Declip

logo final declip

Asal Usul Spa Sebagai Ritual Perawatan Tubuh yang Menarik Untuk Diketahui

Gambar Asal Usul Spa Sebagai Ritual Perawatan Tubuh yang Menarik Untuk Diketahui

Minpow yakin bestie sudah tidak asing dengan spa. Kalau badan sudah lelah karena aktivitas yang penuh sepanjang hari, pasti pengennya memanjakan diri dengan melaukan spa. Spa ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh, dan memiliki sejarah yang menarik. Simak penjelasan dibawah ini, biar kamu makin paham tentang spa secara mendalam yuk!

Asal Usul Spa

Mungkin yang biasa kamu tahu mengenai spa adalah treatment salon yang terdiri dari massage, scrub, dan lainnya. Ternyata treatment spa sudah ada sejak zaman romawi. Tempat spa para masyarakat romawi bisa kamu temukan di tempat pemandian yang ada di ruang baca, restoran, bahkan tempat belanja.

Sebelum spa terkenal di bangsa Romawi, bangsa Yunani mengenal treatment spa ini terlebih dahulu. Bahkan ritual mandi orang Yunani menjadi dasar perawatan spa saat ini. Dulunya ritual mandi menggunakan bathtub kecil, baskom tempat air, dan perawatan kaki untuk membersihkan diri. Orang Yunani juga memiliki kolam air hangat yang dipercaya menjadi tempat dewa menyembuhkan penyakit.

Kolam air hangat memang sejak zaman Romawi dikenal dengan nama Roman Baths. Masyarakat bangsa Romawi mempercayai tempat permandian air panas tersebut sebagai tempat tinggal dewi yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan.

Nah itu asal-usul spa dari luar Indonesia, makin penasaran bukan sama asal-usul spa di Indonesia? Ada sejak kapan, dan kenapa bisa menjadi treatment yang cukup terkenal? Yuk simak bersama!

Asal Usul Spa di Indonesia

Kalau ditanya treatment spa sudah ada sejak kapan, sebenarnya spa sudah ada sejak zaman nenek moyang, hanya saja namanya bukan spa. Perawatan tubuh merupakan ritual yang dilakukan untuk memperhatikan keseimbangan raga. Perawatan tersebut memang diwariskan turun menurun, hingga generasi sekarang yang dikenal sebagai perawatan tradisional.

BACA JUGA:  Awas! Ini 5 Ciri Ciri Body Lotion yang Berbahaya

1. Berawal dari masa Majapahit

Tahun 1872 sebuah literatur kuno menjelaskan bahwa adanya tempat permandian seperti Candi Tikus dan Kolam Segaranyang menjadi tempat permandian yang digunakan untuk membersihkan diri , jiwa, dan raga.

2. Yogyakarta

Banyak kerajaan di Indonesia yang memiliki tempat permandian. Setelah zaman Majapahit dan Kahuripan. Yogyakarta memilki tempat permandian yang berlokasi di Taman Sri Sultan Hamengkubuwono yang dibangun pada tahun 1789. Permandian ini dikhususkan untuk raja dan kerabatnya untuk menyehatkan jiwa dan raga.

3. Bali

Kalau kamu pernah mendengar Tirta Empul Tampaksiring, itu menjadi tempat permandian di Bali dan ditemukan sekitar 926 Masehi, pada dinasti Warmadewa dari abad 10 hingga abad 14. Air dari mata air tirta empul tampaksiring dimanfaatkan masyarakat pemeluk agama hindu sebagai pemandian untuk menyucikan diri.

4. Zaman Modern

Pada dasarnya di Indonesia ataupun di luar Indonesia, sudah mengenal apa itu perawatan tubuh seperti spa. Berbeda dengan zaman dahulu, sekarang ini perawatan spa memiliki banyak macam treatment didalamnya mulai dari body scrub, body massage, sampai foot massage yang bisa disesuaikan dengan masalah yang kamu miliki.

Nah itu dia asal -usul spa sebagai ritual perawatan tubuh. Menarik banget kan? Siapa nih yang kalau udah cape pasti larinya ke spa? Minpow sih selalu rekomendasiin kalian untuk coba spa karena bisa sekaligus nge-recharge energi dan bikin badan lebih enak. Selain asal-usul soal spa Minpow masih banyak fun fact menarik lainnya soal body care dan skin care disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!