Declip

Gambar Kenali 10 Contoh Verbal Abuse yang Jarang Disadari

Kenali 10 Contoh Verbal Abuse yang Jarang Disadari

Contoh Verbal Abuse – Declip.id | Minpow harap kalian udah pada tahu ya kalau kekerasan tuh enggak cuma sebatas di kekerasan fisik doang, tapi ada juga kekerasan yang menyerang mental, salah satunya adalah verbal abuse.

Verbal abuse adalah kekerasan mental yang dilakukan menggunakan kata-kata, baik secara lisan mau pun tulisan.

Verbal abuse tuh bisa terjadi sama siapa aja dan di mana aja. Bisa terjadi di rumah, sekolah, kampus atau kantor. Gak memandang jenis kelamin mau pun usia.

Parahnya, banyak juga verbal abuse yang terjadi dengan smooth, jadi enggak disadari oleh si korban mau pun orang di sekitarnya. 

Supaya ke depannya kita bisa deteksi verbal abuse, meski smooth, Minpow kasih tahu contoh-contoh verbal abuse, ya, biar kamu juga makin familiar.

Langsung aja, yuk, kita bahas apa aja sih kira-kira contoh verbal abuse itu? Ini dia:

10 Contoh Verbal Abuse 

1. “Kamu tuh gak bakal paham, orang kamu bego.”

‘Bego’ di kalimat itu seriiiing banget dijadiin jokes sama orang-orang di sekitar kita. Sebetulnya, kata begot uh termasuk jokes yang lemah, dangkal, dan enggak sensitif.

Masih banyak banget jokes yang bisa kita pake buat bercandaan bareng temen-temen, tanpa harus merendahkan pihak tertentu. 

Bahayanya lagi nih ya, kata sifat yang sering kita pake buat ngasih sebutan ke temen itu kalau dipake berulang bisa jadi sugesti.

Contohnya bego tadi, kalau kamu pake terus-terusan, temen kamu bisa ke-sugesti jadi bego beneran. Dia bakal ngerasa dirinya bego meski sebenernya enggak. Serem, kan? Yuk, mulai sekarang bijak milih jokes!

2. “Gue jelasin lebih sederhana, deh, biar orang kaya lo aja bisa paham.”

Perhatiin deh, istilah ‘biar orang kaya lo aja bisa paham’. Maksudnya orang kaya gimana? Apa sebutan buat orang-orang yang sulit buat memahami sesuatu?

Nah, ini tuh sebenernya poin yang mirip dengan poin pertama, bedanya dia enggak disebutin secara gamblang aja kata sifatnya. 

Meski enggak ada kata sifat yang nyakitin, tapi kalimat kaya gini tuh nyakitin juga loh. Bahkan bisa lebih nyakitin karena ngerendahin banget sebenernya. Bedanya, dia tuh enggak terlalu straight forward aja. 

3. “Lo bisanya apa, sih?”

Wow, ini kalimat singkat, padat dan kejam. Dalam kalimat yang bisa diselesaikan kurang dari 5 detik, seseorang yang dapat pertanyaan ini bisa auto minder.

Bayangin aja, ketika kamu ditanya kemampuanmu apa, kira-kira reaksimu gimana coba? 

Karena, meski singkat, pertanyaan di atas tuh mengindikasikan bahwa kita lagi disepelein, seolah-olah gak berguna, gak punya kemampuan dan lain sebagainya dan lain sebagainya.

Minpow pas lagi nulis ini aja langsung  patah hati. 

4. “Bayangin deh, kalau gak ada gue, lo mau jadi apa?”

Ini sebenernya pernyataan dan pertanyaan yang meninggikan dirinya sendiri dan ngejatuhin si lawan bicaranya.

Melalui kalimat ini, kita juga disuruh nginget-nginget lagi semua jasa yang udah dia kasih buat kita, sekaligus kehadirannya di hidup kita yang udah ngasih banyak banget manfaat. 

Tapi, caranya nyampein hal itu tuh kasar dan kejam banget, dan itu termasuk contoh verbal abuse.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Meski enggak ada ngelibatin penyerangan fisik, satu kalimat gini aja bisa bikin seseorang punya mental breakdown loh. Jangan nganggep remeh lagi urusan beginian, ya!

5. “Katanya sayang, kok gak mau?”

Pernah gak sih orang yang kamu suka, alias gebetan, atau pacar, minta kamu ngelakuin sesuatu buat mereka, dengan embel-embel, “katanya sayang-” .

Dengan nambahin embel-embel sayang, sebagai permohonan pembuktian dari kita, itu adalah permohonan yang mengandung contoh verbal abuse. 

Tapi kasus kaya gini tuh agak sulit sebenernya, karena kan kalimat kaya gini tuh pasti cuma diucapin dalam hubungan pacaran.

Contoh verbal abuse ini dibalut dengan kemesraan, dengan cinta, kasih sayang, akhirnya jadi gak kelihatan lagi. Tapi inget loh, gak kelihatan bukan berarti gak ada.

6. “Gue terpaksa ngajak ribut karena lo bikin emosi mulu.”

Ngeh gak sih kamu kalau dalam kalimat ini, yang disalahin tuh si lawan bicaranya? Seolah-olah perseturuan itu gak bakal ada dan terjadi kalau si lawan bicara juga gak berulah.

Padahal, sebagian besar masalah ya biasanya dipicu oleh kedua belah pihak doang (meski ada juga yang pemicunya sepihak).

Di luar itu, pernyataan ini bahaya banget karena ada salah satu pihak yang disalahin.

Dan itu tuh gak adil, masuknya ke contoh verbal abuse. Kalau ini sampai terjadi sama kamu, kamu harus berani stand up ya, jangan diem aja. 

7. “Kenapa gak mau kasihin HP kalau emang gak ada apa-apa?”

Inget! Tiap orang punya privasi. Sekali pun pasangan, gak ada seorang pun yang boleh maksa kamu buat longgarin privasi.

Contoh verbal abuse satu ini tuh bukan cuma mengandung paksaan, tapi juga mengandung tuduhan, manipulasi, sekaligus gas lighting (kita bahas soal gas lighting di artikel yang lain ya.)

8. Gaslighting : “Lebay, deh.”

Gaslighting tuh kamu udah digas duluan sebelum kamu nyampein uneg-uneg, perasaan atau pikiran. Jadi, kamu gak berasa didengerin.

Bahkan kamu gak bakal berasa ditanggapi, which is itu tuh bisa bahaya banget. Statement ‘Lebay deh,’ bikin emosimu jadi enggak tersalurkan.

Karena kamu dilarang untuk merasakan emosi tertentu dengan langsung dilabel lebay.

9. …………….

Init uh maksudnya kamu dicuekin, alias silent treatment. Gak ada penjelasan, gak ada pernyataan kalau dia butuh waktu sendiri, ga ada berita apa-apa.

Kamu tiba-tiba dicuekin pas kalian berdua sebenernya lagi ada masalah dan butuh ngobrol. Ooppppssss!

Nah, ini juga termasuk contoh verbal abuse loh! Meski gak ada katak-kata yang keluar, absensi kata-kata itu juga bisa nyerang mental dan bikin down.

Karena, si lawan bicara jadi mempertanyakan apa yang sebenernya terjadi. Lebih parah dari itu, si lawan bicara bisa aja jadi mempertanyakan kualifikasi dirinya. 

10. “Awas aja kalo lo ngadu.”

Udah jelas, ya? Ancaman kaya gini tuh jelas termasuk contoh verbal abuse. Bikin kita jadi memilih buat bungkam dan enggak berdaya, saat sebenernya kita bisa melawan dan menuntut keadilan. 

Bahasan kita kali ini lumayan dalem banget ya Bund… Inhale exhale yuk dan jadiin artikel soal contoh verbal abuse ini jadi panduan kamu supaya punya hubungan lebih baik dan sehat dengan orang di sekitar kamu.

Minpow juga gak bosen buat ngingetin kamu pakai Jedai Haircules by DeClip yang merupakan titisan dewa Hercules.

Maksudnya titisan dewa Hecules tuh apa, sih? Sakti! Udah digilas Alphard, diblender, dilempar dari ketinggian 30 meter, digilas motor bebek pas lagi tarik tiga, dibekuin di es batu raksasa dan dimasukin microwave ini Jedai Haircules tetep bertahan dan gak kegores sama sekali. Di Catalog Minpow kamu bisa intipin 39 warna jedai yang bisa kamu sesuaikan dengan penampilan sehari-hari.

Ke-39 warna jedai itu ada yang gigi 3 dan gigi 5, mulai dari 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Buruan check out sekarang, ajakin temen-temen kamu se-geng biar jedai kalian samaan semua. Udah gitu bikin OOTD barengan dan upload ke IG. Jangan lupa tag Minpow yaaaa!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!