Declip

Gambar Begini Cara Creambath Sendiri di Rumah yang Benar

Begini Cara Creambath Sendiri di Rumah yang Benar

Cara creambath sendiri di rumah – Minpow sudah sering sampaikan kalau perawatan intensif pada rambut bisa menghasilkan tampilan yang bukan hanya indah dan memukau, melainkan sekaligus sehat hingga ke akar. Salah satu cara agar punya rambut seindah itu adalah dengan rutin melakukan creambath.

Tetapi, bila kita rutin melakukan creambath di salon, tentu hal tersebut juga akan memakan biaya yang lumayan mahal. Karena itu, Minpow juga ingin mengingatkan bahwa kita sebetulnya bisa melakukan creambath sendiri di rumah. Begini cara creambath sendiri di rumah yang benar, simak, ya!

BACA JUGA : 5 Merk Creambath untuk Rambut Rontok Terbaik

Begini Cara Creambath Sendiri di Rumah yang Benar

1. Keramas

Banyak orang yang penasaran, setelah creambath apakah harus keramas? Jawabannya adalah tidak, tetapi tentu saja setelah creambath itu rambut wajib dibilas. Justru, kita wajib keramas sebelum menerapkan creambath ke rambut. Mengapa demikian? Karena rambut hanya boleh diaplikasikan dengan beragam bahan kimia dalam keadaan bersih.

Di situlah banyak terjadi kesalah pahaman yang membuat kita seringkali keliru menerapkan tahapan-tahapan dalam proses creambath. Setelah membaca artikel ini, kamu jadi paham, ya, kalau creambath itu wajib dimulai dengan keramas.

2. Keringkan

Setelah keramas, dibilas, rambut wajib dikeringkan. Ini adalah urutan langkah creambath yang tepat sebab bila rambut yang masih berada dalam keadaan basah langsung ditimpa dengan creambath, nanti cream-nya akan sulit menyerap ke tiap helai rambut dan kulit kepala.

Alhasil, cream yang seharusnya dapat diharapkan untuk menutrisi rambut malah jadi terbuang sia-sia. Karena itu, sebelum mengaplikasikan creambath, kita wajib mengeringkannya terlebih dahulu. Mengeringkan dengan menggunakan handuk, ya, bukan dengan hairdryer.

3. Aplikasikan Cream Bath

Setelah rambut dibilas dan dikeringkan, kamu bisa mengaplikasikan cream sesuatu kebutuhan nutrisi rambutmu. Sebelum memilih creambath, pastikan kamu memahami permasalahan utama rambutmu. Apakah rambutmu rusak? Kering? Berketombe? Bercabang? Atau rontok?

Nah, dengan memahami permasalahan rambut yang kamu hadapi, kamu juga akan lebih mudah menentukan jenis creambath yang kamu butuhkan. Misal, rambutmu kusut dan sulit diatur, berarti kamu bisa cari produk creambath yang mengandung argan oil supaya rambut dapat berubah jadi lembut, halus dan mudah diatur.

4. Pijat Lembut

Setelah cream diaplikasikan secara merata dan menyeluruh, lanjutkan dengan pijatan lembut di area kepala. Hal tersebut perlu dilakukan untuk memperlancar aliran darah sehingga pertumbuhan rambut pun akan dilakukan dengan baik oleh sel-sel yang terdapat di area tersebut.

Aliran darah di kulit kepala yang tidak lancar dapat menyebabkan banyak permasalahan, mulai dari rasa pening yang tidak berkesudahan sampai pertumbuhan rambut yang terhambat.

Dengan demikian, karena kita sudah memahami pentingnya kelancaran darah di kepala, kita juga wajib memberikan pijatan lembut setelah selesai mengaplikasikan cream di kepala.

5. Diamkan

Setelah seluruh cream kamu aplikasikan ke tiap helai rambut sampai akar kulit kepala dan selesai dipijat kamu tidak boleh langsung membilasnya.

Melainkan wajib kamu diamkan selama beberapa saat. Berapa lama creambath di diamkan? Patokannya bisa berkisar 45-60 menit.

Kenapa tidak boleh langsung dibilas, sebab kalau langsung dibilas justru kamu akan kehilangan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Karena itu, luangkan waktu untuk membiarkan creambath benar-benar menyerap ke tiap helai rambut dan kulit kepalamu secara merata.

6. Balut dengan Handuk Panas

Selama didiamkan, kamu wajib membalut kepala dengan handuk panas. Kenapa creambath harus pakai handuk panas? Supaya cream yang telah kita aplikasikan dapat lebih mudah menyerap dengan tiap helai rambut bahkan hingga ke akar.

Setiap partikel dalam handuk panas tersebut akan mendukung sekaligus mempermudah proses penyerapan dengan lebih optimal sehingga nanti hasilnya pun akan dapat kamu rasakan dengan maksimal.

Hasil yang kamu dapatkan dengan melakukan creambath dengan membalutnya rapat menggunakan handuk panas dengan yang tidak jelas akan berbeda.

7. Bilas

Setelah 45-60 menit kita diamkan dan kita balut kepala kita dengan handuk panas, waktunya kita melepas  balutan dan membilas creambath yang melumuri seluruh lapisan kepala kita.

Usahakan untuk membilasnya dengan air dingin supaya jaringan di kulit kepala kita yang sedang membuka dan menerima asupan nutrisi tidak melepuh karena air panas.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Ini merupakan tahapan yang sangat penting dalam proses atau cara creambath sendiri di rumah karena bila kita tidak membilasnya dengan cukup bersih, sisa-sisa creambath akan mengendap di kulit kepala dan mengotori area tersebut, sehingga kuman dan bakteri nya nanti akan bertransformasi menjadi ketombe.

8. Pakai Conditioner

Tahapan terakhir dalam urutan atau cara creambath sendiri di rumah yang benar adalah dengan mengaplikasikan conditioner. Mungkin, selama ini kamu sering bertanya-tanya, “creambath dulu, apa conditioner dulu?” Jawaban yang benar adalah creambath dulu.

Conditioner dalam proses creambath bisa digunakan sebagai pelengkap atau finishing yang dapat menyempurnakan proses penyerapan creambath ke kulit kepala. Dengan conditioner, creambath yang telah diaplikasikan akan menyerap dan tahan lebih lama sehingga perubahan yang dihasilkan juga menjadi lebih baik.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Selama Creambath Sendiri di Rumah

1. Kebersihan Alat

Karena kita melakukan sendiri creambath di rumah, otomatis kita tidak bisa mengandalkan alat-alat yang kita miliki. Di salon, kebersihan alat terjamin. Mulai dari handuk, Jedai Haircules yang digunakan untuk memisahkan rambut, sampai sisir.

Tetapi, saat kamu creambath sendirian di rumah, kamu yang harus memastikan bahwa semua alat yang kamu gunakan memang bersih dan higienis.

Apa yang terjadi kalau alat-alat yang kita gunakan tidak bersih? Kotoran pada alat tersebut bisa berpindah ke rambut dan berubah menjadi ketombe atau menimbulkan masalah rambut lainnya. Sebelum itu terjadi, lebih baik bersihkan dulu semua peralatan kamu, ya!

2. Kualitas Cream

Tidak cukup hanya memahami cara-cara creambath sendiri di rumah, kamu juga harus memastikan bahwa jenis creambath yang kamu pilih memang memiliki kualitas terbaik, dapat menutrisi kulit kepala dan rambut menyeluruh, sekaligus tidak memberikan permasalahan rambut lainnya.

Ketika kamu ada masalah di salon, kamu bisa minta pertanggung jawaban pihak salon. Tapi, kalau kamu sendiri yang memilih creambath, siapa yang harus kamu mintai pertanggung jawaban? Ya, diri kamu sendiri juga. Jadi, pastikan kamu selalu memilih produk terbaik meski kadang harganya lebih mahal, ya.

3. Proses Pengerjaan

Hal lain yang tidak boleh kamu abaikan adalah proses pengerjaan. Di atas, Minpow sudah membagikan urutan creambath yang benar saat kamu melakukannya di rumah.

Sebaiknya, kamu patuhi urutan tersebut baik-baik dan jangan mengurangi atau menambahkan urutan tersebut karena menurut Minpow daftar di atas adalah cara mutakhir yang dapat kita lakukan.

Meski resikonya tidak sebesar treatment lain, seperti smoothing atau rebonding, namun creambath tetap memiliki efek samping bila tidak dikerjakan dengan tepat. Salah satunya adalah kemunculan ketombe atau rambut berubah menjadi lepek karena produksi minyak berlebih. Jangan sampai hal-hal semacam itu menimpamu, ya!

4. Apa Sudah Merata?

Ketika mengaplikasikan creambath sendiri, wajar bila ada bagian tertentu yang agak sulit kita jangkau. Karena itu, kita harus bisa memastikan kalau creambath yang kita terapkan di kulit kepala betul-betul sudah merata. Sekalipun bagian-bagian yang agak sulit dijangkau.

Karena itulah bantuan dari teman merupakan solusi terbaik untuk atasi masalah satu ini karena dengan begitu kita dapat mengandalkan teman kita untuk menjangkau bagian tertentu yang sulit kita jangkau bisa mengerjakannya sendiri.

5. Konsistensi Treatment

Creambath sendiri di rumah itu keberhasilannya ditentukan oleh diri kita sendiri, bukan oleh hair stylist di salon. Jadi, kalau mau berhasil, kamu juga wajib menjaga konsistensi treatment-nya supaya jangan sampai jadi tidak teratur.

Coba disiplin untuk melakukan creambath sebanyak seminggu sekali. Jangan terlalu sering juga sebab rambut bisa rusak. Dengan melakukannya setidaknya seminggu sekali, kelembaban rambutmu dapat terjaga dan selain itu rambut juga akan selalu halus, lembut dan berkilau.

Itu dia daftar cara creambath sendiri di rumah yang benar. Sekarang, kamu tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang di salon hanya untuk creambath, melainkan bisa melakukannya sendiri di rumah. Kalau kamu takut gagal, boleh ajak sahabatmu untuk membantumu, ya, setelah itu bisa gantian kamu yang membantunya creambath. Selamat mencoba!

BACA JUGA : 5 Tahap Cara Creambath Rambut yang Tepat

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *