Declip

Gambar 10 Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita yang Wajib Punya

10 Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita yang Wajib Punya

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita – Kamu ada rencana naik gunung dalam waktu dekat? Waaah, have fun! Inget, meski kesannya seru dan menantang, naik gunung tuh persiapannya banyak banget loh.

Kamu gak bisa cuma sat set sat set terus sampe di atas gunung. Bukan cuma persiapan fisik, waktu naik gunung, kamu juga perlu persiapan mental yang matang. 

Kok heboh gitu sih, Minpow? Ya emang perjalanan naik gunung tuh gak main-main. Tantangannya banyak, bukan cuma dari sisi medan, tapi kesabaran dan jelas stamina yang perlu dijaga.

Itulah kenapa persiapannya mesti bener-bener diperhatiin. Kalau enggak, bisa-bisa kamu enggak sampai ke atas!

Persiapan Sebelum Naik Gunung

Exercise

Beberapa minggu sebelum naik gunung, Minpow udah nyaranin kamu buat mulai exercise setiap hari. Mulai dari jogging, lari di treadmill, sampai exercise ringan lainnya.

Bisa kamu lakukan di pusat kebugaran, atau kamu lakukan sendiri di rumah. 

Kenapa exercise penting dilakukan sebelum mendaki? Tujuannya adalah untuk melenturkan otot-otot di tubuh supaya tidak terkejut ketika digunakan mendaki.

Tetapi, pada saat yang bersamaan, kamu juga jangan terlalu memforsir kegiatan olahraga karena bisa berakibat fatal juga kalau kamu terlalu kelelahan. 

Istirahat

Selain olahraga atau exercise, hal lain yang enggak kalah penting ketika kamu berencana naik gunung adalah beristirahat yang cukup.

Hindari kegiatan yang menyita waktu tidur sampai larut malam, atau melakukan perjalanan yang menyita energi dan waktu. 

Sebelum mendaki gunung, perbanyak istirahat dan melakukan olahraga ringan. Kamu boleh melakukan memprioritaskan pekerjaan, tetapi tidak boleh sampai terlalu kelelahan.

Pada tahap ini, kebutuhan untuk beristirahat wajib kamu jadikan sebagai prioritas utama sebelum kegiatan lainnya.

Pahami Medan

Bagi sebagian orang, mendaki adalah kegiatan yang sangat menantang. Tidak jarang hal tersebut menimbulkan mara bahaya dan membuat seorang pendaki berakhir celaka.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya kamu memahami medan gunung yang akan kamu taklukan.

Masing-masing gunung menyimpan tantangannya sendiri-sendiri yang kadang tidak mudah diatasi. Tetapi, lain halnya kalau kamu memang cukup memahami medan.

Selanjutnya tinggal kam pelajari dan buat persiapan khusus medan yang perlu kamu telusuri supaya kamu tahu apa yang nanti perlu dihindar ketika mendaki.

Perlengkapan

Ini adalah tahapan paling penting, menyiapkan perlengkapan. Nanti Minpow akan bahas khusus mengenai perlengkapan yang kita butuhkan sebelum mendaki.

Mulai dari tenda, pakaian, suplai makanan, sampai senjata sederhana untuk menangkal mara bahaya. 

Ketika mendaki, bukan tidak mungkin kita menemukan ular, terjebak longsor, atau hewan buas lain. itulah pentingnya kita membawa penangkal mara bahaya, untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Mental

Satu hal yang tidak kalah penting dari perlengkapan adalah mental. Tanpa mental yang cukup dan ketangguhan, kegiatan mendaki bisa membuatmu ingin menyerah berulang kali.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Medan yang harus ditempuh akan terasa sangat berat dan kalau kamu tidak siap secara mental, kamu juga bisa saja memutuskan untuk menyerah dan membatalkan pendakian.

Sayang, kan, kalau kamu membatalkan pendakian setelah kamu menempuh separuh perjalanan?

Karena itu, sebelum mendaki, kelola mental supaya tahan menempuh tantangan sampai kamu tiba di tujuan, alias di atas puncak!

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita yang Wajib Punya

Perlengkapan Mendaki Gunung untuk Wanita

Minpow kutip dari rei.com ada beberapa perlengkapan yang penting dibawa seseorang saat berniat mendaki, baik oleh pria maupun wanita.

Tetapi, kali ini Minpow akan membahas khusus perlengkapan mendaki untuk wanita. Apa saja perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang wajib punya? Ini dia:

Tenda

Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita pertama adalah tenda. Ketika bermalam di tengah hutan, kamu tentu memerlukan tenda. Jadi, jangan sampai melalaikan perlengkapan satu ini, ya.

Karena kalau kamu tidak membawa tenda, malam-malam yang harus kamu habiskan di tengah hutan bisa menjadi sangat menyiksa sekaligus mengerikan.

Perlengkapan Masak

Perlengkapan masak menjadi perlengkapan mendaki gunung untuk wanita kedua yang harus kita lengkapi. Masakan ringan saja; seperti indomie, merebus daging dan sayur-sayuran, sampai menyeduh kopi atau teh.

Tanpa perlengkapan masak, makanan yang bisa kamu andalkan menjadi terbatas, hanya makanan yang kamu bawa.

Carrier, Day Pack

Ini adalah tas dengan ruang cukup tinggi dan besar yang bisa kamu panggul untuk membawa seluruh barang bawaan dan perlengkapan.

Hindari penggunaan tas yang kecil karena kalau tas kamu kecil, kamu harus menenteng beberapa buah tas sehingga beban bawaanmu menjadi lebih berat.

Sebaknya, gunakan satu tas saja yang berukuran cukup besar. Tas menjadi perlengkapan mendaki gunung untuk wanita penting ketiga, ya.

Boots 

Meski ada beberapa kampanye atau iklan yang menampilkan pendaki menggunakan sandal di atas gunung, saran Minpow jangan pernah coba-coba nekat menggunakan sandal saat kamu pergi mendaki.

Ketahanan sandal tidak akan tahan untuk menempuh medan perjalanan yang ekstrim saat naik gunung. Karena itu, Minpow memasukan boots ke dalam urutan perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang ke-4.

Matras / Sleeping Bag

Di atas gunung, udara dingin bisa sangat ekstrem. Jaket yang kamu gunakan belum tentu cukup memberi cukup kehangatan dan kenyamanan.

Karena itu, Minpow langsung merekomendasikan kamu untuk membawa matras, lebih baik lagi sleeping bag, supaya momen istirahatmu saat mendaki menjadi lebih optimal. 

Sarung Tangan

Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita selanjutnya adalah sarung tangan. Sarung tangan akan sangat kita butuhkan sebab kita tidak tahu hal apa saja yang akan kita temui di atas gunung.

Untuk menghindari kontak langsung dengan beberapa benda yang berbahaya (semisal berduri), sebaiknya kita gunakan sarung tangan dan bawa beberapa pasang untuk cadangan. 

Jas Hujan

Ini juga termasuk perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang tidak boleh kamu abaikan. Tidak pernah ada yang bisa meramalkan dengan akurat cuaca seperti apa yang akan kamu hadapi di tengah pendakian.

Kalau tiba-tiba hujan, bagaimana? Karena itu jas hujan menjadi barang yang wajib kamu bawa saat berangkat mendaki.

Senter dan Headlamp

Menjelang malam, hutan tidak bisa memberimu penerangan yang layak. Makanya kamu memerlukan lampu senter atau headlamp yang yang berguna untuk menerawang kegelapan.

Selain itu, bawa cadangan baterai untuk berjaga-jaga kalau lampu senter atau headlamp yang kamu bawa kehabisan batre, ya.

Survival Kit

Survival kit sebagai perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang Minpow maksud adalah makanan sampai obat-obatan, tujuannya adalah membantumu terus bertahan selama mendaki di atas gunung.

Ini agak tricky, kamu wajib membawa survival kit lengkap, tetapi jangan terlalu banyak krena nanti bisa membebani bawaanmu. Sekaligus harus cukup juga selama masa pendakian. 

Itu dia perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang harus kamu kumpulkan sebelum berangkat mendaki.

Sekali lagi, Minpow ingatkan mengenai bahaya dan risiko yang mungkin kamu temui selama mendaki. Jadi, pastikan kamu membawa serta seluruh perlengkapan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kamu inginkan, ya.

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!