Declip

Gambar Cara Mengatasi Trauma Menurut Psikolog

Cara Mengatasi Trauma Menurut Psikolog

Belakangan ini, isu soal mental health kayanya rame banget diomongin sama anak-anak muda, ya? Mental health, alias isu kesehatan mental tuh sebenernya isu yang penting dan sensitif banget. Tapi seringkali isu itu dibiarkan ngalir tanpa ada pengawasan profesional. Akhirnya banyak info yang membahayakan juga, makannya, kali ini Minpow bakal bahas cara mengatasi trauma menurut psikolog, ya! 

Karena Minpow enggak punya latar belakang pendidikan psikologi, Minpow ngerasa harus ngutip dari website lain yang memang memuat informasi yang bisa dipertanggung jawabkan, yaitu https://www.psychologytoday.com/.

Psychotherapist yang bakal bagiin cara-cara mengatasi trauma kali ini adalah Andrea Brandt, Ph.D. Pengalamannya sebagai psychotherapist selama 35 tahun udah nolongin banyak orang.

Jurnal, artikel dan penelitiannya juga udah pernah dimuat di mana-mana, termasuk soal cara mengatasi trauma. Jadi, apa kata Andrea Brandt? Ini dia:

Cara Mengatasi Trauma Menurut Psikolog 

1. Luangkan Waktu untuk Merenung

luangkan waktu untuk merenung

Kalau kamu seriusan mau sembuhin diri dari trauma, pertama-tama kamu harus bisa luangin waktu buat merenung.

Merenung mikirin apa? Gak mikirin apa-apa! Coba kamu lepasin seluruh beban pikiran kamu dan biarin pikiran kamu kosong. Init uh langkah pertama yang efektif dalam meraktekin cara mengatasi trauma.

Kalau pikiran kamu udah kosong, coba deh kamu perhatiin napas kamu. Rasain kulit kamu. Perhatiin dada kamu yang turun naik.

Perhatiin angin yang ada di sekeliling, perhatiin suara gemerisik pohon, pokoknya sekeliling kamu deh. Itu tuh cara yang ampuh supaya kamu bisa kembali terhubung ke diri kamu sendiri. 

Setelah kamu ngeh dengan keberadaan kamu dan semua yang ada di sekitar, baru deh kamu bisa lanjut ke cara mengatasi trauma selanjutnya. 

2. Inget-inget Lagi

inget inget lagi

Gimana, sih, Minpow? Mau sembuh dari trauma kok malah disuruh inget-inget lagi? Betul, memang salah satu cara mengatasi trauma itu kita harus sadar dulu apa yang persisnya bikin kita trauma.

Jangan-jangan, selama ini kita terlalu sibuk buat menghindar sampai trauma itu tenggelam jauh di dalam diri kita.

Kalau udah tenggelam jauh gitu bukan gak mungkin loh dia bakal ketarik keluar lagi. Terus, gimana mau buang traumanya kalau dia ada jauh di dalam diri kita?

Karena itulah kita harus mengingat-ingat lagi peristiwa menyakitkan yang menyebabkan kita punya trauma.

Meski ini kedengeran berat banget, sebenernya masih ada tahapan-tahapan lain yang enggak kalah berat dan menyiksa dalam serangkaian cara mengatasi trauma.

Kamu enggak usah ngarep hasilnya bakal instan. Pelan-pelan aja, one step at a time, pelan gapapa yang penting selesai, ya!

3. Kasih Nama

kasih nama Cara Mengatasi Trauma

Setelah kamu inget-inget peristiwa yang bikin kamu trauma, wajar kalau kemudian kamu jadi gelisah dan gak tenang.

Perasaan kamu gak enak? Gak apa-apa. Tapi, abis itu, kamu coba kasih nama perasaan kamu itu, ya. Anggap dia tuh kaya benda, yang bisa kamu raba. Yang bisa kamu kendalikan.

Tujuannya apa sih, Minpow? Supaya kamu merasa kalau kamu punya kendali atas perasaan kamu itu.

Kalau dia benda, artinya kamu bisa nyembunyiin, bisa bawa pulang, bisa bawa tidur, sekaligus bisa kamu buang juga. Kasih nama apa? Bebas, yang penting bisa kamu ingat. 

Ini adalah tahapan paling unik dari keseluruhan cara mengatasi trauma, karena di sini kita akan bermain dengan imajinasi.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Kira-kira, nama apa yang bakal kamu pilih? Nama binatang? Nama orang? Penamaan itu kan butuh imajinasi yang enggak sembarangan. Have fun cari nama buat pengalaman trauma kamu, ya. 

4. Pelajari

Setelah kamu kasih nama, selanjutnya coba kamu pelajari. Cari tahu, kira-kira, apa yang bisa kamu petik dari peristiwa traumatis itu.

Ada enggak sih perubahan yang kamu alamin dari peristiwa traumatis itu? Kalau perubahannya negatif, pikirin cara untuk kembali ke diri kamu sebelum trauma itu terjadi.

Kalau perubahannya positif, jadiin pengalaman itu sebagai perjalanan berharga di mana kamu akhirnya bisa menjadi dir kamu dalam versi lebih baik.

Jadi, dengan begitu, kamu tahu kalau enggak ada yang sia-sia dari pengalaman traumatis kamu. Kamu masih bisa mendapat manfaat dari sana. 

Menurut Minpow, ini adalah tahapan paling sulit dari cara-cara mengatasi trauma yang lagi kita bahas. Kenapa?

Karena yang namanya pengalaman buruk, pasti kita tuh bakal benci dan muak banget, kan? Lagi benci-bencinya, terus kita disuruh cari hikmah yang bisa diambil. Kebayang kan susahnya kaya apa? 

5. Bagiin

Bagiin Cara Mengatasi Trauma

Tadi kan kita tujuannya itu ngebuang pengalaman yang traumatis, ya? Nah, satu-satunya cara kita bisa buang pengalaman itu adalah dengan membagikannya.

Ceritain pengalaman traumatis itu sama orang-orang terdekat yang bisa kamu percaya. 

Orang terdekatnya siapa? Bebas, mau sepupu, kakak atau adik, sahabat, atau pasangan. Yang penting, kamu emang harus keluarin uneg-uneg di dada yang udah kamu kasih nama dan udah kamu pelajari tadi.

Jangan malah kamu simpan terus di dalam dada selamanya. 

Sebagai tahapan terakhir cara mengatasi trauma, setelah poin ini harusnya kamu bisa ngerasa lebih lega dan terbebas dari trauma itu.

Tapi, inget ya kalau kebebasan ini mungkin enggak bersifat permanen. Suatu hari nanti yang enggak bisa diprediksi, bisa aja perasaan terancam itu kembali dan mengganggu kamu. 

Kalau itu terjadi, kamu enggak usah panik dulu ya. Sebagai manusia, hal itu wajar aja kok terjadi. Karena kita emang pada dasarnya gak bisa bener-bener pulih dan terbebas dari kekhawatiran.

Yang penting, kita juga tahu cara membebaskan diri dari perasaan itu.  

Itu dia cara-cara mengatasi trauma yang bisa praktekin menurut psychotherapist Andrea Brandt. Kalau cara mengatasi rambut kusut gimana, Minpow? Cuma Jedai Haircules by DeClip jawabannya! Dia tuh titisan dewa Hercules, karena bahan materialnya kuat banget. Gak bisa patah!

Yang nge-test ketahanan jedainya udah banyak banget, mulai dari digilas Alphard sama Tasya Farasya, dibekuin es batu raksasa sama Raisa, dilempar-lempar sama Patricia Gouw dan Sania Leonardo. Apa ada yang berhasil ngancurin jedainya? Satu pun gak ada! Jedai Haircules by DeClip bahkan gak kegore sama sekali. Kurang sakti apa coba?

Kalau kamu penasaran, buruan deh beli di catalog Minpow yang ada di website ini. Total ada 35 warna ditambah 4 warna glitter, kalau-kalau kamu butuh pakai jedainya ke acara formal. Yang glitter itu lebih mevvah, ya. Bisa buat dipake ke kondangan, atau wisudaan. Dari ke-39 warna itu gak mungkin deh kamu kehabisan pilihan warna buat nge-mix and match dengan penampilan kamu. 

Selain itu, kamu juga bisa pakai buat styling. Mulai dari smoothing, rebonding, sampai coloring juga bisa. Cuuuus deh ajakin temen-temen kamu se-geng buat beli Jedai Haircules barengan abis itu kalian bikin wefie bareng dan upload ke Instagram. Nanti, Minpow bakal upload ke website ini juga! Yuk!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!