Declip

logo final declip

Risih Sama Muka yang Mengkilap? Ini 7 Tips Menghilangkan Minyak Berlebih pada Wajah!

Gambar 7 Tips Menghilangkan Minyak Berlebih pada Wajah

Bestie pasti sering merasa sebel dengan tampilan wajah yang berminyak bukan? Apalagi saat make up lagi on point, setelah beberapa jam akan kelihatan mengkilap karena berminyak. Kadang walaupun beberapa kali kamu coba menghilangkannya, dalam waktu singkat wajah akan kembali berminyak. Sebenarnya faktor apa saja sih yang mempengaruhi minyak bisa berproduksi lebih?

Faktor yang memicu minyak berlebih di wajah

1. Keturunan

Wajah berminyak juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Jika kamu memperhatikan jenis kulit orang tuamu atau saudara satu darahmu memiliki kulit berminyak, bisa jadi memang kondisi kulit berminyakmu adalah faktor genetik.

2. Hormon reproduksi

Biasanya menjelang menstruasi, atau untuk kamu yang sedang dalam kondisi hamil, kemungkinan produksi minyak di kulit lebih banyak.

3. Penggunaan kosmetik

Menggunakan kosmetik yang terlalu tebal juga bisa menyebabkan produksi minyak yang berlebih. Selain itu kosmetik menyebabkan pori-pori tertutup dan bertambah besar sehingga keringat akan tertimbun di dalam.

4. Stress

Siapa yang masih sering merasa stress? Tahukah kamu kalau stress bisa membuat kulit memproduksi minyak yang berlebih? Hal ini karena kelenjar keringat memproduksi minyak berlebih.

Kalau kamu sering banget punya kondisi kulit seperti ini dan disebabkan oleh faktor tersebut, Minpow akan kasih tips cara menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Simak bersama selengkapnya yuk!

BACA JUGA:  10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik yang Mampu Membantu Menutrisi Wajahmu!

Tips Menghilangkan Minyak Berlebih pada Wajah

1. Masker putih telur

Berfungsi untuk mengecilkan pori-pori pad awajah dan membuat kulitmu tampak cerah. Salah satu jenis masker alami yang bisa kamu coba adalah masker putih telur. Campurkan putih telur dengan sedikit madu, lalu oleskan secara merata dan diamkan 20 menit sampai masker agak mengeras. Setelah itu bilas dengan air hangat.

2. Menggunakan face toner

Tips selanjutnya adalah menggunakan face toner sebelum memakai krim atau riasan wajah. Face toner membantu mengurangi produksi minyak berlebih atau sebum di wajah. Kamu bisa memilih face toner dengan bahan lemon yang efektif mengontrol minyak berlebih.

3. Rutin melakukan face steam

Siapkan baskom berisi air hangat, setelah itu arahkan wajah untuk mendapatkan uap air hangat selama 2-4 menit. Setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air dingin. Facial steam juga bisa kamu pakai untuk mengeluarkan kotoran dan zat lainnya yang bisa menyumbat pori-pori.

4. Selalu siap face paper

Untuk kamu yang sering memiliki wajah berminyak pastikan kamu memiliki face paper. Kertas yang dirancang khusus untuk menyerao minyak ini bisa menghilangkan minyak tanpa membuat kering. Cara menggunakannya cukup di tekan-tekan di derah wajah yang berminyak.

5. Menggunakan timun

Mungkin biasanya kamu menggunakan timun saat maskeran di daerah mata karena kesegaran yang diberikan. Tapi timun juga bisa kamu pakai untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

Caranya kamu bisa siapkan irisan mentimun yang sudah didinginkan di dalam kulkas sebelumnya, lalu gosok secara perlahan di seluruh permukaan kulit wajah, khususnya zona T, lakukan cara ini setiap malam atau setelah menghapus make up.

6. Menggunakan pelembap secara rutin

Banyak yang beranggapan dengan menggunakan pelembap justru malah membuat kulit lebih berminyak. Kamu yang memiliki kulit berminyak juga penting agar pori-pori tidak tersumbat dan melembapkan wajah.

BACA JUGA:  5 Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

7. Menggunakan tabir surya

Sering beraktivitas di luar ruangan? Minpow sarankan kamu untuk menggunakan SPF minimal 30 dan diperkaya dengan zinc oxide dan titanium dioxide. Tabir surya akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan, sampai kanker kulit. Wajib banget deh kamu pakai tabir surya di dalam maupun luar ruangan.

Demikian 7 tips menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Kalau kamu mencari banyak tips and trick mengenai skincare, Minpow masih banyak informasi menarik lainnya untuk kamu disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!