Declip

Gambar 8 Cara Membedakan Produk Asli dan Palsu di Shopee

8 Cara Membedakan Produk Asli dan Palsu di Shopee

Kalau lagi iseng, tangan sering gatel buat belanja online? Atau belanja online jadi alternatif healing yang efektif? Duh! Hati-hati kalap, Bestie! Hati-hati juga nih, waktu kamu milih produk di e-commerce, pastiin kamu tahu cara membedakan produk asli dan palsu di Shopee.

Gimana cara membedakan produk asli dan palsu di Shopee? Nanti Minpow kasih tahu dulu, ya. Minpow mau ingetin kalau penipuan itu makin hari makin canggih dan kreatif caranya. Termasuk jualan barang palsu di online shop, salah satunya Shopee. 

Karena penipu makin jago, mau gak mau kamu juga harus makin terampil nih kalau lagi belanja online. Jangan sampe niat pengen beli produk asli, malah ketipu dapatnya barang yang palsu. Kan rugi banget. Nah, langsung aja yuk kita bahas cara membedakan produk asli dan palsu di Shopee! 

Cara Membedakan Produk Asli dan Palsu di Shopee

  • Cek Jenis Toko

Di Shopee tuh tiap toko ada labelnya masing-masing; mulai dari toko Shopee Mall, star, sampai yang reguler, alias biasa-biasa aja.

Tujuannya adalah buat ngasih tahu kamu kalau toko-toko yang reguler, bukan star atau shopee mall itu berpeluang ngejual barang palsu dan itu di luar tanggung jawab Shopee. 

Nah, supaya kamu enggak sampe salah beli, hal pertama yang harus kamu lakuin adalah cek jenis tokonya. Mau aman? Ya mending langsung beli di Shopee Mall meski biasanya lebih mahal dari biasanya. Itu untuk menghindari risiko. 

Kalau enggak, kamu juga bisa beli di toko-toko star, biasanya itu bisa direfund sama Shopee seandainya produknya bajakan.

Asalkan kamu mematuhi prosedurial yang diberlakukan sama Shopee. Paham ya soal cara membedakan produk asli dan palsu di Shopee yang pertama! 

BACA JUGA : Penting! Biasakan Cek Barcode Skincare Sebelum Membeli

  • Cek Komentar / Testimoni 

Cara membedakan produk asli dan palsu di Shopee  kedua adalah kepo! Udah paling bener deh kita cek komentar atau testimoni pembeli.

Meskipun ada sebagian toko yang bikin testimoni palsu, tapi kebanyakan komentar atau testimoni yang ada di toko itu bisa kamu percaya kok. Perhatiin tanggal posting, kira-kira ngacak gak? Atau berurutan dalam waktu dekat?

Kalau acak, kemungkinan itu testimoni atau komentar asli. Sementara kalau berurutan, kamu boleh curiga mungkin aja itu settingan si penjual. Karena tricky, kamu harus lebih teliti dalam membaca dan menyimak komentar serta testimoni yang dibuat, ya. 

  • Cek Produk 

Cara membedakan produk asli dan palsu di Shopee Ini hanya bisa kamu lakukan setelah barangnya kamu terima. Meski para penipu itu jago-jago, tapi biasanya ada aja yang mereka skip. Nah, tugas kamu adalah cek apa yang mereka skip di produk yang kamu terima.

Kalau terbukti palsu gimana, Minpow? Kamu gak usah khawatir. Karena kamu masih bisa tuker barangnya kalau setelah kamu cek terbukti produk palsu.

Caranya gimana? Videoin waktu kamu unboxing. Videoin pas kamu lagi buk barangnya, terus kamu zoom in juga informasi soal barang yang kamu terima.

Mulai dari nama produk yang kamu pesan, nama toko, dan informasi lainnya yang membuktikan kalau kamu beli produk itu dari toko yang sesuai di transaksi akun Shopee kamu.

Kalau kamu enggak video-in, biasanya dari pihak Shopee maupun penjual gak mau bertanggung jawab nih. 

  • Lacak Barcode 

Masih bahas lanjutan dari poin nomor 3, kamu harus tahu juga gimana cara ngecek keaslian produk melalui barcode yang tertera.

Iya, Minpow paham kalau kita bisa ngecek keaslian produk dari kualitas bahan, warna, logo dan lain-lain. Tapi, kadang ada pemalsu tuh yang jago banget loh. Bikin produk yang bener-bener keliatan kaya produk asli.

Terus, gimana kita bisa tahu kalau produk itu asli atau palsu, Minpow? Kamu bisa kunjungi website brand yang kamu beli, biasanya mereka nyediain kolom verifikasi keaslian produk.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Atau, kamu juga bisa cek di website BPOM seandainya yang kamu beli itu produk kosmetik. Move on ke cara membedakan produk asli dan palsu di Shopee selanjutnya, yuk!

  • Hubungi Teman

Ini udah kaya jalur kilat buat cari tahu kalau produk yang kita beli tuh asli atau enggak, sih. Yaitu hubungi teman.

Seandainya temen kamu punya barang yang sama dan udah teruji keasliannya, kalian bisa tinggal langsung bandingin aja dengan produk yang baru kamu beli.

Tapi, kalau temen kamu enggak punya barang yang sama dengan produk yang kamu beli, kamu bisa tanyain pendapat dia soal barang yang baru kamu beli.

Jangan cuma tanyain ke satu orang, ya. Tanyain ke beberapa orang sekaligus. Siapa tahu mereka bisa kasih masukan.

Itu dia cara-cara membedakan produk asli dan palsu di Shopee dari Minpow. Kalau udah paham semuanya, semoga abis ini kamu bisa belanja dengan tenang, ya!

Jangan lupa buat praktekin tiap tahapan yang Minpow sebutin di atas. Kalau ada yang kamu skip, biasanya pihak Shopee juga enggak bisa bantu.

Selain itu, Minpow juga udah kumpulin nih beberapa website yang bisa kamu kunjungi buat ngecek produk kamu tuh asli atau palsu. Apa aja? Ini dia:

Website Buat Ngecek Keaslian Produk

  • BPOM

Ini adalah situs resmi badan pengawas obat dan makanan. Skin care yang kamu beli juga keasliannya bisa dicek di situs ini.

Kamu tinggal masukin sederet angka yang ada di barcode produk skincare kamu buat tahu produknya asli apa palsu.

  • Cekori.com

Selain situs BPOM, kamu juga bisa cek keaslian produk di cekori.com. Karena, kadang kan yang perlu kamu cek itu bukan skincare. Buat produk non skincare, khususnya produk lokal, bisa kamu cek di situs ini, ya. 

  • Cek.adevnatural.com

Nah, kalau ini tuh situs luar yang bisa kamu pake buat cek keaslian produk. Terpercaya dan bisa kamu gunakan buat produk skin care dan non skincare.

Cuma sayangnya enggak semua brand terdaftar di situs ini. Kalau kamu gak nemu brand yang kamu beli di situs ini, kamu bisa coba cek di Acviss.com atau di Checkkitapp.com.

Udah tahu belum sih kamu kalau Shopee juga ngejalanin kerja sama dengan satu-satunya merk Jedai di Indonesia?

Bener banget! Jedai Haircules by DeClip punya Minpow ini dapat dukungan penuh dari Shopee, karena materialnya yang super strong bikin Shopee jadi sayang banget sama Minpow, sampai diajak kerja sama. Ya, gimana enggak strong, orang titisan dewa Hercules!

Sekuat apa sih, Minpow? Nih ya, Jedai Haircules Minpow tuh udah pernah digilas alphardnya Tasya Farasya tapi enggak patah. Pernah Minpow blender, pernah dimasukin ke es batu raksasa sama Raisa, pernah dilempar-lempar juga dari ketinggian 30 meter sama Patricia Gouw, tapi enggak ada yang bisa ngerusakin jedainya. Gak percaya? Buruan cek out dan buktiin sendiri sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!