Declip

Gambar 15 Cara Menguatkan Akar Rambut Agar Tidak Rontok Bikin Rambut Makin Sehat

15 Cara Menguatkan Akar Rambut Agar Tidak Rontok, Bikin Rambut Makin Sehat

Kerontokan rambut merupakan sebuah masalah yang pasti sering dihadapi oleh para kaum perempuan. Biasanya penyebab utama rambut rontok misalnya kurang asupan gizi, perubahan hormon, efek samping obat, stress, faktor usia, dan termasuk kebiasaan buruk yang mungkin kamu sering lakukan.

Jika kamu memiliki masalahnya sekarang, tidak perlu khawatir, Minpow punya solusi cara menguatkan akar rambut agar tidak rontok. Simak bersama caranya yuk!

Cara Menguatkan Akar Rambut Agar Tidak Rontok

1. Gunakan Sisir yang Tepat

Hal kecil yang berdampak besar dalam urusan rambut. Jika kamu menggunakan sisir dan menyisir rambutmu terlalu keras, bisa memperparah kondisi rambutmu karena menjadi pemicu kerontokan rambut yang sangat tidak sehat. Kamu bisa menggunakan sisir dengan jenis detangle brush yang memiliki bristle lembut karena bisa mengurai kekusutan rambut setelah keramas.

Tidak hanya setelah keramas, kamu juga bisa menggunakan sisir detangle saat keadaan rambut yang kering. Untuk kamu yang memiliki rambut keriting, kamu bisa menggunakan sisir yang terbuat dari bambu untuk mengurangi rambut rontok.

2. Gunakan Karet Rambut yang Elastis

Rambut rontok juga kebanyakan dipengaruhi dengan bagaimana kamu styling rambut kamu. Salah satunya para kaum hawa sering sekali menguncir rambutnya dengan karet rambut. Nah, kamu harus memilih karet rambut yang elastis dan jangan terlalu kencang saat menguncir rambut.

Minpow sarankan kamu buat coba hair aksesoris dari DeClip nih, banyak variasinya yang bisa bikin style rambut kamu berbeda setiap harinya. Kamu juga bisa pilih aksesoris rambut favorit kamu mulai dari ikat rambut, jedai haircules mini, jeda haircules gigi 3 atau 5, besar atau kecil, dan jepitan lainnya dengan klik disini!

3. Selalu Memakai Conditioner

Cara menguatkan akar rambut selanjutnya adalah selalu memakai conditioner. Nah siapa nih yang masih suka skip step ini? Memakai conditioner adalah salah satu cara agar rambut kamu tidak rontok. Pastikan kamu memilih conditioner yang memang diperuntukkan untuk rambut rontok ya!

4. Melakukan Hair Creambath di Rumah

Bukan hanya menggunakan produk perawatan rambut saat mandi yaitu shampoo atau conditioner, tapi perlu juga untuk kamu melakukan hair creambath di rumah. Kamu bisa menggunakan hair mask yang dijual bebas di supermarket, atau kamu juga bisa menggunakan hair mask yang alami. Semuanya pasti membantu bukan hanya menutrisi rambut, tapi juga agar rambutmu terlihat lebih sehat.

5. Makan Makanan Sehat dan Bergizi

Cara menguatkan rambut agar tidak rontok tidak hanya dari luar dengan melakukan perawatan saja, tapi juga dari dalam. Perbanyak makan makanan sehat dan bergizi. Minpow sarankan kamu untuk makan makanan zat besi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan daging merah.

Jangan lupa kandungan protein juga. Karena protein menjadi zat pembentuk struktur rambut terbesar. Kamu bisa mengonsumsi telur, tuna, atau daging ayam karena terkenal dengan kandungan proteinnya yang sangat tinggi.

6. Memotong Model Rambut Pendek

Saat kondisi kulit kepala sedang lemah, semakin panjang rambut biasanya semakin besar juga beban yang ditopang oleh folikel. Dengan kamu mencoba memotong pendek rambutmu, kamu juga memberikan istirahat untuk rambut kamu untuk bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

7. Gunakan Hot Oil

Melakukan pijat kepala dengan hot oil juga bisa memperkuat akar rambut kamu dari kerontokkan. Kamu bisa menggunakkan beberapa jenis oil seperti minyak zaitun, camelia, hingga argan oil. Jika dilakukan secara rutin, rambutmu akan tumbuh lebih sehat, dan berkilau lho!

8. Gunakan Shampo Khusus Kulit Kepala

Rambut yang kuat dan tidak rontok tergantung dengan kulit kepala yang sehat dan kuat. Jika punya masalah kulit kepala, kamu harus memilih shampo yang dikhususkan untuk kulit kepala, dan jangan memilih yang dikhususkan untuk batang rambut. Karena kandungan yang kurang pas, malah bisa merusak kesehatan rambutmu.

9. Menggunakan Minyak Kelapa

Pasti kamu sudah tidak asing dengan khasiat dari minyak kelapa. Apapun kondisi rambut kamu seperti berminyak, rontok, atau berketombe, kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut. Tidak hanya rambut kamu yang terlihat lebih berkilau tapi juga rambut kamu akan jauh lebih ternutrisi.

10. Tidak Menggunakan styling tools terlalu panas

Menggunakan styling tools yang terlalu panas juga bisa membuat rambut kamu rontok. Jadi pastikan suhu styling tools yang kamu gunakan tidak terlalu tinggi suhunya. Saran Minpow, kamu harus menggunakan produk untuk heat protector sebelum styling rambut kamu.

11. Hindari Kandungan Sulfat Dalam Setiap Produk Rambut

Fun fact kandungan sulfat dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak. Jika kamu terus menggunakannya akan menimbulkan dampak buruk yaitu kulit kepalamu yang hilang kelembabannya, akar rambut melemah, dan akhirnya mudah rontok.

12. Melembapkan Kulit Kepala Dengan Vitamin

Cara menguatkan akar rambut selanjutnya adalah melembabkan kulit kepala dengan vitamin. Kamu bisa menggunakan serum rambut atau minyak alami. Bisa memakai minyak kelapa yang Minpow sudah jelaskan sebelumnya, atau kamu bisa menggunakan vitamin rambut.  Caranya kamu hanya oleskan vitamin rambut, atau minyak alami pada kulit kepala secara merata.

13. Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Siapa nih yang sering makan makanan seperti gorengan, jeroan, dan daging berlemak? Memang yang makanan yang berminyak itu lebih enak, tapi resikonya juga sangat tinggi. Salah satunya adalah menyumbat pori-pori kulit kepala sehingga rambut tidak memperoleh asupan nutrisi yang maksimal. Jadi pastikan kamu memperhatikan apa yang kamu makan ya!

14. Minum Banyak Air Putih

Minum air putih juga memiliki pengaruh besar agar kulit kepala mudah terhidrasi dan tidak kering. Minpow merekomendasikan kamu untuk meminum air 8 gelas sehari. Air dapat membantu sistem dalam tubuh bekerja lebih baik khususnya menumbuhkan rambut yang sehat.

15. Konsumsi Ginseng

Ginseng merupakan salah satu bahan alami yang bisa merangsang folikel rambut. Mengkonsumsi ginseng juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Jadi buat kamu yang punya permasalahan dengan kerontokkan rambut, wajib untuk coba mengkonsumsi ginseng ini.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Demikian 15 cara menguatkan akar rambut agar tidak rontok untuk kamu yang sekarang sedang bermasalah dengan rambut rontok. Cek artikel inspiratif dan menarik lainnya disini ya! Selamat mencoba cara ini!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *