Declip

logo final declip

7 Cara Mengatasi Rambut Kusut, Bikin Rambut Anti Rusak dan Menggumpal

Gambar 7 Cara Mengatasi Rambut Kusut Bikin Rambut Anti Rusak dan Menggumpal

Rutinitas setelah keramas secara teratur dua hingga tiga hari sekali, adalah menyisir. Proses menyisir terkadang sulit untuk dilakukan apalagi jika rambut kamu kusut karena sangat mengganggu. Lebih parahnya, rambut kusut menggumpal terasa sakit bila tersangkut dan bahkan bisa menimbulkan risiko rontok.

Biasanya rambut kusut terlihat secara kasat mata merupakan simpul yang terdiri dari dua rambut. Rambut kusut terjadi karena lapisan luar rambut terbuka dan rusak hingga saling menghalangi satu dengan yang lainnya. Agar lebih parah, kutikula tersebut membentuk simpul dengan beberapa helaian rambut lainnya sehingga menyebabkan kusut.

Penyebab Rambut kusut menggumpal biasanya karena menggunakan produk perawatan rambut yang tidak cocok untuk jenis rambutmu. Kesalahan ini sering dialami tapi mungkin beberapa orang tidak menyadaraninya. Jadi pastikan kamu memilih produk perawatan rambut yang cocok untuk kebutuhan nutrisi rambut terpenuhi dan kondisi selalu sehat serta berkilau secara alami.

Menata rambut menggunakan alat-alat yang memiliki temperature panas dengan intensitas tinggi juga bisa jadi pemicu rambut kamu terlihat lebih frizzy atau lebih kusut. Selain itu menunda proses memotong rambut, banyak orang yang belum menyadari kalau memotong rambut secara teratur sangat penting untuk mencegah rambut kusut. Sebab ujung-ujung rambut bercabang membuat rambut lebih mudah kusut atau patah.

Jika kamu merasa rambut kamu sering kusut atau menggumpal, simak beberapa cara ini untuk mengatasinya ya!

Cara Mengatasi Rambut Kusut

1. Membagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Jika kamu memilki rambut yang tebal dan panjang, memang terkadang susah untuk disisir dan rentan kusut. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian agar mudah disisir. Kamu bisa menggulung bagian rambut yang belum disisir dengan jepit rambut agar lebih praktis.

BACA JUGA:  12 Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering dan Kusut

2. Mencuci Rambut Dengan Sampo dan Kondisioner

Untuk memilih produk perawatan, pastikan kamu memilih produk yang tepat untuk kondisi dan masalah rambutmu. Biasanya rambut yang kusut sangat rentan dengan kerontokan. Jadi Minpow sarankan kamu untuk menggunakan sampo yang dikhususkan untuk rambut rontok atau jika rambutmu dalam keadaan kering, kamu bisa menggunakan sampo yang dikhususkan untuk rambut kering.

3. Menggunakan Hair Oil

Memang menggunakan sampo atau kondisioner sesuai dengan masalah rambut sangat membantu dalam menutrisi rambut, tapi disaat yang bersamaan batang rambut juga perlu dinutrisi dengan hair oil.

Cara menggunakannya pada saat rambut dalam keadaan setengah kering, baru kamu aplikasikan hair oil pada batang rambutmu. Minpow ingatkan jangan mengaplikasikan pada akar rambut ya, karena akan terlihat lepek.

4. Memotong Rambut Secara Rutin

Untuk mengatasi rambut yang kusut, kamu juga harus rajin memotong rambut secara rutin. Seperti yang Minpow sudah singgung diawal, rambut yang bercabang dan kering bisa memicu rambut yang kusut.

Minpow sarankan kamu memotong rambut setiap dua bulan sekali. Kebiasaan ini bisa membuat rambut lebih tertata rapi dan tidak terlalu panjang sehingga lebih mudah diatur.

5. Merawat Rambut Dengan Hair Mask

Minpow tebak nih pasti diantara kalian sering melupakan peran dari si hair mask ini. Hair mask ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Jadi lebih baik kamu menggunakan hair mask setiap satu minggu sekali agar rambut mendapatkan nutrisi yang cukup.

6. Menggunakan Sisir yang Tepat

Jangan selalu asal-asalan saat menggunakan sisir. Banyak macam sisir yang justru malah membantu rambut kamu agar tidak kusut. Misalnya kamu bisa menggunakan sisi bergigi lebar (wide tooth comb), paddle brush yang bentuknya lebih datar dan horizontal, atau detangler brush yang bergigi lebih lembut.

BACA JUGA:  6 Gaya Potongan Rambut untuk Wajah Bulat dan Rambut Mengembang

7. Sisir Dari Bawah Ke Atas

Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam mengatasi rambut kusust adalah menyisirnya dari atas sampai ke bawah. Coba ubah arah sisir, jadi dari bawah keatas.

Sisir bagian bawah rambut secara perlahan sebelum bergerak ke bagian atas. Arah menyisir rambut seperti ini, bisa mencegah rambut bercabang dan rasa nyeri yang sering kamu rasakan di kepala ketika menyisir rambut.

Itu dia 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut kusut. Beberapa dari cara ini mungkin sering kamu lupakan ketika kamu merawat rambutmu, jadi pastikan kamu memasukan cara ini ke beberapa step di haircare kamu ya! Kamu juga bisa klik disini untuk lihat beberapa artikel yang membahas mengenai hair care ala Minpow!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!