Declip

logo final declip

Dikira Sama, Ternyata Ini Perbedaan Sunscreen dan Sunblock Wajah!

Gambar Dikira Sama Ternyata Ini Perbedaan Sunscreen dan Sunblock Wajah

Hayo bestie, siapa nih yang masih suka sebut sunscreen itu sunblock? Mau tahu sesuatu? Ternyata keduanya berbeda. Memang terdengar mirip, tapi keduanya punya kandungan dan penggunaan yang berbeda. Ketahui lebih jauh perbedaan keduanya yuk!

Paparan sinar matahari memang memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan, tapi yang kamu harus tahu paparan sinar matahari memicu banyak masalah kulit. Mulai dari kulit terbakar, kanker kulit, sampai penuaan dini.

Perlindungan yang bisa kamu gunakan salah satunya dengan menggunakan sunscreen maupun sunblock. Keduanya mampu melindungi kulit, sunscreen dan sunblock juga memiliki perbedaan. Penasaran apa perbedaannya? Simak bersama ya!

Perbedaan sunscreen dan sunblock

1. Cara Kerja

Sunscreen mengandung banyak bahan aktif yang bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengeluarkan dari kulit sebagai energi panas sebelum sinar ini menembus kulit lebih dalam. Berbeda dengan sunblock. Sunblock bekerja seperti perisai yang menghalangi kemudian memantulkan sinar UV.

2. Cara Pemakaian

Perbedaan sunscreen dan sunblock adalah cara penggunaannya. Tidak bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kedua produk ini jika kamu salah menggunakannya.

Penggunaan sunscreen digunakan secara digosokan ke wajah atau bagian tubuh lainnya agar bahan aktifnya dapat menyerap ke dalam kulit dan menahan paparan sinar UV.

Sedangkan sunblock kamu cukup mengoleskannya pada kulit tanpa perlu digosok. Oleskan sunblock secara merata diseluruh bagian tubuh yang sekiranya selalu terpapar sinar matahari.

3. Hasil Akhir

Perbedaan sunscreen dan sunblock juga terlihat dari hasil akhir pemakaian. Sunscreen biasanya tidak meninggalkan bekas apapun setelah dioleskan dan warnanya transparan mengikuti warna asli kulit.

BACA JUGA:  7 Alasan Kenapa Kamu Harus Melakukan Facial Secara Rutin Sebulan Sekali

Sedangkan sunblock, kamu hanya perlu memliih yang sesuai dengan kondisi kulit kamu. Minpow sangat menyarankan kamu menggunakan sunblock jika kamu memiliki kulit sensitif. Hal ini karena kandungan zinc oxide dan titanium oxide dalam sunblock dianggap aman untuk kulit sensitif.

4. Kandungan

Sunscreen dan sunblock memliki kandungan yang berbeda. Sunscreen umumnya memiliki kandungan seperti avobenzone, oxybenxone, dan para-amnobenzoic acid. Sementara untuk sunblock kebanyakan mengandung zinc oxide atau titanium oxide.

5. Fungsi

Perbedaan sunscreen dan sunblock adalah dari kedua fungsinya. Sunscreen berperan sebagai lotion pelindung dari sinar matahari yang bisa menyerap kedalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahri yang sudah masuk ke dalam kulit.  Sementara sunblock melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Jadi kamu lebih pilih sunblock atau sunscreen?

Sekarang sudah lebih tahu kan perbedaan keduanya? Pastinya keduanya memiliki fungsi untuk mencegah efek buruk sinar UV. Kamu bisa menyesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Sunblock bisa digunakan bagi kamu yang memiliki aktivitas lama di bawah paparan sinar matahari. Tekstur sunblock juga lebih kental dibandingkan sunscreen. Didalam sunblock juga terdapat banyak bahan yang dapat membangun lapisan di atas permukaan kulit untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sementara jika kamu ingin mencari perlindungan untuk sehari-hari dengan kegiatan outdoor yang tidak begitu lama, kamu dapat menggunakan sunscreen yang formulanya lebih ringan dan tidak meninggalkan warna transparan di kulit.

Didalamnya biasanya terkandung SPF dengan angka yang menentukan berapa lama sunscreen melindungi kulit. Misalnya jika kamu terpapar sinar matahari dalam waktu 15 menit, maka penggunaan SPF 10 dapat memperpanjang waktu hingga 10 kali lipat sebelum kulit terbakar.

BACA JUGA:  Rekomendasi Face Mist untuk Kulit Berjerawat

Itu dia bestie pembahasan mengenai perbedaan sunscreen dan sunblock. Kalau kamu sendiri tim sunscreen atau tim sunblock nih? Minpow masih banyak rahasia untuk skincare lainnya yang bisa kamu lihat selengkapnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!