Declip

logo final declip

Waspada! Ternyata 5 Penyebab Rambut Keriting ini Bisa Bikin Rambut Berantakan!

Gambar Waspada Ternyata 5 Penyebab Rambut Keriting ini Bisa Bikin Rambut Berantakan

Penyebab Rambut Keriting – Bestie, kamu pernah gak sih mengalami rambut yang tadinya lurus dan teratur riba-tiba ada bagian yang menjadi keriting sebagian? Banyak wanita yang menemui perubahan ini tanpa mengetahui penyebab kenapa rambutnya bisa berubah.

Pastinya kondisi ini membuat orang menjadi kurang percaya diri bukan? Untuk kamu yang memiliki kondisi yang sama, Minpow akan mengupas semua hal tentang kemunculan dari si rambut keriting ini! Yuk simak bersama!

Ciri-ciri Rambut Keriting Sebagian

Sebenarnya munculnya rambut keriting bukan hal yang buruk, dan banyak orang yang menginginkan rambut keriting atau bergelombang karena dianggap lebih memiliki volume. Tapi nyatanya kemunculan rambut keriting ini sendiri sering menjadi permasalahan karena tumbuhnya yang kurang rata. Agar lebih paham Minpow akan menyebutkan ciri-ciri rambut keriting selengkapnya!

  • Rambut keriting di bagian akar dan tumbuh keriting ke bawah
  • Rambut keriting sebagian dan tidak merata
  • Rambut keriting di bagian akar dan tumbuh lurus ke bawah

Ketiga kondisi ini menyulitkan para kaum wanita saat styling rambut. Setuju gak nih bestie? Biasanya cara mengatasinya kamu harus mengetahui sebenarnya penyebab dari munculnya rambut keriting ini apa sih. Setelah kamu tahu penyebabnya, baru kamu akan tahu bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Rambut Keriting

1. Terlalu sering terpapar panas dan suhu tinggi

Rambut pasti tidak jauh dengan styling dengan hot styling tools seperti catokan atau curling wands. Hal ini dengan mudah membuat rambut lebih keriting.

BACA JUGA:  Cari Tahu 5 Posisi Tidur Setelah Smoothing Anti Gagal

Heat damage atau kerusakan akibat suhu tinggi bisa terjadi karena panas mulai melubangi lapisan rambut. Suhu tinggi juga secara langsung menyerap seluruh kadar air pada helai rambut. Sedangkan kamu harus mengimbangkannya dengan melembapkan rambut.

2. Rambut kering dan kurang lembap

Jika kondisi rambut sudah mulai kering, maka kulit kepala juga lebih sedikit dalam memproduksi minyak alami dari kulit kepala. Akibatnya kadar air dalam rambut berkurang, hal ini juga bisa menjadi penyebab rambut keriting karena dehidrasi.

Rambut kering juga bisa diakibatkan karena perubahan cuaca. Misalnya cuaca yang dingin yang kurang kelembapan, akibatnya kadar air dari rambut menjadi turut kurang dan menjadi penyebab rambut sebagian kering.

3. Menggunakan perawatan dengan bahan kimia yang cukup keras

Walaupun produk perawatan rambut dianggap bagus untuk memperbaiki kerusakan rambut, tapi banyak kandungan kimia yang justru menambah parah kondisi rambut dan mulai bermunculan beberapa helai rambut keriting.

Produk perawatan rambut untuk rambut berwarna atau meluruskan rambut bisa membuat rambut kering dan menjadi salah satu alasan kenapa rambut mengeriting.

Bukan hanya produk perawatan rambut saja, tapi kamu juga harus memperhatikan produk yang kamu biasa gunakan seperti sampo dan kondisioner. Karena kedua produk tersebut juga kadang mengandung bahan kimia yang mampu merusak rambut.

4. Faktor genetik

Hal yang paling utama dalam pertumbuhan rambut adalah faktor genetik. Faktor ini menentukan bentuk folikel rambut sehingga hasilnya bisa berbeda dari satu orang ke orang lain.  Kalau kamu masih asing dengan bentuk folikel, folikel rambut berbentuk tebal dan bulat, maka asam amino akan berjarak lebih jauh sehingga rambut yang tumbuh lebih lurus.

Berbeda nih kalo folikel rambut rata dan tipis, biasanya komposisinya lebih saling mengikat dan rambut tumbuh menjadi lebih keriting. Jadi kalau kamu melihat orang tuamu memiliki rambut yang lebih keriting, kemungkinan itu penyebabnya kenapa kamu juga memiliki beberapa helai rambut yang keriting.

BACA JUGA:  Mau Rambut Lebih Berkilau dan Halus? Simak 8 Cara Mengatasi Rambut Kaku dan Kering

5. Faktor hormonal

Selanjutnya adalah faktor hormonal. Apalagi untuk para wanita, rasanya faktor hormonal bisa mempengaruhi cara kerja dan berkembangnya tubuh. Mulai dari tekstur kulit, turun atau naiknya berat badan, sampai pertumbuhan rambut keriting. Beberapa hormon yang biasanya mempengaruhi pertumbuhan rambut keriting ini diantaranya androgen, thyroxine, dan insulin.

Tips Mengatasi Rambut Keriting

Setelah kamu tahu beberapa penyebab mengapa rambut bisa keriting, Minpow mau bahas beberapa tips untuk mengatasi rambut keriting, simak bersama yuk!

1. Mengoleskan kondisioner

Siapa nih yang masih skip menggunakan kondisioner? Kalau kamu ingin mengatasi rambut yang keriting, wajib untuk menggunakannya. Karena kandungan sampo yang memang ditujukan untuk membersihkan sebum di rambut, keramas bisa membuat rambut kering, sehingga pastikan kamu menggunakan kondisioner setelah keramas.

2. Mengoleskan minyak rambut dan serum rambut

Seperti yang Minpow sudah bahas diawal, rambut kering biasanya menjadi penyebab utama kenapa rambut bisa tumbuh keriting. Jadi pastikan kamu mengoleskan minyak rambut dan serum rambut untuk membantu rambut lebih terhidrasi dengan baik.

Minpow sarankan kamu untuk menggunakan minyak rambut atau serum rambut yang memang mengandung minyak alami didalamnya. Hal ini juga bisa membantu membuat kulit kepala semakin sehat dan berperan sebagai pelumnas untuk setiap helai rambutnya.

3. Selalu menjaga kadar hidrasi rambut

Selain menggunakan kondisioner, cara yang paling ampuh untuk menghidrasi rambut adalah dengan menggunakan hairmask. Pilih hair mask yang memiliki kandungan yang cocok untuk rambut rusak, kering, dan patah. Minpow sarankan kamu bisa menggunakan hair mask yang memiliki kandungan keratin dan vitamin bestie!

Itu dia semua hal yang perlu kamu ketahui mengenai penyebab rambut keriting. Jadi kalau kamu memiliki beberapa bagian rambut yang mulai mengeriting jangan khawatir bestie, kamu bisa mencoba beberapa cara yang Minpow singgung diawal. Selain ini, Minpow masih banyak hacks mengenai hairstyle atau haircare yang bisa kamu coba selengkapnya disini!

BACA JUGA:  7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Jika Ingin Mewarnai Rambut Dengan Warna Silver

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!