Declip

logo final declip

3 Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil dan Cara Ampuh Mengatasinya

Gambar 3 Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil dan Cara Ampuh Mengatasinya

Rambut rontok saat hamil adalah salah satu kondisi yang sering dialami oleh kurang lebih 50% ibu hamil. Memang sudah merupakan hal yang wajar, karena pengaruh hormon saat hamil. Tapi rambut rontok sering dirasa cukup mengganggu.

Kalau kamu merupakan salah satu bumil yang sekarang sedang menghadapi masalah rambut rontok, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Sebelum membahas tentang penyebab rambut rontok saat hamil, kamu sudah tahu belum fakta mengenai rambut rontok saat hamil? Faktanya 90% rambut selalu mengalami fase pertumbuhan dan 10% lagi akan rontok 2-3 bulan untuk digantikan dengan rambut baru.

Sedangkan saat kondisi hamil, perubahan hormone bisa menyebabkan jumlah rambut masuk pada fase istirahat dan bisa meningkat sampai 60%. Rambut rontok saat hamil biasanya terjadi pada kehamilan 1-5 bulan. Nah untuk selengkapnya, yuk simak apa aja sih penyebab rambut rontok saat hamil!

Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil

1. Kurang Nutrisi

Penyebab rambut rontok pertama adalah kurang asupan nutrisi. Ketika hamil, pastikan kamu rajin meningkatkan jumlah nutrisi dan vitamin. Jika asupan cukup, badan akan bekerja secara normal dan tidak mengalami gangguan apapun.

Ketika hamil, bayi di dalam perut juga akan membutuhkan nutrisi tepat agar bisa tumbuh dengan sehat. Jadi pastikan kamu juga meningkatkan asupan nutrisi dan vitamin.

2. Hormon

Penyebab pertama terjadinya rontok adalah perubahan hormon. Ketika mengandung, hormon banyak mengalami perubahan yang signifikan dan menyebabkan rambut mudah rontok.

BACA JUGA:  Bingung dengan Rambut yang Rontok Mulu? Simak 9 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Ini!

3. Masalah kesehatan

Pastikan kamu memperhatikan penyebab satu ini baik-baik. Jika memiliki masalah diabetes, depresi, cemas, atau terinfeksi jamur hal itu juga bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut ketika hamil.

Kalau kamu punya kondisi diatas, tidak perlu khawatir. Minpow akan spill cara mengatasi rambut rontok saat hamil, diantaranya;

Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan serta flavonoid. Buah dan sayur mayur juga dilengkapi nutrisi yang memperkuat pertumbuhan rambut serta melindungi folikel rambut.

2. Hindari menguncir rambut terlalu sering

Panas-panas memang paling enak menguncir rambut sih. Apalagi kalau kamu sering merasa terganggu dengan rambut panjangmu. Minpow ingatkan kamu untuk tidak menguncir rambut terlalu sering ya. Karena mengikat rambut sering membuat rambut mudah patah.

3. Pilih sampo yang tepat

Cara mengatasi rambut rontok adalah memilih sampo yang tepat. Perhatikan kandungannya agar tidak mengiritasi kulit kepalamu ya! Kalau bisa Minpow sarankan untuk kamu menggunakkan bahan alami.

4. Kurangi perawatan rambut yang dapat merusak rambut

Kalau aktivitasmu tidak bisa jauh dari styling tools yang panas, pastikan kamu selalu menggunakan heat protector sebelum styling rambutmu. Jangan biarkan juga kepalamu langsung terpapar sinar matahari langsung, apalagi mewarnai rambut. Bahan kimia cat rambut bisa mengganggu pertumbuhan rambut dan beresiko lebih cepat rontok.

Itu dia penyebab rambut rontok saat hamil dan cara mengatasinya. Cukup mudah bukan. Kalau kamu ingin tahu mengenai perawatan rambut lainnya, Minpow masih ada segudang tips nih langsung klik disini aja!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!