Declip

logo final declip

Semua Perbedaan Shampo dan Conditioner yang Wajib Kamu Tau!

Gambar Semua Perbedaan Shampo dan Conditioner yang Wajib Kamu Tau

Perbedaan Shampo dan Conditioner – Kalau ditanya rutinitas keramas setiap hari pakai produk apa aja, pasti sudah gak perlu mikir lama langsung jawab pakai sampo dan kondisioner. Dibalik rutinitas kamu memakai kedua produk tersebut, kamu tahu perbedaannya dan manfaatnya gak nih?

Tahu gak sih bestie, rambut yang sehat, lembut, dan ternutrisi bukan hanya didapatkan dari keramas setiap hari. Tapi kandungan dari produk rambut yang kamu gunakan setiap hari termasuk si shampo dan conditioner yang kamu pakai.

Kali ini Minpow akan bahas mengenai kedua produk rambut yang setiap hari kamu jumpai ini bestie! Yuk simak selengkapnya bersama!

Perbedaan Shampo dan Conditioner

Pengertian

Shampo dan kondisioner memang kedua produk yang bisa dibilang tidak bisa dipisahkan kalau soal menjawab permasalahan rambut. Shampo yang merupakan produk pembersih rambut yang diformulasikan dengan khusus untuk merawat rambut, kandungan dari shampo biasanya lebih bertujuan untuk membersihkan kotoran, keringat, dan minyak di rambut. Selain itu, Shampo juga memiliki kegunaan untuk membantu menghilangkan bakteri atau kotoran yang menumpuk pada rambut.

Sedangkan kondisioner merupakan produk pelindung rambut yang mengandung minyak alami, protein dan ekstrak botani yang mampi menjaga rambut tetap lembap, berkilau, dan halus.

Perbedaan Jenis Produk

Selain pengertiannya, ada juga perbedaan jenis produk yang kamu harus ketahui yaitu keduanya memiliki jenis yang berbeda. Mungkin yang biasa kamu temui adalah produk yang berjenis seperti sabun bukan. Sekarang ini banyak variasi shampo maupun kondisioner yang beragam dan memudahkan kamu menggunakannya, simak perbedaanya;

  • Jenis produk shampo

Misalnya jenis produk shampo bukan hanya shampo yang memiliki jenis seperti sabun yang menghasilkan busa, jenis shampo terkini salah satunya adalah dry shampo yang bisa kamu gunakan dengan cara disemprotkan dari jarak 5-10 cm lalu gosok dengan tangan untuk meratakan produknya.

  • Jenis produk conditioner

Begitu juga dengan conditioner. Bukan hanya jenisnya yang memiliki formulasi yang kental seperti pelembap, conditoner juga memiliki jenis seperti leave in conditioner dengan beragam formulasi seperti foam ataupun spray.

BACA JUGA:  Ini Dia Manfaat Penggunaan Conditioner Untuk Rambut Berwarna dan Cara Memakainya!

Perbedaan Manfaat / Fungsi Shampo dan Conditioner untuk Rambut

Kedua produk yang berbeda ini juga memiliki perbedaan manfaat atau fungsi yang pastinya berbeda.

Shampo yang memiliki manfaat untuk membersihkan rambut dari kotoran yang mungkin menempel selama kamu melakukan aktivitas, sisa sebum, dan produk rambut yang sering menimbulkan permasalahan rambut.

Tidak sampai situ aja bestie, sekarang ini shampo juga memiliki kandungan yang dikhususkan untuk berbagai macam permasalahan rambut mulai dari rambut ketombe, kering, rusak, berminyak, dan rontok.

Sedangkan untuk kondisioner, berbeda dengan shampo, kondisioner memang bukan produk pembersih seperti shampo. Tapi kondisioner memiliki fungsi untuk melembabkan dan melindungi batang rambut. Cocok untuk kamu yang memilki rambut cepat kusut dan sulit diatur.

Perbedaan Shampo dan Conditioner Berdasarkan Kandungan

Selain dari kegunaannya, secara kandungan juga ada perbedaan diantara kedua produk ini, yaitu:

  • Kandungan shampo

Diawali dari shampo yang memang dasarnya memiliki kandungan pembersih seperti serfaktan dan detergen yang memang ditujukan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala.

  • Kandungan conditioner

Berbeda dengan conditioner yang memang memilki kandungan minyak alami, botani, dan vitamin yang memang memiliki tujuan untuk melindungi batang atau kutikula rambut.

Tekstur dan Busa

Hal yang paling mudah dinotice dari perbedaan shampo dan kondisioner adalah dari segi tekstur dan busa. Kandungan deterjen yang terkandung dalam shampo pastinya membuat teksturnya lebih cair tapi memiliki banyak busa.

Berbeda dengan conditioner yang lebih memiliki tekstur kental hampir mirip seperti hair mask, dan tidak memiliki busa. Tujuan conditioner sebagai pelembap pastinya lebih kaya akan vitamin dan minyak alami. Sehingga membuat hasil rambut lebih halus.

Frekuensi pemakaian

Baik shampo atau  kondisioner boleh dipakai setiap saat kamu melakukan keramas. Minpow tidak menyarankan kamu untuk melakukan keramas setiap hari. Kamu bisa keramas kurang lebih 2-3 hari sekali.

BACA JUGA:  10 Perbedaan Vitamin Rambut dan Conditioner

Kembali lagi hal ini bergantung pada kondisi kulit kepalamu, jika kamu memiliki kulit kepala yang cukup berminyak kamu bisa keramas setiap hari atau 2 hari sekali, tapi jika kamu memiliki rambut yang kering, kamu bisa keramas kurang lebih 3-4 hari sekali.

Tips dari Minpow juga nih kalau kamu ingin refresh rambut kamu apalagi untuk kamu yang memiliki kulit kepala berminyak. Bisa keramas dengan menggunakan kondisioner saja. Pastikan kamu memakai kondisioner secukupnya saja agar tidak membuat kulit kepala terlihat lebih lepek.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Apakah Baik Mengkombinasikan Shampo dan Kondisioner?

Kombinasi shampo dan kondisioner dianggap menjadi kedua produk yang sempurna untuk perawatan rambut bestie. Pemakaian shampo sering kali membuat kondisi rambut kering, terutama pada bagian batang rambut, sedangkan penggunaan kondisioner sangat membantu untuk melembapkan keseluruhan rambut sehingga terlihat jauh lebih halus.

Cara Menggunakan Shampo dan Conditioner yang Benar

Mungkin terlihat biasa, dan mudah dilakukan tapi cara penggunaan shampo dan conditioner ada cara yang benar. Simak caranya ya!

  1. Gunakan sampo terlebih dahulu, tuangkan sampo secukupnya dan gosok sampai terlihat busanya dan pijat ke kulit kepala. Setelah dirasa cukup, baru bilas dengan air bersih
  2. Setelah itu aplikasikan kondisioner pada batang rambut, setelah itu aplikasikan kondisoner, diamkan selama 2-3 menit agar terserap dengan sempurna dirambut lalu bilas dengan air sesudahnya.

Merk shampoo + conditioner 2 in 1 yang bagus

Selain banyaknya perbedaan dari shampo maupun kondisioner diatas mulai dari penggunaan, kandungan, dan jenis. Sekarang ini juga ada produk shampo dan kondisioner yang bisa membersihkan sekaligus melembapkan  rambut. Ada juga produk 2 in 1 shampo dan conditioner yang bagus untuk kamu coba, seperti:

BACA JUGA:  3 Cara Memakai Masker Rambut Ellips

1. Herbal Essence Hello Hydration 2 in 1 shampoo and conditioner

Herbal Essence Hello Hydration 2 in 1 shampoo and conditioner Perbedaan Shampo dan Conditioner

2. Dove 2 in 1 shampo and conditioner

Dove 2 in 1 shampo and conditioner

3. Loreal Paris Elvive 2in 1 Shampo and conditioner

Loreal Paris Elvive 2in 1 Shampo and conditioner Perbedaan Shampo dan Conditioner

4. Tresemme 2 in 1 Shampo and conditioner

Tresemme 2 in 1 Shampo and conditioner

5. Aveeno scalp soothing fresh greens

Aveeno scalp soothing fresh greens Perbedaan Shampo dan Conditioner

FAQ

  • bolehkah memakai sampo dan kondisioner yang berbeda?

Kamu boleh memakai sampo dan kondisioner yang berbeda asalkan kandungan yang di sampo atau kondisioner memang yang diperlukan oleh kondisi rambutmu. Jadi misalnya kamu biasa menggunakan shampo yang dikhususkan untuk rambut rontok, pastikan kamu memakai kondisioner yang dikhususkan untuk rambut rontok.

  • Apakah pakai conditioner harus dibilas lagi?

Tergantung dengan jenis conditioner yang kamu pakai, jika kamu menggunakan kondisioner dengan jenis leave in condiitioner kamu tidak perlu membilasnya lagi, berbeda dengan kamu menggunakan kondisioner yang biasa, kamu tetap harus membilasnya dengan air bersih.

  • Apakah boleh menggunakan kondisioner setiap hari?

Kondisioner boleh dipakai setiap hari. Tapi sesuaikan dengan waktu kamu keramas ya bestie! Keseringan menggunakan kondisioner juga bisa membuat rambut terlihat lebih lepek.

Itu dia yang kamu harus ketahui mengenai perbedaan shampo dan conditioner yang kamu harus ketahui. Selain fun fact mengenai hair care Minpow juga banyak referensi hair style yang bisa kamu ikuti dan kamu bisa lihat selengkapnya disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!