Declip

Gambar Ini 5 Perbedaan Balayage dan Highlight

Ini 5 Perbedaan Balayage dan Highlight yang Kamu Harus Tau

Banyak banget temen yang pengen dicat balayage padahal kamu sendiri baru denger istilahnya. Balayage? Apaan sih? Balayage hair adalah teknik pewarnaan rambut yang dimulai beberapa senti dari ubun-ubun. Agak menjorok ke bawah. Mirip semir highlight? Iya, cari tahu yuk perbedaan balayage dan highlight apa aja.

Istilah balayage sendiri kita adaptasi dari bahasa Perancis, yang artinya menyapukan. Jadi, warnanya itu seolah disapu dari atas rambut ke bagian bawah rambut, makannya di bagian bawah rambut kita warnanya semakin rata dan utuh. Mirip ombre, tapi gak bener-bener ombre. Mirip highlight, tapi bukan highlight.

Penting untuk paham masing-masing teknik pewarnaan; antara balayage, highlight, semir highlight, atau balayage with highlight, karena itu semua tuh beda-beda dan kamu harus pilih sesuai dengan yang paling mewakili gaya dan kepribadian kamu. Beda orang, beda juga selera dan preferensinya.

Makannya, kamu kudu tahu dulu yang paling kamu suka tuh yang kaya gimana. Eksekusinya gimana, berisiko gak? Cara ngerawatnya gimana? Biayanya? Nah, setelah paham semua kan tinggal kamu sesuaikan.

Berbeda dengan teknik pewarnaan lain, teknik balayage ini agak sulit buat diterapkan meski biasanya lebih cepat. Lebih cepat kalau kita bandingkan dengan cat rambut highlight atau ombre. Terus gimana perawatan setelah pewarnaan? Berapa lama dia bisa tahan? Apa perlu retouch? In dia 5 perbedaan balayage dan highlight yang perlu kamu tahu sebelum eksekusi.

BACA JUGA : Kenali 5 Perbedaan Balayage dan Ombre Sebelum Warnain Rambut

5 Perbedaan Balayage dan Highlight

Pemilihan Warna

Kalau kita mau semir highlight, baiknya kita memilih warna-warna kontras. Warna-warna yang jelas beda banget dengan rambut utama kita. Tujuannya justru buat nyiptain perbedaan yang kontras, jadi bisa kelihatan playful dan unik.

Nah, sementara balayage biasanya memadukan dua sampai tiga warna di satuin, tujuannya buat bikin gradasi atau perbedaan yang serasi dan gak jauh-jauh amat perbedaannya. Contoh nih, kita memadukan warna cokelat, warna madu, sama warna krim. Nanti hasilnya juga bakal serasi.

Buat kamu yang pengen kelihatan lebih unik dan beda, mending pilih cat rambut highlight, karena hasilnya memang lebih kelihatan kontras. Tapi, buat kamu yang seneng banget keserasian, teknik pewarnaan balayage boleh kamu coba nih. Karena udah gak perlu diragukan lagi keserasiannya.

Proses Pengerjaan

Yang ngebedain proses pengerjaan pewarnaan balayage sama pewarnaan rambut highlight adalah di teknik pengaplikasian. Sebab kalau bleaching dan warnanya sih sama aja, maksud Minpow warna-warna terang, baik itu buat highlight dan balayage tetep butuh bleaching.

Tapi, proses balayage tuh diterapkan ke rambut beberapa senti dari ubun-ubun, dua sampai tiga warna sekaligus berbarengan, terus disesuaikan terus sampai dibuat merata di bagian bawah rambut.

Sementara kalau highlight, hair stylist kita bakal mengambil beberapa helai rambut dan dipakein bleaching lanjut warna, dari atas sampai kebawah rambut. Sama sekali gak menyentuh rambut-rambut lainnya, melainkan diambil tiap beberapa helai doang.

Durasi

Karena pengerjaannya dilakukan per beberapa helai, akhrinya wajar dong kalau teknik highlight lebih butuh banyak waktu dan effort buat diwujudkan? Sementara balayage yang memang sederhana, bisa selesai dengan lebih cepat.

Makannya, kalau kamu mau semir highlight, pastiin kamu memang punya waktu untuk diluangkan, jangan sampai buru-buru. Minpow khawatir hasilnya nanti enggak memuaskan. Kalau kamu udah harus pergi padahal highlight baru setengah kan aneh? Belum lagi kalau salonnya ngantri.

Meski teknik balayage bisa lebih cepat dan sederhana, bukan berarti kamu juga bisa datang ke salon kapan aja. Minpow tetep nyaranin kamu buat reservasi dulu sebelum pengerjaan. Selain biar gak bentrok di salon, bakal lebih enak aja kalau kamu mengerjakannya pas lagi santai.

Masing-masing Ketahanan

Sebenernya, awet atau enggaknya tiap cat itu tergantung cat yang kita pilih. Kalau catnya bagus, ya bisa tahan 6 bulan sampai setahun. Tapi, kalau catnya abal-abal, dua sampai empat minggu juga udah bye bye. Makannya, penting banget tuh buat milih cat terbaik yang cocok buat rambut kita.

Tapi, kalau kita mau ngomongin teknik pewarnaan, teknik balayage bisa lebih tahan lama karena dia gak memerlukan retouch sesering teknik pewarnaan highlight atau ombre. Pas rambut asli kamu tumbuh pun gak bakal kelihatan kontras.

Kenapa? Karena teknik balayage kan gak dimulai dari atas banget, melainkan beberapa senti dari ubun-ubun, terus menjulur ke bawah. Itu artinya, rambut asli kamu yang pelan-pelan tumbuh gak menjadi gangguan. Beda sama cat rambut highlight atau ombre yang pas rambut asli tumbuh langsung butuh touch up.

Perawatan Pasca Pengerjaan

Keuntungan balayage lainnya adalah perawatan yang sederhana dan murah setelah pengerjaan. Umumnya, rambut yang dicat memang berubah jadi super kering dan rusak. Makannya, kita butuh perawatan ekstra buat rambut.

Mulai dari perawatan harian, mingguan, sampai bulanan. Dengan teknik balayage, bukan berarti kamu gak usah perawatan setelah pengerjaan, cuma kamu gak perlu terlalu effort aja buat ngejaga rambut tetap sehat dan bikin warnanya tetap awet.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Conditioner, hair mask tiap minggu dan hair spa tiap bulan tetep wajib. Tapi, kamu gak perlu retouch kaya kalau kamu pilih teknik highlight atau pilih teknik ombre. Seenggaknya, kerepotan kamu berkurang satu dan itu sudah lumayan kan?

Kiri balayage, kanan highlight

Setelah kamu tahu 5 perbedaan balayage dan highlight, kamu boleh pilih teknik pewarnaan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Ga mesti pilih balayage juga kalau kamu lebih seneng highlight karena lebih playful.

Tapi, apapun pilihan kamu, mau balayage atau highlight, Minpow tetep saranin kamu pakai hair ornament biar rambut kamu tambah kece lagi. Buruan cek deh catalog DeClip dan cari tahu hair ornament apa aja yang paling kamu banget.

Best sellernya tuh ada Jedai Haircules yang enggak gampang rusak dan tersedia dalam 35 warna. Penasaran sekuat apa sampe Minpow bilang gak gampang rusak? Bayangin aja jepit rambut yang utuh setelah dilindes Alphard Tasya Farasya, diblender, dibakar, sampai dimasukin es batu sama Raisa. Kekuatan macam apa kalau bukan turunan dewa, coba?

Nah, kalau kamu penasaran ada warna apa aja, kok banyak banget sampai 35, itu  sengaja didesain sebanyak itu karena Minpow tahu tiap hari kamu pakai baju ganti-ganti, beda-beda dan Minpow ngerti kamu butuh nge-mix and match baju.

Kalau kamu ngerasa bingung pilih warna apa dari ke-35 pilihan, Minpow sih saranin kamu beli semuanya aja sekaligus biar gak bingung pas nyocokin baju. Kalau udah punya 35 pilihan, masa masih kurang juga? Gak mungkin kan!

Yuk, buruan cek catalog Minpow dan masukin keranjang Jedai Haircules pilihan kamu. Jangan lupa check out. Kasih tahu juga temen-temen kamu, pasti gemes kan kalau pakai jedai tapi warnanya samaan semua. Bahkan, kalian juga bisa samaan warnanya dengan Raisa. Khusus yang frozen edition.

Happy shopping, ya!

Sumber : popxo.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *