Declip

logo final declip

Seharian di Rumah Perlukah Pakai Sunscreen Wajah? Cari Tahu Yuk!

Gambar Seharian di Rumah Perlukah Pakai Sunscreen Wajah Cari Tahu Yuk

Penggunaan sunscreen memang identik dengan aktivitas di luar ruangan, aktivitas yang memang langsung terpapar sinar matahari. Tidak hanya itu bestie, kamu juga perlu memakai sunscreen walaupun kamu menghabiskan waktu atau beraktivitas di dalam ruangan.

Kenapa demikian? Nah sebelum membahas kenapa harus memakai sunscreen walaupun kamu hanya menghabiskan waktu di dalam ruangan, Minpow akan bahas bahanya sinar UV dulu bagi kulit. Simak bersama yuk!

Bahaya Sinar UV bagi kulit

Sinar UV memiliki dua jenis yang kamu harus ketahui nih. Sinar UVA yang masuk ke lapisan tengah kulit lalu merusak DNA, pembuluh darah, serat kolagen, dan serat elastis sehingga memicu munculnya tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus, keriput, dan noda hitam. Kerusakan ini biasanya dikarenakan setelah paparan sinar UVA dalam jangka panjang.

Selain sinar UVA ada juga sinar UVB. Efek sinar UVB ini dirasakan di lapisan permukaan kulit, ditandai dengan kulit yang menjadi kemerahan, menggelap, dan terbakar. Sinar UVB memiliki gelombang lebih pendek dibanding sinar UVA, tapi intensitasnya lebih tinggi sehingga kerusakan di permukaan kulit akan langsung terjadi dalam waktu singkat.

Cukup membahayakan untuk kulit bukan sinar UV itu? Minpow mau kupas sedikit kenapa sinar UV tetap bisa masuk ke dalam rumah.

Alasan seharian di rumah perlu memakai sunscreen

Setiap pagi setelah bangun tidur, kebiasaan yang sering dilakukan adalah membuka tirai jendela kamar bukan? Pada saat itu kulitmu sudah terpapar sinar UV, namun hanya sinar UVA dengan intensitas rendah, jadi tidak terlalu berbahaya di kulit.

BACA JUGA:  13 Pelembap yang Mengandung Hyaluronic Acid, Bagus untuk Memperkuat Skin Barriermu!

Kamu mungkin berpikir kamu aman karena berada di dalam rumah karena terhalang pintu atau jendela. Padahal sinar matahari bisa saja masuk dari manapun. Jangan salah bestie sinar UVA bisa menembus kaca jendela karena sinarnya yang memantul kemana – mana. Banyak para ahli kulit memang merekomendasikan untuk memakai sunscreen walaupun hanya di dalam rumah.

Perhatikan hal ini saat kamu ingin memilih sunscreen wajah

Setelah kamu mengetahui alasannya, selanjutnya kamu harus memperhatikan kandungan sunscreen dengan tingkat perllindungan yang diberikan untuk sinar UVA atau UVB.

SPF (Sun Protection Factor) memberi perlindungan bagi kulit wajah dari sinar UVB. Biasanya tulisan SPF diikuti dengan angka yang menunjukkan besar perlindungan yang diberikan bagi kulit. Misalnya SPF 15 yang menghalangi 94% paparan sinar UVB, atau SPF 50 yang menghalangi 98% sinar UVB.

Selanjutnya adalah PA (Protection grade of UVA) yaitu melindungi wajah dari sinar UVA. Untuk menunjukkan tingkatannya, tulisan PA diikuti dengan tanda + yang berarti dari paling rendah sampai yang paling tinggi adalah ++++. Semakin tinggi berarti perlindungan yang diberikan juga semakin tinggi.

Sudah jelas kan bestie? Penggunaan sunscreen memang sangat penting walaupun kamu cuman di rumah aja! Minpow masih punya banyak fakta menarik soal sunscreen yang bisa banget kamu baca selengkapnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!