Declip

Gambar Apa Sih Guilt Tripping Cari Tahu Cara Mengatasinya

Apa, Sih, Guilt Tripping? Cari Tahu Cara Mengatasinya!

Pernah denger istilah guilt tripping? Dikutip dari https://www.healthline.com/, guilt tripping tuh artinya waktu seseorang memanipulasi kamu dengan cara bikin kamu ngerasa bersalah atas sesuatu yang kamu perbuat atau sesuatu yang bahkan enggak kamu perbuat.

Tujuan guilt tripping adalah supaya bikin kamu jadi nyalahin diri sendiri. 

Guilt tripping, sama dengan verbal abuse lainnya, juga sering disepelein sama orang karena sifatnya yang Cuma sebatas omongan.

Enggak sampai nyerang fisik. Padahal, bisa banget loh guilt tripping nge-akibatin psikosomatis (serangan fisik sekaligus psikis).

Supaya lebih paham, yuk, kita bahas lebih lanjut soal guilt tripping! Mulai dari ciri-ciri sampai cara mengatasinya. 

Apa guilt tripping cuma bisa terjadi di hubungan pacaran? Enggak juga, bisa juga menimpa kamu sama temen kantor kamu, temen kampus, temen se-geng, bahkan di keluarga sendiri.

Kenapa sih orang tuh ngelakuin guilt tripping? Dengan melakukan guilt tripping, sebenernya mereka lagi memaksakan kehendak mereka ke kamu, tapi caranya halus. 

Halus maksudnya gimana, Minpow? Halus dengan memposisikan diri sebagai korban, yang enggak berdaya, yang bisanya Cuma meratapi nasib.

Abis itu, kamu bakal ngerasa bersalah dan akhirnya kamu akan mengalah dan memenuhi keinginan mereka.

Ditinjau dari sisi psikologi, ini pengaruhnya nyeremin banget, karena bakal nyisain emotional damage buat yang dapat guilt trip.

Minpow paham kalau sekarang kamu jadi serem sendiri, jangan-jangan kamu juga pernah dapat guilt trip? Bisa jadi. Apa aja sih, ciri-cirinya? Ini Minpow jabarin ya:

Ciri-Ciri Guilt Trip

1. Bawa-bawa Effort / Pengorbanan Mereka

Mungkin, kamu familiar dengan kalimat kaya gini; “gila, ya… gue udah bela-belain dateng ke sini buat lo, tapi lo kayak enggak peduli.” Hayo, kalau pernah denger kalimat kaya gitu, sebenernya kamu udah jadi korban guilt trip.

Karena kalau dia emang beneran tulus, dia enggak perlu ungkit-ungkit effort atau pengorbanan yang udah dilakuin buat kamu.

Di sinilah kita harus pinter-pinter milih circle. Pertemanan yang kayanya sehat, seolah-olah suportif, bisa jadi ngelakuin guilt trip ke satu sama lain, which is itu toxic namanya, Sis!

Meski dibalut dengan embel-embel “gue begini karena gue sayang lo,” pengaruh psikologis tetep enggak bisa dihindari dan sebaiknya kamu lebih bijaksana buat milih temen. 

2. Sarkas & Passive Aggressive 

“Tinggalin aja gue sendiri, pilih dinner sama keluarga lo aja, sana.” Kalau temen kamu jawab gitu pas kamu pamit pulang dengan alasan mau makan malam bareng keluarga, itu fix masuknya udah guilt trip.

Karena abis itu kamu bakal ngerasa gak enak, kasian, akhirnya kamu gak ikut makan malam bareng keluarga dan milih buat nemenin dia.

Celotehan sarkas, ditambah argumen yang pasif agresif tuh udah bisa dipastiin salah satu ciri-ciri guilt trip.

Cuma ya namanya udah temenan, kadang jadi sulit ngebedain mana toksik mana becandaan doang, akhirnya kita jadi terjebak di hubungan yang sehat dan makin susah buat keluar dari sana. 

3. Ga Kasih Kamu Kesempatan Buat Jelasin

Kalau lagi debat kamu gak dikasih kesempatan buat jelasin pembelaan, melainkan cuma dia doang yang ngomong, itu juga bisa jadi indikasi kalau kamu tuh lagi jadi korban guilt tripping.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

Gimanapun situasinya, kamu harus bisa dengan tegas ninggalin dia dan prioritasin kedamaian dan kesehatan mental kamu sendiri.

Gini, deh. Siapa juga coba yang pengen terus-terusan dibikin ngerasa bersalah?

Terserah deh orang mau bilang apa soal kamu, kalau kamu udah enggak nyaman, apalagi sampai anxious, itu adalah salah satu efek guilt trip yang kamu rasain dan kamu harus buru-buru bertindak. Run!

4. Ditambahin Body Language Destruktif 

Bayangin deh argument yang tadi Minpow sebutin di atas, tambah mata yang melotot, atau gerakan tangan, banting sesuatu, nendang sesuatu, Minpow bisa bilang kalau kamu lagi ada dalam kondisi yang berbahaya dan sebaiknya kalau enggak bisa nenangin si lawan bicara kamu, mending kamu yang cabut deh.

Setelah tahu ciri-cirinya, terus gimana sih Minpow cara mengatasi guilt tripping? Oke, langsung kita bahas, yuk! Ini dia:

Cara Mengatasi Guilt Tripping 

1. Dengerin & Bela Diri

What? Maksudnya kita harus ngalah gitu, Minpow? Bukaaaan. Maksud Minpow, dengerin dulu dia ngomel, terus abis itu giliran kamu yang kasih argumen.

Contohnya tadi, kalau kamu izin pulang tapi dia malah nyalahin kamu, kamu bisa bales kaya gini:

“Iya gue paham sih lo masih pengen sama gue, tapi gue juga udah janji sama keluarga gue buat makan malem bareng.

Bikin gue ngerasa bersalah enggak bakal mengubah keputusan gue buat pulang. Lo mau nyampein apa lagi enggak, sebelum gue pulang?”

Dari kalimat itu, kamu enggak cuma nge-state kalau kamu coba memahami kondisinya, tapi kamu juga sekaligus membela diri kamu. Karena mau pulang atau mau stay itu urusan kamu dan mereka enggak berhak ngatur. 

2. Tanya

Di luar itu semua, coba deh tanya secara tulus sama mereka, mereka lagi ada masalah lain gak? Yang kemudian mereka lampiasin ke kamu?

Atau, mereka sebenernya lagi kenapa? Butuh cerita enggak? Karena buat jadi jujur dan terbuka itu sulit, lebih mudah ngomel-ngomel. 

3. Bikin Batas

Ini kalau du acara di atas udah kamu lakuin tapi masih gak mempan juga, berarti emang udah waktunya kamu bikin batasan yang sehat sama mereka.

Gimana pun, kamu harus nyelametin diri sendiri dari kondisi apapun yang enggak baik buat kamu. 

Itu dia segala macem persoalan yang perlu kamu tahu soal guilt trip, semoga kamu bisa lebih bijak dalam bersikap ya ke depannya.

Nah, kalau segala macem persoalan rambut yang ganggu, itu Minpow cuma bisa kasih kamu satu solusi, yaitu Jedai Haircules by DeClip, yang merupakan titisan dewa Hercules.

Kenapa disebut titisan dewa Hercules? Karena udah pernah digilas Tasya Farasya pakai Alphard pun dia tetep utuh dan gak kegores sama sekali. Udah dibekuin Raisa ke dalam es batu raksasa, masih bisa dipake kaya biasa aja. Dilempar-lempar Patricia Gouw dari ketinggian 30 meter? Aman, bestie! Kurang sakti apa coba?

Mungkin ini waktunya kamu coba sendiri kekuatan si Jedai Haircules. Kamu tinggal cek catalog Minpow dan di sana kamu bakal nemuin 35 warna jedai ditambah 4 warna glitter kalau kamu butuh jedai lebih mevvah buat dipake ke kondangan atau wisudaan. Ada yang gigi 3 sama gigi 5, bisa kamu sesuaikan dengan ketebalan rambut dan panjangnya segimana.

Oh iya, masing-masing tuh ukurannya ada yang 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Buruan share artikel ini di grup WA biar temen-temen kamu juga terbantu karena terobosan jedai terviral, terkuat dan terkece ini! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!