Declip

Gambar 15 Cara Melembutkan Rambut Dengan Bahan Bahan Alami Untuk Rambut Lebih Sehat

15 Cara Melembutkan Rambut Dengan Bahan-Bahan Alami Untuk Rambut Lebih Sehat

Cara melembutkan rambut memang bisa dibilang tidak mudah, terkadang kamu harus mengeruk kocek untuk bisa perawatan melembutkan rambut di salon. Tapi kamu sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena kamu bisa melembutkan rambut sendiri secara alami.

Hasilnya juga tidak berbeda dengan kamu melakukan perawatan di salon. Daripada berlama-lama, simak cara melembutkan rambut dengan bahan alami agar rambut kamu terlihat lebih bernutrisi dan sehat yuk!

Cara Melembutkan Rambut Dengan Bahan Alami

1. Menggunakan Alpukat

Buah yang sering dimanfaatkan untuk melembutkan rambut salah satunya adalah buah alpukat. Alpukat mengandung lemak yang mampu memenuhi kebutuhan rambut dan berperan sebagai pelembap alami. Kandungan vitamin dalam buah ini juga menjadikan rambut sehat dan indah.

Cara menggunakan alpukat sebagai bahan melembutkan rambut yaitu dengan mengupas alpukat dan pisahkan bijinya. Blender daging buah sampai berbentuk seperti pasta. Lalu aplikasikan pada rambut, tunggu beberapa saat, bilas menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan ini secara teratur.

2. Minyak Zaitun

Minpow yakin kamu tahu bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga memiliki manfaat merawat rambut. Kandungan vitamin E dan mineral perlu untuk melembutkan rambut secara alami serta mencegah kerusakan rambut.

Cara menggunakannya kamu cukup oleskan minyak zaitun ke seluruh rambut dari permukaan rambut hingga ujung rambut, diamkan rambut selama 10 menit, lalu cuci rambut menggunakan sampo hingga bersih. Kamu bisa melakukan perawatan ini seminggu sekali.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung banyak nutrisi salah satunya dalam hal melembutkan rambut, nutrisi tersebut di antaranya Vitamin E dan Vitamin K, asam laurat, antimikroba yang berkhasiat untuk menjaga lembaapan rambut.

Cara melembutkan rambut dengan minyak kelapa adalah dengan usapkan minyak kelapa dari pangkal hingga ujung rambut. Pijat perlahan dan tunggu 10-15 menit lalu bilas menggunakan air dan sampo hingga bersih.

4. Kemiri

Sering mendengar bahwa minyak kemiri bagus untuk rambut? Memang faktanya kemiri bagus untuk rambut. Kandungan minyak didalamnya dapat memperindah dan menjaga kesehatan rambut. Manfaatnya untuk menghitamkan, menebalkan, dan melembutkan rambut secara alami.

Perawatan dengan kemiri sebagai pelembut rambut, oleskan minyak kemiri ke seluruh rambut, lakukan pijatan perlahan hingga kulit kepala, biarkan beberapa menit, dan kemudian bilas dengan air hingga bersih.

5. Lidah Buaya

Selain dipercaya untuk menyuburkan rambut, lidah buaya juga memiliki nutrisi untuk menjaga kelembapan dan melembutkan rambut secara alami. Perawatan dengan lidah buaya ini mampu menjadikan rambut tebal, sehat, dan lembut.

Cara penggunaannya yaitu dengan mengambil satu lidah buaya, pisahkan daging dan kulit luarnya, tumbuk kasar daging daun sehingga getahnya keluar, usapkan hasil tumbukan di seluruh bagian rambut, diamkan 30 menit atau semalaman, setelah itu cuci dengan sampo.

6. Adonan Yoghurt dan Telur

Campuran telur dan yoghurt cocok untuk perawatan rambut. Kombinasi keduanya sangat bagus untuk mengatasi kerusakan rambut seperti rambut bercabang, melembutkan secara alami,

Perawatan rambut dengan yoghurt dan telur adalah dengan campur satu butir telur dengan enam sendok yoghurt, aduk hingga tercampur rata, oleskan ke seluruh rambut, bungkus rambut menggunakan shower cap tunggu sekitar 10 menit, lalu bilas rambut dengan sampo hingga bersih.

7. Jeruk Nipis dan Lemon

Jeruk nipis atau lemon terkenal dengan kandungan Vitamin C yang tinggi membuat rambut menjadi lembut dan tampak lebih berkilau.

Langkah perawatannya adalah ambil dua atau tiga buah jeruk nipis, peras jerus nipis dan tambahkan 500-1000 ml air, gunakan air tersebut setelah keramas, diamkan selama beberapa saat, lalu bilas dengan sampo dan air bersih.

8. Mayonaise

Penggunaan mayonnaise sebagai bahan untuk melembutkan rambut secara alami adalah pilihan yang tepat. Manfaat yang paling besar dari mayonaise adalah menjaga kelembapan rambut, melindungi dari paparan sinar matahari atau bahan kimia, menjaga keseimbangan pH rambut, dan menutrisi rambut yang rusak.

Kamu hanya perlu usapkan mayonaise ke seluruh permukaan rambut, bungkus rambut menggunakan shower cap selama 30 – 60 menit, lalu bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo dan air bersih.

9. Teh Hijau

Selain membantu pertumbuhan rambut, menjadikan rambut lebih berkilau, dan melembutkan rambut. Cara menggunakan teh hijau untuk perawatan rambut adalah seduh the hijau celup atau 1 sendok makan the hijau kasar dengan segelas air panas.

Tunggu sampai hangat, kemudian tuangkan pada kulit kepala dan rambut, selanjutnya lakukan pemijatan selama 2-5 menit. Setelah itu bungkus rambut dengan handuk atau shower cap diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

10. Overnight Treatment Dengan Minyak Rambut

Menggunakan minyak rambut overnight treatment dengan melembutkan rambut. Misalnya minyak urang aring, minyak kelapa, atau minyak kemiri. Usapkan minyak pada rambut, lalu ikat rambut keatas, tapi saat mengikat keatas jangan terlalu kencang menguncirnya. Keesokan harinya, kamu bisa melakukan keramas rambut seperti biasa.

11. Menggunakan Pepaya

Mengandung banyak Vitamin A dan C yang penting untuk kesehatan rambutmu. Termasuk cara melembutkan rambut secara alami. Caranya dengan kupas papaya dan haluskan daging buahnya.

Setelah itu campur dengan yoghurt sebanyak kurang lebih ΒΌ gelas yogurt. Oleskan campuran masker dari pangkal hingga ujung rambut, tutup kepala dengan shower capdiamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

12. Cuka dan Minyak Gandum

Perpaduan nutrisi dari cuka dan minyak gandum bisa bermanfaat untuk menjaga kelembapan rambut, menutrisi rambut agar tetap sehat.

Cara menggunakannya, campur 100 ml gelas cuka apel dengaan satu sendok makan minyak gandum, oleskan campuran tersebut ke rambut, diamkan kurang lebih 10 menit agar meresap, setelah itu cuci kembali rambut hingga bersih.

13. Seledri

Bahan alami untuk melembutkan rambut selanjutnya adalah seledri. Mengandung nutrisi yang diperlukan rambut, seperti mineral, protein, antioksidan, vitamin, dan zat antimikroba yang membantu menghitamkan rambut, menyuburkan rambur, melembutkan rambut, dan mengatasi ketombe.

Siapkan lebih kurang 100 gram seledri, cuci bersih, rebus daun seledri sampai bagian daun tenggelam, pisahkan ampas daun dengan air rebusan, pisahkan daun dengan air rebusan, setelah air rebusan dingin tambahkan satu sendok cuka, ratakan air rebusan ke seluruh bagian rambut, diamkan beberapa menit sampai rambut mengering, lalu cuci rambut menggunakan air hingga bersih.

14. Minyak Jarak

Jika kamu mengalami banyak permasalahan rambut, kamu bisa menggunakan minyak jarak sebagai bahan alami untuk mengatasi permasalahannya. Manfaatnya adalah membuat rambut semakin kuat, lembut, dan mudah diatur.

Kandungan minyak jarak lainnya ialah omega 3 dan asam lemak yang baik untuk sumber nutrisi rambut serta mencegah kerontokan.

Cara menggunakannya kamu bisa menghangatkan minyak jarak, usapkan ke seluruh rambut, pijat perlahan kulit kepalamu, rapikan rambut, bungkus dengan kain hangat, diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu cuci rambut hingga bersih. Mudah banget kan?

15. Pisang

Bahan alami terakhir yang mampu melembutkan rambut secara alami. Berkat kandungan vitaminnya berguna untuk menjaga kelembapan, merawat rambut dari kerusakan, mencegah rambut kusam, dan mengatasi ketombe.

Cara memanfaatkannya, kamu cukup mengambil satu atau dua buah pisang, kupas bersih, haluskan daging buah pisang, ratakan adonan pisang ke seluruh permukaan rambut, diamkan selama 10-15 menit, terakhir bilas menggunakan air bersih.

Itu dia 15 bahan alami yang bisa kamu pakai untuk melembutkan rambut kamu. Tidak perlu perawatan yang mahal, kamu bisa menggunakan bahan yang alami untuk menjawab permasalahan rambut kamu. Terutama melembutkan rambutmu. Baca juga artikel mengenai rambut lainnya dengan klik disini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *