Declip

Gambar Cara Creambath Rambut yang Tepat

5 Tahap Cara Creambath Rambut yang Tepat

Sering denger kalau creambath rambut bisa memperbaiki kerusakan rambut? Itu statement yang bener, tapi enggak sesimpel itu sebenarnya. Selain cara creambath rambutnya harus bener, kita juga perlu merhatiin lagi aspek lainnya, bukan melulu fokus ke penanganan rambut.

Maksud aspek lainnya itu apa, Minpow? Kaya pola tidur, asupan gizi, gaya hidup, tingkat stress dan kecemasan, semua itu aspek – aspek yang bisa memengaruhi hormone dan kondisi rambut kamu. Jadi, selain cari tahu cara creambath rambut yang bener, kamu juga perlu aware sama aspek-aspek lain yang Minpow sebutkan tadi. 

Tapi di artikel kali ini, kita cuma bakal fokus ke cara creambath rambut yang bener, sesuai janji Minpow. Minpow asumsiin kamu udah tahu merk creambath yang mau kamu pilih, ya. Jadi, pas baca artikel ini, kamu tinggal cari tahu tahapan cara creambath rambut, bukan cara memilih creambath rambut yang tepat.

5 Tahap Cara Creambath Rambut yang Tepat

Bersihkan Rambut

5 Tahap Cara Creambath Rambut yang Tepat

Meski banyak cara buat membersihkan rambut, let’s say kaya pakai dry shampoo, leave on conditioner, Minpow tetep saranin kamu buat bersihin rambut dengan cara-cara konvensional, alias keramas. 

Kenapa keramas merupakan cara terbaik, karena pas keramas itu kotoran di rambut kamu tuh bener-bener luruh, alias rontok. Saat dry shampoo cuma bikin tiap helai rambut kamu jadi bersih, segar dan berkilau, keramas bikin kotoran di kulit kepala ikut terangkat sampai ke akar.

Bilas dan Keringkan Setengah Basah

Setelah kamu shampoo-an, bilas hingga bersih terus keringin setengah basah. Kenapa jangan sampai kering banget? Karena selanjutnya kamu bakal mengaplikasikan krim buat creambath, kalau rambut kamu kering banget bakalan susah nyerapnya.

Selain itu, rambut kamu juga bakal melalui proses penguapan (steam). Kalau rambut kamu kering, terus di-steam, itu bisa bikin rambut tambah kering dan malah nimbulin kerusakan which is serem banget ya, Sis! Makannya, jangan lupa buat tinggalin rambut kamu dalam keadaan setengah basah, ya. 

Aplikasikan Krim buat Creambath

Ini adalah proses paling penting dalam cara creambath rambut, yaitu mengaplikasikan krim creambath. Pertama-tama, bagi rambut kamu yang setengah basah ke dalam beberapa bagian. Kedua, jepit masing-masing bagian rambut menggunakan Jedai Haircules

Kenapa harus Jedai Haircules? Supaya enggak jatuh dan proses creambath kamu bisa berjalan lancar. Setelah di bagi, kamu olesin krim creambath kamu menggunakan sikat sisir yang berbatang tajam. Olesi perlahan ke setiap bagian, kemudian lanjut ratakan dengan sisir.

Steam (penguapan)

Kalau kamu creambath di salon, tahapan selanjutnya adalah penguapan, atau steam. Jadi, rambut kamu yang udah diolesin krim creambath itu dibalut handuk kemudian diamkan di dalam mesin steam selama waktu tertentu. Yang menentukan waktu ini harus hairstylist kamu di salon ya.

Kalau kamu creambath di rumah, alternatif steam ini bisa kamu ganti dengan cara membalut rambut kamu dengan handuk hangat. Rambut yang hangat bisa memberikan efek yang sama dengan mesin steam, tujuannya supaya proses penyerapan krim creambath ke rambut bisa lebih cepat dan efektif.

Bilas

Proses terakhir adalah membuka balutan handuk dan diamkan 10-15 menit hingga sengatan hangatnya mereda. Setelah suhu kepala kembali normal, kamu bisa membilas rambutmu dari krim creambath hingga bersih. Pembilasan terakhir ini wajib dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Kenapa harus sungguh-sungguh? Karena kalau ada sisa krim creambath yang masih ketinggalan di rambubt, nantinya dia bisa berubah jadi kotoran atau bahkan ketombe. Berabe deh nanti rambut udah mulus, halus, mudah diatur, tapi ketombean. Drop shay!

Itu tadi cara creambath rambut yang tepat supaya kamu gak bingung lagi kalau lagi creambath di rumah atau salon. Setelah creambath, bukan berarti tugas kamu selesai. Kamu juga sebaiknya nambahin conditioner setelah selesai creambath. 

Pengen tahu apa aja informasi penting lainnya terkait cara creambath rambut? Kita bahas satu per satu, yuk!

Berapa kali creambath dalam seminggu?

Meski creambath itu banyak manfaatnya, tapi sebenernya kamu jangan melakukan creambath terlalu sering juga, lho. Kenapa? Karena creambath tetep mengandung paparan bahan kimia tinggi yang selain menyehatkan rambut, kalau dilakukan terlalu sering malah bisa berubah jadi merusak. 

Makannya, dalam seminggu, Minpow nyaranin kamu buat creambath sekali aja cukup kok. Sebulan dua kali juga cukup. Kasih rambut dan kulit kepala kamu waktu untuk bernapas, makannya penting buat kita ngasih jeda. 

Kalau kamu nekat creambath seminggu dua kali bahkan sampai seminggu tiga kali, paling nanti yang langsung kelihatan itu masalah ketombe, kemudian rambut rontok dan berminyak karena paparan creambath bisa merangsang produksi minyak berlebih. 

Apakah boleh melakukan creambath setiap hari

Sama dengan yang Minpow bahas sebelumnya, kamu enggak boleh melakukan creambath setiap hari. Itu beneran bencana deh. Seminggu dua kali sampai tiga kali aja sebenernya udah tergolong ekstrem, apalagi setiap hari. 

Dalam beberapa minggu, kalau kamu beneran creambath tiap hari, siap-siap deh kamu ngalamin kerusakan total. Udah gitu perawatannya juga bakal butuh waktu dan agak repot nih. Makannya, mending mencegah kan daripada memperbaiki? Yuk, creambath sebulan dua kali aja, ya. Maksimal seminggu sekali.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Creambath dipakai setelah apa?

Creambath itu dipakai setelah kamu keramas dan membilasnya sampai bersih. Tapi, alih-alih ngeringin rambut sampai bener-bener kering, kamu bisa langsung nerapin krim buat creambath pas lagi setengah kering. Itu adalah waktu yang sempurna buat creambath, tujuannya biar krimnya lebih menyerap dengan efektif.

Setelah creambath apakah harus keramas?

Kebalik. Justru, kita keramas dulu baru creambath. Satu-satunya tujuan adalah biar pas rambut kamu lagi pakai creambath, krimnya bisa menyerap ke rambut kamu yang udah bersih dan sehat. Enggak ada kotoran yang tersisa dan menghambat pemulihan rambut. 

Pake creambath dulu, apa conditioner?

Pakai creambath dulu, ya. Conditioner, dalam banyak perawatan, seringkali dilakukan di akhir. Tujuannya adalah untuk menutup kembali pori-pori di kulit kepala dan melindungi setiap helai rambut kita dari paparan selanjutnya; semisal hair styling atau paparan sinar matahari dan polusi. Jadi, kalau kamu mau pakai conditioner, pakai setelah keramas dan creambath, ya.

Sekarang kamu udah khatam banget nih soal cara creambath rambut yang tepat, termasuk nentuin jadwal dalam nerapin tips cara cara creambath rambut tadi. Sekarang waktunya hias kepala kamu pakai hair ornament dari DeClip, yuk. Check produk best sellernya, yaitu Jedai Haircules by DeClip. Selain tahan banting, gak mudah rusak, Jedai Haircules by DeClip juga tersedia dalam 35 warna. Jadi bisa kamu sesuaikan dengan penampilan kamu sehari-hari.

Cek catalog di website DeClip buat kepoin setiap warnanya, ya. Masukin keranjang, terus jangan lupa check out. Raisa sama Tasya Farasya aja udah pakai Jedai Haircules, masa kamu masih mikir? Yang bener aja! Happy shopping!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *