Declip

logo final declip
Gambar Penting Ini Penyebab Rambut Kasar Dan Kering Setelah Berenang

Penting! Ini Penyebab Rambut Kasar Dan Kering Setelah Berenang

Kamu punya hobi berenang, tapi sering merasakan rambut kasar dan kering setelah berenang? Hal ini dikarenakan bahan kimia yang ada dalam kolam renang bisa menjadi pemicu rambut rusak. Keadaan ini sering disebut swimmers hair.

Ciri-ciri dari rambut swimmers hair diantaranya rambut kasar, kering, bercabang, mudah patah, rontok, dan rambut yang berubah warna.

Klorin, Penyebab Rambut Kasar Dan Kering Setelah Berenang

Ada beberapa bahan kimia yang yang berbahaya untuk rambut seperti kaporit, garam, tembaga, dan brom. Tapi yang paling merusak rambut saat berenang adalah Klorin, Klorin bisa merusak struktur yang menjaga kekuatan rambut, mengikis kadar protein atau keratin alami yang mampu mengubah rambut.

1. Rambut menjadi kering dan rusak

Klorin bisa merusak lapisan keratin rambut yang menyebabkan kristal di bagian dalam batang rambut sehingga menyebabkan rapuh bercabang. Kutikula rambut juga bisa rusak sehingga lapisan pelindung rambut hilang.

2. Menyebabkan rontok

Folikel rambut akan menyerap bahan kimia hingga ke bagian sel di kepala. Dampaknya adalah rambut menjadi lebih kering, dan berkurangnya minyak alami, dan melemahnya folikel rambut.

3. Mengurangi elastisitas rambut

Jika elastisitas rambut berkurang, rambut akan mudah patah dibagian barang. Sehingga jika kamu sering berenang di kolam renang yang mengandung zat berbahaya seperti klorin, bisa merubah struktur ikatan di setiap serat rambut sehingga lebih mudah patah dan rontok

BACA JUGA:  5 Masker Rambut untuk Rambut Kering dan Mengembang

4. Mempercepat proses penuaan rambut

Kolam renang yang mengandung klorin juga memiliki potensi membuat rambutmu mengalami penuaan dini. Biasanya akan timbul uban, berkurangnya warna asli rambut, dan banyak perubahan pada sel folikel.

Kalau kamu sudah mengalami rambut rusak karena zat kimia di kolam renang ada beberapa cara mengatasi rambut kasar ini, diantaranya;

Cara Mengatasi Rambut Kasar

1. Lindungi dengan swim cap khusus

Menggunakan swim cap terbukti mampu melindungi rambut. Cara ini bisa mencegah air yang mengandung klorin terserap ke dalam rambut.

2. Gunakan shampo saat membilas

Setelah berenang, bilas rambut secara menyeluruh untuk membuang sisa klorin. Minpow sarankan kamu untuk menggunakan sampo dan kondisioner yang dikhususkan untuk rambut kering dan rusak.

3. Basahi rambut dengan air biasa

Rambut memiliki kemampuan menyerap cairan dengan cepat. Basahi rambutmu dengan air biasa sebelum masuk ke kolam renang. Hal ini mencegah air yang mengandung klorin atau bahan kimia yang akan masuk ke dalam rambutmu.

4. Hindari paparan bahan kimia lainnya

Jika rambutmu sudah kering karena bahan kimia di kolam renang, Minpow sarankan kamu jangan menggunakan banyak bahan kimia dari produk styling jika kamu tidak mau rambutmu semakin rusak.

5. Gunakan produk perawatan rambut untuk melembapkan

Untuk mencegah rambut kering dan kasar, kamu bisa memilih produk perawatan rambut yang memiliki kandungan pelembap didalamnya. Minpow lebih rekomen kamu untuk melakukan hair mask atau creambath. Karena selain melembapkan dengan perawatan itu rambutmu bisa ternutrisi dengan baik.

Demikian penyebab rambut kasar karena berenang dan cara mengatasinya. Untuk kamu yang bingung mengenai hair care yang cocok, Minpow ada banyak artikel yang membahas tentang hair care lainnya disini!

BACA JUGA:  10 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Yang Harus Kamu Coba

Jedai Haircules

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top