Declip

logo final declip

Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar, Agar Hasilnya Maksimal

Gambar Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar Agar Hasilnya Maksimal

Salah satu produk skin care yang kamu harus punya adalah Sunscreen. Kulit akan mudah terbakar dan lapisannya rentan rusak jika terlalu lama terkena paparan sinar UV. Permasalahan kulit yang biasa sering muncul jika terpapar sinar matahari adalah kulit yang kusam, kering, dan warna kulit yang tidak merata. Maka dari itu pemakaian sunscreen sangat diperlukan untuk kesehatan dan nutrisi kulit.

Kandungan SPF pada sunscreen juga beragam, mulai dari SPF 15, 30,35,40 sampai 50 PA+++. Semakin tinggi kandungannya semakin tinggi juga perlindungan yang diberikan. Selain itu ada juga hal yang harus kamu perhatikan seperti cara menggunakan sunscreen. Pemakaiannya juga tidak sembarangan jika kamu ingin hasilnya maksimal.

Cara Menggunakan Sunscreen Yang Benar

1. Pilih SPF 30

SPF adalah angka yang menunjukkan kemampuan perlindungan sunscreen. SPF 30 bisa menghalangi 97% paparan UV. Memilih sunscreen SPF 15 sebenarnya juga bisa menghalangi 93% sinar UVB ke kulit. Sehingga bisa melindungi kulit dari sunscreen ini hanya bisa melindungi kulit dari sunburn.

2. Kocok terlebih dahulu sebelum digunakan

Agar kandungan sunscreen ini tercampur merata. Jika campuran tidak merata maka tidak akan memberikan perlindungan yang merata di kulit.

3. Gunakan sebanyak dua jari

Agar perlindungan mencukupi, pastikan cara menggunakan sunscreen sebanyak dua jari di daerah leher, wajah, dan telinga.

BACA JUGA:  Apa Itu Water Based Sunscreen? Apakah Lebih Bagus?

4. Gunakan 15-20 menit sebelum keluar ruangan

Oleskan sunscreen 15-20 menit sebelum keluar rumah karena sunscreen perlu waktu untuk menyerap atau membentuk lapisan pelindung. Biasanya setidaknya 15 menit untuk meresap dan melindungi kulit.

5. Oles ulang setiap dua jam

Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, Minpow ingatkan kamu untuk coba oles ulang setiap dua jam. Bila berenang atau berkeringat, kamu bisa mengeringkan kulit terlebih dahulu lalu oles.

Kulit yang terbakar atau belang biasanya disebabkan oleh produk yang terlalu sedikit dioleskan, atau kemungkinan produk yang kadaluarsa.

6. Pakai sunscreen sebagai tahapan terakhir

Hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah pemakaian sunscreen harus pada tahapan terakhir. Jadi pastikan kamu memakai seluruh rangkaian skincare dari toner, serum, essence, moisturizer, lalu yang terakhir adalah sunscreen.

7. Pakai sunscreen di area tubuh yang lain

Selain sunscreen harus dipakai di wajah, sunscreen juga harus diaplikasikan ke bagian tubuh lain yang kemungkinan lebih sering terpapar sinar matahari seperti lengan, kaki, dada, telinga, siku, dan lutut.  Kamu juga bisa menggunakan produk bibir yang mengandung SPF untuk meminimalisir bibir yang terlihat kusam.

Kandungan Sunscreen yang Baik Sesuai Jenis Kulit

Selain cara menggunakannya, kamu juga harus memperhatikan kandungan sunscreen yang cocok untuk setiap jenis kulit. Penggunaan sunscreen tidak sesuai dengan jenis kulit pasti berpotensi menimbulkan masalah kulit yang lebih parah. Perhatikan cara memilih sunscreen sesuai kandungan untuk setiap jenis kulit yuk!

1. Kulit berminyak

Kalau kamu memiliki tipe kulit berminyak sebaiknya berbahan dasar air atau gel. Hasilnya kulit kamu akan lebih matte dan tidak berminyak. Tidak hanya kandungan itu, kamu juga bisa memilih sunscreen dengan kandungan teh hijau, tea tree, dan niacinamide yang dapat membantu mengendalikan produksi minyak agar tidak berlebihan.

BACA JUGA:  Ini Dia Perbedaan SPF 30 dan SPF 50, Lebih Baik Menggunakan Yang Mana?

2. Kulit sensitif

Siapa nih yang punya kulit sensitif? Pastikan kamu menghindari kandungan alkohol, zat pewangi, pengawet, dan zinc oxide. Karena akan menimbulkan reaksi negatif pada kulit atau iritasi. Minpow menyarankan kamu menggunakan sunscreen dengan kandungan panthenol, allantoin, dan madecassoside yang mampu menenangkan kulit.

3. Kulit kering

Pemilik kulit kering, pastikan kamu cari sunscreen yang memberi efek melembapkan dengan baik. Beberapa kandungan yang bisa kamu pilih diantaranya ceramide, glycerine, hyaluronic acid, atau madu.

Demikian cara menggunakan sunscreen yang benar agar hasilnya lebih maksimal di kulit, dan sedikit mengenai kandungan sunscreen yang harus kamu perhatikan sesuai dengan kulit kamu. Sudah cukup paham mengenai penggunaan sunscreen ini bukan? Kalau kamu mau lihat banyak rahasia soal skincare lainnya, kamu tinggal klik disini aja!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!