Declip

Gambar Simak 15 Cara Merawat Rambut Rusak Sangat Simple dan Sehat

Simak 15 Cara Merawat Rambut Rusak, Sangat Simple dan Sehat

Salah satu aset terbesar seorang perempuan adalah rambutnya. Namun jika terlalu sering mewarnai rambut, ataupun styling rambut bisa membuat kondisi rambut lama kelamaan menjadi rusak. Kamu bisa melihat kondisi rambutmu sudah mulai rusak jika rambut kamu rontok, kering, dan berketombe.

Untuk memperbaiki rambut yang rusak memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi jangan khawatir, banyak hal sederhana yang bisa membantu memperbaiki rambutmu yang rusak. Kali ini Minpow akan membahas bagaimana cara merawat rambut rusak agar rambutmu terlihat lebih sehat kembali. Simak bersama ya!

Cara Merawat Rambut Rusak

1. Pakai Masker Rambut

Memakai masker rambut secara rutin juga dapat membantu mencegah kerusakan rambut. Pilih masker rambut yang menjawab masalah rambut rusak. Banyak produk masker rambut yang dijual bebas untuk menutrisi dan memberi kelembaban pada rambutmu. Tidak hanya produk masker yang banyak dijual di minimarket, tapi juga kamu bisa membuat masker rambut dari bahan-bahan alami seperti aloe vera, yoghurt, dan madu.

2. Gunakan Hair Tonic

Hair Tonic adalah salah satu produk yang ampuh dalam menjawab masalah kerusakan rambut. Khususnya jika kamu bermasalah dengan rambut kering dan rontok. Kamu bisa menggunakan hair tonic ini setiap hari setelah keramas menggunakan shampoo dan conditioner.

3. Rutin Memotong Rambut

Cara merawat rambut rusak selanjutnya adalah dengan rutin memotong rambut. Dengan membuang rambut yang rusak, kering, dan bercabang bisa membuat rambut tumbuh lebih sehat.

4. Jauhi produk hairspray atau styling gel

Penyebab rusaknya rambut salah satunya adalah pemakaian produk-produk pengeras rambut. Hal ini dapat membuat rambut menjadi cepat kotor, cepat berjamur, kering, dan rontok. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam produk hairspray atau styling gel membuat rambut lebih cepat rapuh.

5. Kurangi Menggunakan Peralatan Styling

Cara merawat rambut rusak selanjutnya adalah kurangi penggunaan peralatan styling. Panas dari masing-masing peralatan styling ini yang bisa membuat tampilan rambut lebih kusam dan rambut terasa lebih kering.

Jika memang kamu harus menggunakan peralatan styling, pastikan suhunya tidak terlalu tinggi. Minpow juga sarankan untuk kamu selalu menggunakan heat protector saat ingin melakukan proses styling.

6. Pakai Handuk Lembut Untuk Mengeringkan

Mungkin kamu bertanya memang berpengaruh handuk lembut saat mengeringkan rambut? Nyatanya sangat berpengaruh. Menggunakan handuk dengan material microfiber memiliki serat dan permukaan yang lembut daripada handuk umumnya. Handuk yang lembut ini bisa membuat rambutmu terhindar dari kerontokan setelah keramas.

7. Konsumsi Sayuran Hijau

Merawat rambut tidak hanya dari luar saja menggunakan beberapa produk perawatan rambut, tapi juga dari dalam. Mengonsumsi sayuran hijau juga dapat membantu menutrisi rambut agar tumbuh lebih sehat. Minpow sarankan jangan ditinggalkan ya produk perawatan rambutnya.

8. Hindari Keramas Setiap Hari

Keramas memang perlu untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan rambutmu. Tapi apabila kamu melakukannya setiap hari, akan mengurangi kadar minyak alami dalam rambutmu. Dengan keramas setiap hari malah akan membuat rambutmu tambah kering. Minpow sarankan untuk kamu keramas 2 hari sekali.

9. Melakukan Hot Oil Treatment

Salah satu cara merawat rambut rusak yang sangat bermanfaat adalah melakukan hot oil treatment. Bukan hanya melembabkan kulit kepalamu, tapi dengan melakukan treatment ini, kehangatan minyaknya bisa merilekskan kepala dan melancarkan peredaran darah.

10. Melakukan Metode Co-washing

Jika kamu kurang familiar dengan co-washing, ini adalah cara mencuci rambut tanpa eksfoliasi berlebihan. Teknik keramas ini adalah kamu hanya perlu keramas menggunakan conditioner pada batang rambut tanpa menggunakan shampoo. Hasilnya rambut akan segar sepanjang hari.

11. Konsumsi Biotin

Beberapa vitamin yang perlu kamu ketahui untuk menjaga kesehatan rambut kamu adalah Vitamin H atau yang disebut vitamin H. Kamu bisa mendapatkan kandungan vitamin H dari makanan yang kamu konsumsi. Misalnya kacang-kacangan, gandum utuh, pisang, dan putih telur. Bukan hanya bermanfaat untuk nutrisi rambut, tapi dengan mengkonsumsi biotin pastinya membuat rambut tidak kering dan tidak rontok.

12. Memakai Vitamin Rambut

Banyak aktivitas styling rambut dan pewarnaan rambut yang membuat rambut “dehidrasi”. Sehingga dibutuhkan vitamin rambut untuk menutrisi rambut dari luar. Vitamin rambut ini bisa kamu langsung oleskan pada rambut agar rambut mudah diatur, dan melembutkan tekstur rambut.

Pastikan kamu pakai vitamin rambut setelah melakukan keramas, atau setelah styling rambut.

13. Gunakan Produk Pelindung Rambut

Jika pekerjaan kamu menuntut harus menstyling rambut setiap hari, kamu bisa menggunakan produk pelindung rambut sebelum kamu melakukan styling. Fun fact mengenai produk pelindung rambut adalah agar rambut kamu tidak rusak walaupun terkena suhu yang panas.

Selain itu jika kamu sering beraktivitas diluar, penggunaan produk pelindung rambut ini juga bermanfaat untuk melindungi dari paparan sinar matahari.

14. Memilih Shampo Yang Cocok

Kebanyakan wanita hanya menganggap fungsi shampoo hanya untuk membersihkan rambut. Tapi kenali kandungan didalamnya yang berfungsi menjawab permasalahan rambutmu.

Misalnya jika kamu memiliki kulit kepala yang berminyak pastikan kamu memilih shampo untuk volumizing, sedangkan jika kamu memiliki kulit kepala yang kering, pilih shampoo dengan kandungan aloe vera untuk menghidrasi kulit kepalamu.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

15. Gunakan Minyak Alami

Cara merawat rambut rusak yang terakhir yaitu dengan menggunakan minyak alami. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa, minyak kemiri, atau minyak zaitun untuk merawat kulit kepala dan menutrisi pertumbuhan rambut lebih sehat.

Demikian 15 cara merawat rambut rusak yang dapat membantu memperbaiki kondisi rambutmu secara keseluruhan. Minpow sarankan kamu untuk menggunakan perawatan ini secara rutin ya! Jangan lupa untuk baca artikel menarik dan inspiratif lainnya dengan klik disini. Selamat mencoba!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *