Declip

Gambar 10 Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering dan Mengembang

10 Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering dan Mengembang

Panggilan untuk kamu yang memiliki rambut kering dan mengembang. Tahukah kamu apa sebenarnya penyebab rambut kering dan mengembang?

Biasanya dikarenakan kurangnya kelembaban udara, kebiasaan menggunakan alat untuk styling rambut, seiring bertambahnya usia minyak rambut dalam tubuh juga berkurang, dan sering terpapar sinar matahari.

Perawatan untuk rambut pada kondisi tersebut tidak hanya dengan menggunakan shampoo dan kondisioner, masker rambut juga sangat berperan penting untuk kesehatan rambut, apalagi masker rambut alami.

Minpow akan sharing mengenai masker rambut alami untuk rambut kering dan mengembang yang bisa kamu lakukan di rumah aja dengan bahan- bahan yang mudah dicari. Simak selengkapnya yuk!

BACA JUGA :

Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering dan Mengembang

1. Masker madu

Kandungan dalam madu seperti vitamin C membantu merangsang kadar regenerasi folikel pada rambutmu. Sifat humektan madu dapat mengikat molekul air pada rambut sehingga membuatnya terlihat lebih sehat. Selain itu sifat antibacterial yang terkandung dalam madu berguna untuk membersihkan kulit kepala dan menyeimbangkan pH.

Minpow mau spill cara membuat masker madu nih, cukup campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok makan minyak jojoba, lalu oleskan pada akar rambut dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas bersih menggunakan sampo. Pasti rambut kamu akan terasa lebih lembab.

2. Masker minyak kelapa

Bahan masker rambut alami selanjutnya adalah minyak kelapa. Kandungan lauric acid dan asam lemak membuat pertumbuhan anak rambut lebih cepat. Selain mempercepat pertumbuhan rambut, minyak kelapa juga bisa memperkuat rambutmu.

Masker rambut menggunakan minyak kelapa juga menjadi keuntungan untuk kamu yang suka styling rambut menggunakan catokan, hair dryer, dan lainnya karena rambut kamu jadi tidak cepat kering, patah, dan rusak.

Cara membuat masker rambut dengan minyak kelapa adalah campurkan 2 sendok makan minyak kelapa dan hangatkan, bagi rambut ke beberapa bagian dan oleskan pada rambut, jika sudah bungkus rambut dengan shower cap diamkan rambut selama 1 sampai 2 jam, lalu bilas rambut sampai bersih dengan sampo dan kondisioner.

3. Masker telur

Mungkin telur sangat sering terdengar hanya untuk masker muka saja, tapi tahukah kamu masker dari bahan telur ini bisa kamu gunakan juga sebagai masker rambut. Kandungan lemak dan protein yang terkandung dalam kuning telur berperan sebagai kondisioner rambut alami.

Kandungan dari putih telur juga mengandung asam amino juga membuat rambut kering menjadi lembut , kuat, dan tidak lagi bercabang. Selain melembabkan rambut, telur juga dapat memperkuat akar rambut.

Cara membuat masker rambut dari bahan telur yaitu pecahkan telur dan kocok, lalu oleskan pada rambut dan diamkan 30- 40 menit, cuci bersih dan cuci menggunakan sampo.

4. Masker alpukat

Bukan hanya segar saat dibuat jus dan diminum, alpukat juga punya banyak manfaat salah satunya menjadi masker rambut. Minpow mau kasih fakta soal masker rambut yang terbuat dari alpukat seperti menghidrasi rambut yang kering, alpukat juga memiliki kandungan biotin sehingga pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Kamu juga bisa mencampurkan alpukat dengan banyak bahan alami lainnya untuk membuat masker rambut. Seperti minyak kelapa, minyak zaitun, lemon, lidah buaya, dan masih banyak lagi.

Cara membuat masker rambut dari bahan alpukat yaitu hancurkan satu buah alpukat, campurkan setengah gelas susu, satu sendok minyak almond, aplikasikan pada rambutmu, dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan sampo.

5. Minyak zaitun

Bahan alami selanjutnya adalah minyak zaitun. Minpow yakin kamu sudah tidak asing dengan minyak zaitun kan? Minyak zaitun memiliki banyak kandungan seperti mineral, antioksidan, dan vitamin yang membantu pertumbuhan rambut, membantu memperbaiki rambut yang kering dan rusak.

Yang perlu dilakukan untuk membuat masker dengan bahan ini adalah siapkan 3 sendok makan madu dan 2 sendok makan minyak zaitun. Selanjutnya tinggal aplikasikan masker secara merata, diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air hangat.

6. Masker yogurt

Bahan masker rambut alami selanjutnya adalah yoghurt. Yoghurt memiliki manfaat bagi rambut seperti menghilangkan ketombe dan kandungan anti jamurnya yang dapat menenangkan kulit kepala, menyeimbangkan kadar pH pada kulit kepala dan menjaga produksi sebum yang cukup.

Cara membuat masker dengan yoghurt yaitu campurkan 2 sendok makan yoghurt dengan satu sendok makan minyak zaitun, oleskan merata ke kulit kepala dan batang rambut, diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan kondisioner dan sampo.

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

7. Gel lidah buaya

Lidah buaya kaya akan antioksidan, mineral, glukosa, kalsium, magnesium, natrium, serta vitamin A,B,C,D,E, dan folat. Kandungan tersebut yang membuat lidah buaya ini sangat sering digunakan sebagai masker rambut karena bermanfaat untuk pertumbuhan rambut yang lebih sehat, kuat, berkilau, dan lebih lembut.

Cara untuk membuat masker rambut dari lidah buaya yaitu dengan menyediakan satu lidah buaya yang sudah diambil dagingnya atau langsung diambil gelnya, selanjutnya oleskan gelnya pada rambut lalu diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan sampo.

8. Masker rambut dari minyak kelapa

Menggunakan minyak kelapa sebagai masker perawatan rambut, karena kandungan asam laurat yang tinggi membuat pertumbuhan baby hair lebih cepat.

Rajin maskeran dengan minyak kelapa juga membuat rambut kamu terhindar dari kerusakan karena sering styling atau ganti warna, dan kandungan anti radang dalam minyak kelapa ini juga membuat kulit kepala kamu juga terhindar dari ketombe.

Minpow kasih tau cara membuat masker rambut dari minyak kelapa ini yaitu cukup menggunakan 2 sendok makan minyak kelapa yang telah dihangatkan, lalu oleskan ke rambut secara merata, lalu bungkus rambut dengan shower cap selama 1-2 jam, setelah itu bilas rambut dengan sampo.

9. Masker rambut dari pisang

Pisang bisa mengembalikan kandungan kolagen rambut dan menguatkannya.Cocok untuk kamu yang mengalami rambut rontok dan rambut kering.

Kamu bisa membuat masker berbahan pisang dengan cara menghasilkan satu sampai dua pisang yang sudah dihaluskan dan tambahkan satu sendok minyak kelapa, lalu aduk  dan oleskan dengan merata keseluruh rambut dari kulit kepala sampai batang rambut, setelah itu bilas dengan shampo.

10. Minyak almond

Bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membuat masker rambut yang terakhir adalah minyak almond. Kandungan dalam minyak almond sendiri membantu memberi efek lembut pada rambut yang kering. Minyak almond juga dapat mengurangi peradangan untuk mengatasi kulit eksim, psoriasis.

Cara membuat masker rambut dengan minyak almond yaitu dengan mencampurkan minyak almond dan alpukat dengan perbandingan 2:1 . Aduk rata lalu oleskan pada rambut dari kulit kepala sampai ujung rambut secara merata. Diamkan 40 menit lalu bilas.

Itu dia 10 masker rambut alami untuk rambut kering dan mengembang. Mudah bukan? Bahan- bahannya juga bisa kamu dapatkan dengan mudah. Selamat mencoba dan kabarin Minpow ya setelah mencobanya! Cek artikel menarik lainnya di DeClipZine!

Jedai Haircules

Sumber: bebodywise.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *