

Jika kamu sudah melakukan smoothing, pastikan kamu tidak melakukan proses pewarnaan rambut. Karena proses pewarnaan rambut membuat rambutmu makin terpapar bahan kimia. Resiko rambut kering, rapuh, kusam, dan rontok juga pasti akan bertambah parah.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Akan tambah sulit untuk kamu merawat kembali rambutmu, jika sudah rusak parah. Baiknya kamu melakukan proses pewarnaan dilakukan minimal setahun setelah smoothing.

Itu dia bahaya smoothing rambut dan tips meminimalisir bahaya smoothing rambut yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu research terlebih dahulu mengenai jenis smoothing dan kandungannya ya! Kamu bisa cek artikel mengenai perawatan rambut lainnya dengan klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!