Declip

Gambar Apa Saja Contoh Self Development Simak 5 Diantaranya

Apa Saja Contoh Self Development? Simak 5 Diantaranya

Sering insecure gara-gara lihat temen kamu si A udah bisa beli rumah, si B udah punya mobil, si C udah nikah? Minpow kasih tahu, ya, di atas langit tuh selalu bakal ada langit. Kalau bandingin diri kamu sama orang lain tuh gak bakal ada habisnya. Kalau mau bandingin tuh diri kamu yang sekarang sama yang sebelumnya, itu namanya contoh self development.

Pengertian Self Development

Nanti, Minpow bakal bahas macam-macam contoh self development. Tapi, sebelum itu, Minpow bakal bahas dulu makna dari self development itu sendiri.

Minpow kutip dari website https://thebookofsarah.com/, psikolog Albert Bandura bilang self development itu momen yang memberikan kita momen berintrospeksi sekaligus perjalanan menuju ketajaman kesadaran diri.

Kedua hal tersebut, kalau bisa diraih, pada akhirnya bisa memberikan rasa percaya diri yang optimal.

Inget, ya, rasa percaya diri tuh bukan berarti momen di mana kita disukai semua orang, tetapi kita enggak keberatan kalau orang enggak suka sama kita. 

Karena, akui deh, pada dasarnya kan kita semua itu emang beragam, ya. Beda-beda. Jadi, wajar banget kalau kita gak bisa bikin semua orang suka sama kita.

Kita juga enggak mesti suka sama semua orang kok. Yang kita sama-sama perlu lakuin adalah menghormati satu sama lain. Jadi, meski kita gak suka sama seseorang, kita wajib menghormati mereka. 

Kok gitu Min? Simple, karena kita pun pengen kan dihormati? Lebih dari sekedar pengen dan ga pengen, sebenernya kita juga butuh dihormati. Kebutuhan dihormati itu berkaitan dengan validasi kelayakan diri.

Jadi, kalau kita diperlakukan secara enggak terhormat, kita jadi merasa kalau diri kita gak berharga.

Paham bahwa kelayakan diri kita enggak berhubungan dengan gimana cara orang menghormati kita itu juga salah satu bentuk dan contoh self development.

Supaya kamu lebih paham apa aja contoh self development, Minpow bahas satu-satu, ya. 

Contoh-contoh Self Development 

1. Membangun Mindset yang Berkembang

Contoh self development yang pertama adalah adanya kemauan untuk membangun pola pikir yang aktif, solutif, dan mengembangkan perspektif yang lebih luas.

Salah satu ciri kita membangun mindset yang berkembang adalah kita enggak memandang kesalahan sebagai kegagalan.

Tantangan juga bukan sesuatu yang menakutkan bagi kita.

Buat kita-kita yang pikirannya berkembang, kita akan memandang tantangan, kegagalan, kesulitan dan semua hal seputar itu sebagai bagian dari perjalanan yang mau enggak mau harus kita lewatin. Bukannya malah kita skip.

2. Berpikir Seperti Pengusaha

Ini Minpow engga lagi nyuruh kamu buat jadi wirausaha, ya, meski kalau kamu mau ya silakan.

Tapi, Minpow masukin teknik berpikir seperti usaha sebagai salah satu contoh self development karena para pengusaha itu selalu berpikir tentang inovasi.

Selain itu, mereka juga bisa meyakinkan orang-orang kalau produk atau jasa yang mereka tawarkan itu memang layak untuk dibeli.

Nah, kemampuan-kemampuan kaya gitu yang Minpow saranin kamu buat fokusin, karena itu juga merupakan contoh self development. 

3. Kendaliin Diri

Sering anxious dan overthink? Salah satu contoh development adalah kebiasaan mengendalikan diri yang baik. Karena pada dasarnya, kita semua bisa aja merasa gelisah, panik dan khawatir.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Salah satu contoh self development adalah kemampuan kita mengendalikan diri. Jadi pas lagi ada masalah, kita jadi enggak terlalu freak out gitu. Bisa mengendalikan diri kitanya. 

Setiap kita menemukan masalah, coba tenangin diri dulu. Jangan langsung panik dan bereaksi berlebihan.

Kalau tenang, percaya deh sama Minpow, masalah kamu juga bakal bisa teratasi dengan solusi yang paling efektif dan efisien. 

4. Hati-hati sama Toxic Positivity 

Ada kan orang di sekitar kamu yang gak bolehin kamu galau? Yang selalu bilang sama kamu buat positive thinking? Nah, kalau ada, kamu kudu hati-hati tuh, mending kamu gak usah dengerin!

Karena sebagai manusia, buat ngerasain galau dan sedih tuh wajar banget. Justru mesti kita rasain dan resapin. 

Orang-orang yang punya kecenderungan toxic positivity tuh bisa siapa aja loh, bisa dosen atau guru kita, bisa orang tua kita sendiri, bisa sahabat yang sayang banget sama kita, bisa pacar sendiri.

Nah, kadang kita ngerasa gak enak tahu buat nggak dengerin nasihat mereka buat kita. Akhirnya, kita jadi iya-iya aja.

Nah, orang kaya gitu tuh termasuk punya toxic positivity, karena dia enggak membiarkan hal-hal yang negative dan toxic untuk kita terima dan kita alami.

Meski kesannya baik, hati-hati, ya! Jangan sampai kamu iya-iya aja dengan kebiasaan toxic positivity ini. 

5. Mindful 

Ini ada kaitannya dengan poin nomor 3 tadi nih. Mindful itu artinya pilihan kita untuk berada di momen saat ini;

itu artinya kita juga ngehirup udara dengan sadar, kita memperhatikan detak jantung sendiri, memperhatikan keberadaan angin yang segar dan mengelilingi kita, meraba kulit tangan dan tubuh kita sendiri.

Apa sih pentingnya untuk menjadi mindful, Minpow? Kenapa kita harus berada di momen saat ini?

Tujuannya adalah supaya kita enggak overthink, supaya kita berhenti khawatirin soal apa yang bisa terjadi di masa depan. Supaya pikiran kita enggak kemana-mana. 

Mindfulness ini enggak terjadi secara instan, melainkan perlu latihan. Kalau sekali dua kali pas kita lagi belajar soal mindfulness kita masih gagal dan kedistraksi, itu wajar banget.

Semakin sering kita latihan, kita bakal semakin terbiasa dan semakin menguasai tekniknya kok. 

Itu dia contoh-contoh self development yang bisa Minpow bagiin buat kamu. Inget, ya, self development tuh bukan pencapaian yang bisa kamu raih dengan instan.

Melainkan perlu waktu, proses dan perjuangan yang enggak mulus. Wajar kalau beberapa kali kamu gagal dan terdistraksi, selama kamu tetep fokus sama apa yang bisa kamu perbaiki terus. 

Tapi kalau kamu mau perbaiki rambut yang kusut berantakan, Minpow punya nih cara yang jitu dan efektif buat nanganin masalah itu dalam sekejap, yaitu pakai Jedai Haircules by DeClip.id. Jedai yang merupakan titisan dewa Hercules ini udah terbukti kekuatannya. 

Udah pernah digilas sama Tasya Farasya pakai Alphard, terus kak Yaya alias Raisa juga pernah masukin jedainya ke dalam es batu raksasa, waktu kirim ke Patricia Gouw juga Minpow kirimnya pakai drone dan lempar jedainya dari ketinggian 30 meter. Apa sampai hancur? Enggak, tuh! Ajaib, kan?

Makannya, buktiin sendiri aja kalau kamu enggak percaya! Cek deh catalog Minpow di website ini dan pilih warna favorit kamu. Total tuh ada  35 warna, ditambah 4 warna glitter yang lebih mevvah, buat kamu pake ke special occasion kaya kondangan, wisudaan dan acara lainnya yang ngeharusin kamu pake sesuatu yang bling-bling. Yuk, check out sekarang! Ajakin juga temen-temen kamu se-geng dan OOTD barengan, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!