Declip

Gambar Apa Perbedaan Face Wash dan Face Scrub Cek Penjelasannya

Apa Perbedaan Face Wash dan Face Scrub? Cek Penjelasannya!

Perbedaan Face Wash dan Face ScrubTiap habis beraktivitas, kamu wajib bersihkan wajah secara menyeluruh. Bukan cuma dengan mencucinya pakai air dan sabun, ya, melainkan ada tahapan khususnya.

Mulai dari cleanser, facial wash, sampai dengan scrub. Sebanyak itu? Iya. Apa saja perbedaannya?

Di artikel kali ini, Minpow akan membahas satu per satu perbedaan milk cleanser, face wash dan face scrub.

Tujuannya adalah supaya kamu dapat mengoptimalkan tahapan membersihkan wajah setelah beraktivitas, saat menghapus makeup, atau ketika bangun di pagi hari. 

7 Perbedaan Face Wash dan Face Scrub

Perbedaan Face Wash dan Face Scrub

  1. Bahan dan Kandungan

Hal mendasar yang paling terasa dan dapat terlihat waktu kita membahas perbedaan face wash dan face scrub adalah bahan dan kandungannya.

Bahan-bahan dan kandungan yang terdapat dalam facial wash di antaranya retinol, salicylic acid, ceramides, vitamin c, glycerin dan exfoliator. 

Sementara itu, kandungan yang terdapat pada facial scrub di antaranya lactic acid dan hydroxy acids. Selebihnya, biasanya kedua produk tersebut memiliki kandungan yang serupa. Hanya itu saja perbedaannya. 

  1. Tekstur

Karena kandungannya berbeda, otomatis hal tersebut akan memengaruhi tekstur. Perbedaan facial wash dan face scrub dapat diidentifikasikan melalui tekstur, tinggal kita raba.

Facial wash lebih lembut, sementara facial scrub terdapat butiran halus yang tidak larut meski terkena air.

Butiran halus tersebut yang kemudian dapat mengangkat sel kulit mati dan membuat wajah kita lebih sehat dan bersinar.

Sama dengan facial scrub untuk tubuh dan bagian tubuh lain, butiran halus ini akan selalu bisa kita rasakan terdapat pada scrub ketika kita raba. 

BACA JUGA : Terlengkap! Resep Scrub Wajah Alami untuk Kulit Kusam

  1. Aroma

Perbedaan selanjutnya bisa kita temukan di aroma. Sebetulnya, aroma keduanya tidak jauh berbeda. Baik face wash maupun face scrub tidak ada yang terlalu menyengat.

Tetapi, kalau kamu perhatiin, keduanya punya aroma yang berbeda. 

Aroma face wash aromanya sedikit mengandung obat-obatan, sementara aroma facial scrub lebih ringan.

Tapi Minpow tekankan kalau keduanya tidak ada yang beraroma terlalu menyengat. Kalau aromanya menyengat, justru kamu boleh curiga atau waspada. 

  1. Fungsi

Meski keduanya sama-sama bermanfaat untuk membersihkan wajah, tetapi fungsi face wash dan face scrub jelas berbeda.

Face wash digunakan untuk membersihkan wajah setelah berkegiatan, atau bangun tidur, sementara face scrub digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit.

Perbedaan fungsi berpengaruh pada perbedaan cara penggunaan. Kamu tidak bisa menyamarkan cara serta frekuensi penggunaan keduanya karena selain memengaruhi hasil, penggunaan yang keliru juga bisa berbahaya dan menimbulkan risiko.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

  1. Cara Penggunaan

Seperti apa cara penggunaan yang tepat? Untuk face wash, kamu bisa mengusap pelan di wajah yang berada dalam keadaan basah kemudian tinggal kamu bilas.

Sementara face scrub bisa kamu gunakan dengan cara menggosok perlahan, hingga kotoran di wajah terangkat. 

Saat menerapkan face scrub, kamu bisa menggunakan sponge atau brush khusus wajah.

Kedua alat tersebut dapat memudahkan proses pengangkatan sel kulit mati di wajah dengan lebih optimal, ketimbang kalau kamu hanya menggunakan jemari.

  1. Waktu Penggunaan

Satu hal yang tidak kalah penting dengan perbedaan lain adalah waktu penggunaan face wash dan face scrub.

Kalau face wash boleh kamu gunakan sehari dua kali, pada saat bangun tidur dan saat kembali ke rumah setelah beraktivitas seharian, face scrub hanya perlu kamu gunakan seminggu sekali. 

Penggunaan face scrub terlalu sering dapat menyebabkan kulit mengalami kekeringan ekstrem yang kemudian dapat mengganggu kelancaran pendistribusian nutrisi.

Karena itu, Minpow tekankan sekali lagi supaya tidak menggunakan face scrub terlalu sering untuk menghindari masalah kulit, ya.

  1. Hasil

Perbedaan face wash dan face scrub terakhir terletak pada hasil. Penggunaan kedua produk tersebut memberikan hasil yang berbeda.

Penggunaan face wash akan membersihkan kulit seketika dan mempersiapkan kulit untuk menerima skincare atau makeup selanjutnya. 

Sementara hasil dari face scrub akan memberikan kulit wajah yang mulus, bersih dan bersinar.

Karena masing-masing memberikan hasil yang berbeda, pastikan kamu rutin menggunakan keduanya sesuai dengan panduan, ya. Jangan sampai tertukar!

Mana yang harus kita utamakan? Face wash dulu atau face scrub dulu? Untuk pemakaian sehari-hari, kamu hanya perlu mengaplikasikan face wash saja.

Namun, saat mengaplikasikan face scrub, pada akhir pekan, misalnya, kamu sebaiknya menggunakan face scrub terlebih dahulu. 

Setelah menggosok pelan face scrub, kamu bilas menggunakan air bersih yang mengalir, baru bisa kamu lanjutkan dengan mengaplikasikan face wash.

Lap sampai kering baru kamu boleh mengaplikasikan skin care atau make up lainnya. 

Perbedaan dengan Milk Cleanser

Sama-sama pembersih wajah, ada lagi produk yang dikenal dengan istilah milk cleanser. Teksturnya biasanya lebih encer dan digunakan tanpa dibilas, melainkan dibersihkan dengan kapas. Sebetulnya, apa manfaat milk cleanser?

Milk cleanser dikhususkan untuk menghapus wajah dari makeup dan membersihkannya sampai ke akar kulit tanpa meninggalkan sisa make up di wajah yang dapat menjadi tempat berkembangnya kuman atau bakteri.

Jadi, kalau kita bahas tahapan, yang pertama harus diaplikasikan adalah; milk cleanser, baru facial wash. Kalau kita mau menggunakan face scrub, tahapannya jadi: milk cleanser – face scrub – face wash.

Itu dia segala hal yang kamu perlu ketahui mengenai pembersih wajah. Mulai dari face wash, face scrub, bahkan sampai ke milk cleanser.

Pastikan kamu mengaplikasikan masing-masing produk sesuai arahan sebab kalau tidak, kulit kamu bukan hanya akan menjadi bermasalah, tetapi juga akan menimbulkan kerusakan pada jaringan dalam waktu yang panjang. 

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!