Declip

Gambar Ini Jenis Jenis Ketombe yang Berbahaya Gini Mengatasinya

Ini Jenis-Jenis Ketombe yang Berbahaya, Gini Mengatasinya!

Kamu sering garuk-garuk kepala? Kirain lagi salting, tapi ternyata emang kamu… ketombean. Salah satu indikasi kalau kamu ketombean memang sering garuk-garuk kepala. Apa lagi? Pernah denger gak sih kamu jenis ketombe yang berbahaya? Cari tahu, yuk!

Pengertian Ketombe

Sebelum kita bahas jenis-jenis ketombe yang berbahaya, Minpow bakal ingetin kamu lagi soal definisi ketombe.

Jadi, ketombe adalah kotoran yang ada di kulit kepala kita yang terbentuk dari sel-sel kulit mati yang enggak dibersihkan dengan baik.

Sel-sel kulit mati itu datangnya dari mana? Banyak penyebabnya, Minpow jabarkan satu-satu, ya.

Penyebab Ketombe

1. Kulit Kepala Terlalu Kering

Waktu kulit kepala kita terlalu kering (bisa karena cuaca, AC, terik matahari) akhirnya kulit kepala kita jadi rontok dan mengelupas, lalu kemudian dia berubah jadi ketombe.

Untuk menghindari permasalahan itu, sebaiknya kamu jaga kelembaban di rambut dan kulit kepala kamu. 

Meski menjaga kelembaban, jangan sampai kamu juga ngebiarin rambut atau dalam keadaan berminyak, ya.

Karena itu juga bahaya dan bisa menyebabkan ketombe. Kok serba salah sih Minpow? Memang iya. Gimana ceritanya kok rambut berminyak juga bisa bikin berminyak? Bakal Minpow jelasin di point selanjutnya. 

2. Kulit Kepala Berminyak

Kulit kepala yang berminyak bikin debu, polusi dan kotoran lainnya nempel di kulit kepala. Makannya, kulit kepala yang berminyak itu berpotensi banget menyebabkan ketombe.

Solusinya gimana sih Minpow biar kulit kepala enggak berminyak? Harus rajin keramas!

Meski idealnya keramas tuh seminggu 3-2 kali, tapi  kalau kulit kepala kamu cepat berminyak, gak papa kok kalau kamu mau keramas tiap hari. Asal diimbangi aja dengan serum secukupnya.

Setelah minyak di kulit kepala kamu berangsur kurang, baru deh kamu bisa kurangi jadwal keramasmu jadi 3-2 kali seminggu, gak usah tiap hari.

3. Infeksi Jamur 

Jamur juga bisa loh nimbulin ketombe di kepala. Lebih parahnya lagi, jamur ini bisa ada di mana aja; di sisir, di bantal, di topi, di mana aja yang bersentuhan langsung dengan kepala kamu.

Seandainya objek yang bersentuhan dengan kepala kamu tadi mengandung jamur Malassezia Globosa, otomatis kamu bakal tertular. 

Meski enggak ada rasa sakit atau pengaruh lain yang fatal waktu kita tertular jamur ini, tapi rasa gatal yang dihasilin juga bisa ganggu banget loh.

Makannya, segera cari bantuan atau hubungi dokter kamu, ya. Ini termasuk ke dalam jenis ketombe yang berbahaya soalnya.

4. Bilas Masih Kotor

Hayo, siapa yang waktu keramas, conditioner-an, atau pake masker rambut bilasnya gak bersih?

Tahu gak kamu kalau produk kecantikan rambut yang dibilas gak bersih juga berpeluang buat jadi ketombe loh. Kok bisa sih, Minpow? Gimana penjelasan medisnya?

Karena produk yang enggak bener-bener dibilas sampai bersih tuh bakal mengendap lebih lama di kulit kepala dan mengering.

Makannya, lama-lama, kalau kamu bilasnya gak bersih itu malah bisa jadi ketombe. Yuk, mulai sekarang pastiin kita cuci rambut kita sampai pastiin enggak ada sisa produk di kulit kepala. 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

5. Stress

Lagi-lagi masalah psikis yang nimbulin gangguan fisik. Ketombe, yang mungkin sekilas sepele, ternyata bisa jadi sangat mengganggu.

Bukan cuma ganggu penampilan, tapi juga kesehatan kamu. Coba, siapa yang menyangka kalau hal kaya gitu bisa diakibatkan dari stress?

Stress tuh bukan cuma bisa nimbulin ketombe, tapi masih banyak banget penyakit lainnya yang diakibatkan sama stress, mulai dari darah tinggi sampai asam lambung.

Sampe sini, kebayang gak kamu pentingnya ngejaga kesehatan mental? 

Setelah kamu tahu penyebab ketombe, selanjutnya kita cari tahu jenis-jenis ketombe yang berbahaya, yuk.

Supaya kamu juga tanggap waktu mulai keliatan muncul serbuk putih yang ganggu penampilan itu. Apa aja? Ini dia: 

Jenis-Jenis Ketombe yang Berbahaya

1. Ketombe Basah

Jenis ketombe yang berbahaya pertama adalah ketombe basah. Ini tuh ketombe yang muncul akibat minyak di kulit kepala kita tadi.

Ada salah satu kelenjar di kepala kita, namanya kelenjar sebasea, dia tuh kadang bisa memproduksi minyak berlebih. Bisa karena hormon atau karena tingkat stress. 

Cara menanganinya udah Minpow kasih tahu sebelumnya, ya, dengan keramas lebih sering dan jangan lupa pakai serum biar enggak kering.

Kenapa dianggap berbahaya? Karena dia bisa bikin gatal dan kalau kita garuk terus-terusan kulit kepala kita bisa jadi terluka. 

2. Ketombe Jamur

Nah, ini tuh lanjutan dari kondisi yang ada di nomor satu. Udah lembab, berminyak, terus muncul ketombe basah, kalau kamu biarin dan enggak kamu atasi, selanjutnya dia tuh bakal muncul ketombe jamur (which is lebih berbahaya lagi) dan itu tuh masuknya ke dalam jenis ketombe yang berbahaya loh.

Kalau udah di tahap ini, kamu mungkin perlu effort lebih dan waktu yang lebih lama untuk bisa memulihkan rambut kamu ke kondisi semula.

Butuh perawatan intensif yang perlu kamu jalanin dengan disiplin. Kalau enggak, bisa betah deh tuh ketombe lama-lama diem di kepala kamu. 

3. Ketombe Penyakit Kulit

Ini bahaya banget karena yang bermasalah tuh udah bukan lagi gaya hidup atau kamu yang bilas gak bersih. Ada kulit kepala tertentu yang punya kelainan di kulitnya dan ujung-ujungnya dia jadi ketombe juga.

Apa sih contohnya penyakit kulit yang bisa nyerang kepala? Sampe-sampe masuk ke dalam jenis ketombe yang berbahaya loh. Simak nih:

Salah satunya adalah psoriasis, dia tuh penyakit yang bikin sel-sel di kulit kepala jadi lebih aktif dan otomatis sel kulit mati juga bertambah drastis.

Ujung-ujungnya, sel-sel kulit mati itu bertebaran dan berubah jadi ketombe yang ngotorin kulit kepala kita. 

4. Ketombe Limbah

Pernah gak sih kamu pakai dry shampoo, atau pakai hairspray, terus kamu ngerasa kalau setelahnya tuh rambut kamu jadi super gatel?

Itu tuh akibat ketombe limbah, alias bekas atau sisa-sisa hair spray dan dry shampoo yang kemudian jadi limbah di kepala yang harus buru-buru kamu atasi karena dia tuh termasuk jenis ketombe yang berbahaya.

Bahaya gak sih ketombe limbah tuh? Kalau dibiarin ya bahaya banget. Akhirnya bisa jadi penyakit-penyakit lebih serius yang udah Minpow jelasin di atas.

Gak mau kan kalau semua itu sampe kejadian? Makannya, Minpow gak bakal capek ngingetin kamu buat ngejaga kesehatan rambut dengan rajin keramas dan menggunakan serum. 

Itu dia jenis- jenis ketombe yang berbahaya yang sebaiknya kamu waspadai dan segera kamu atasi kalau hal tersebut pernah menimpa kamu.

Kalau udah terbebas dari ketombe, selanjutnya kamu tinggal jaha rambut kamu biar selalu tertata rapi dan jangan sampai kusut, satu-satunya cara dan alat yang bisa kamu pake adalah Jedai Haircules Ori by DeClip. 

Total ada 35 warna ditambah 4 warna glitter, jedai Haircules yang disebut-sebut merupakan titisan dewa Hercules tuh pernah coba digilas alphardnya tasya farasya dan gak papa loh! Sama Raisa juga pernah dimasukin ke dalam es batu raksasa dan masih bisa dipake. Mau kamu uji gimana kekuatan si jedai haircules by declip ini? Check out sekarang, yuk!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!