Declip

5 Cara Membangun Body Image Positif biar Lebih PD

5 Cara Membangun Body Image Positif biar Lebih PD

Zaman sekarang, semua hal yang positif lagi banyak banget digandrungi kecuali positif terinfeksi virus. Kayanya, semua yang ada positifnya bakal langsung menarik minat kita. Tapi karena kelewatan, akhirnya muncul juga isu toxic positivity. Waduh, kalau lagi ngomongin isu ketubuhan, membangun body image positif tuh gimana, sih?

Minpow bahas satu-satu, ya. Pertama soal isu tubuh. Minpow jamin deh semua orang di dunia ini pasti punya sesuatu yang pengen diubah dari dirinya. Sekalipun kamu secantik Kendal Jenner, pasti ada sesuatu yang pengen kita ubah. Entah itu tekstur rambut, warna kulit, berat badan, atau apapun itu, gak mungkin kita suka dengan semua hal di tubuh kita. 

Hal itu sebenernya bisa dipicu dengan kebiasaan kita nyontek standar kecantikan yang dibikin sama masyarakat, which is seringkali gak masuk akal. Beberapa orang memang bentuk badannya ada yang tinggi banget atau kurus banget sampe mereka jadi model.

Tapi nih ya, gak semua orang badannya bisa kaya model-model yang kita lihat di majalah atau melenggok di atas catwalk. Ada juga kita yang badannya berisi, gemuk alias plus size, dan macam-macam. Tapi ya itulah kenyatan yang harus kita hadapi.

Kebiasaan kita ngeliat ke standar kecantikan bakal bikin kita nemuin banyak hal yang berlawanan dengan standar tadi. Akhirnya, kita jadi gak suka sama badan kita sendiri. Kalau udah gak suka sama badan sendiri, kebahagiaan kita bisa jadi berkurang. Kita bisa jadi gak pede, ngedumel mulu, nggak berhenti ngebanding-bandingin badan kita sama orang lain.

Itu semua yang disebut body image negatif. Body image negatif adalah sudut pandang, persepsi, atau opini negatif ketika kita melihat bentuk tubuh sendiri. Coba deh kamu cek dan perhatiin, kira-kira kamu punya kebiasaan yang sama gak sih? Coba cek, yuk, apa aja tanda-tanda kamu punya body image negatif? Ini dia:

5 Tanda Kamu Punya Body Image Negatif  

  1. Sering Banding-Bandingin

Pas mantengin social media, kayanya semua orang bakal ngepost bagian terbaik hidupnya. Ya gak sih? Hari ini, filter adalah dewa. Bisa nyulap semua hal jadi kece, jadi bening, jadi bling-bling. Pas lagi liat postingan super badai, pernah gak kamu tiba-tiba bandingin sama diri kamu sendiri?

Ngaku! Pasti pernah, kan? Karena gapapa banget. Wajar dan manusiawi banget loh kalau pas ngeliat seseorang yang wow-oh-so amazing itu kita langsung bandingin ke diri sendiri. Tapiii, kalau kamu bunya body image negatif, kamu bakal langsung benci sama diri sendiri dan nganggep diri kamu gagal.

Kalau body image-mu positif, kamu bakal tetep kagum lihatnya, tapi kamu gak sampai sebel sama diri sendiri karena kamu paham, diri kamu sendiri juga punya kelebihan. Kamu memandang perbedaan kalian sebagai bentuk keberagaman aja, gak menganggap kamu gagal.

  1. Enggak Bahagia

Ciri atau indikasi paling gampang dibaca sebagai tanda kamu punya body image negatif adalah kamu enggak bahagia. Kebahagiaan itu kadang bisa bikin kamu ngelakuin banyak hal untuk mengubah bentuk tubuh.

Mulai dari sedot lemak, mutihin kulit, lurusin rambut, tapi kalau itu semua gak bisa bikin kamu bahagia, Minpow bisa ngasih kemungkinan mungkin kamu punya body image yang negatif. Jadi, sebanyak apapun perubahan yang kamu lakuin di tubuh kamu, itu semua gak bakal cukup bikin kamu bahagia.

Kalau udah gitu, berarti yang perlu kamu ubah tuh bukan bagian tubuh tertentu, melainkan pola pikir dan mindset kamu soal bentuk tubuh kamu, persis kaya yang Minpow jelasin sebelumnya di point pertama. 

  1. Ngeluh 24/7

Ngakunya self love, tapi dua puluh empat jam sibuk ngeluuuuuh mulu. Bisa jadi, itu adalah tanda kamu punya body image negatif. Minpow gak bilang kalau orang yang punya body image positif ga pernah ngeluh, no, mereka juga ngeluh. Tapi ya gak ngeluh 24 jam juga, maliiih.

  1. Gak Pede

Nah! Ini adalah tanda paling jelas dan paling kentara yang bisa kita temuin dari orang yang punya body image negatif. Dia gak pede sama badannya, sama apa aja yang dipake dan selalu mikirin pendapat orang tentang dirinya. 

  1. Iri + Dengki 

Kamu sering gak suka sama orang gara-gara bentuk tubuh mereka? Atau gara-gara fashion items yang mereka pakai? Coba kamu renungin. Itu gak suka apa karena kamu iri? Biasanya, perasaan iri tuh dibungkus dengan kebencian soalnya. Kalau kita udah punya perasaan iri dan dengki, itu bisa termasuk ke dalam indikasi body image negatif. 

5 Cara Membangun Body Image Positif

Setelah kamu mengetahui 5 tanda-tanda orang yang punya body image negatif, Minpow bakal kasih tahu 5 cara buat membangun body image positif. Simak, yuk! Ini dia:

  1. Manjain Diri

Ini adalah tips yang Minpow yakin semua cewek pasti suka buat ngejalaninnya, yaitu manjain diri sendiri! Mulai dari creambath di salon, pergi spa, atau bikin kuteks yang lucu-lucu buat kuku kita. Pokonya, apa pun kegiatannya, selama tujuannya manjain diri sendiri, itu Minpow dukung banget deh.

Apa hubungannya Minpow manjain diri dengan membangun body image positif? Kalau kita rajin manjain diri, tubuh juga bakal ngerasa disayang sama kita. Akhirnya, hubungan kita dengan tubuh enggak kaya Tom & Jerry yang selalu musuhan. Tubuh sama kita jadi tim yang sama-sama bisa melawan dunia.

  1. Sering-sering Ngobrol Sama Diri Sendiri

Cara membangun body image positif kedua adalah deep talk sama diri sendiri. Siapa bilang ngobrol sama diri sendiri tuh artinya enggak waras? Noooo. Kita ngabisin banyak waktu ngobrol dengan banyak orang di luar diri kita, tapi pernah gak sih kamu sempetin buat ngobrol sama diri sendiri? 

Saat ngobrol sama diri sendiri tuh coba deh kamu tanyain dia tuh maunya apa, ekspektasinya gimana. Apa yang disuka dan enggak disuka. Pas menjawab semua itu, coba jujur sama diri sendiri soal segala hal ya. Terutama hal-hal yang sensitif. 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

  1. Atur Mindset

Satu yang enggak kalah penting, yaitu mindset. Tiap kali kerentanan tadi kamu rasain; perasaan-perasaan yang bilang kalau kamu tuh gak cukup keren, gak cukup oke, enggak goodlooking, itulah saat yang penting buat kamu atur mindset. Itu juga termasuk cara membangun body image positif ketiga.

Gimana ngaturnya? Coba fokusin ke hal-hal positif yang kamu punya. Kelebihan kamu. Semua orang punya kekurangan, itu wajar. Tapi Cuma kita yang fokus ke kelebihan kita yang kemudian bisa ngerasa tenang dan percaya diri. Jadi, coba mulai kelola dan atur mindset dari sekarang, ya.

  1. Olahraga

Salah satu cara buat ngurangin kegelisahan itu biasanya kalau kita banyakin kegiatan fisik, alias olahraga. Selain itu, olahraga juga banyak banget manfaatnya. Bisa bikin badan sehat, bisa bikin badan bagus juga dan berbentuk. 

Yakali udah banyak banget gini manfaatnya tapi kamu masih mager juga buat olahraga? Karena manfaatnya yang banyak banget itu, kemudian Minpow menggolongkan olahraga sebagai cara membangun body image positif yang keempat.

  1. Tekuni Hobi

Cara membangun body image positif kelima adalah tekuni hobi. Kenapa? Hobby gives you spark. Makannya, kalau kamu lagi ngelakuin hobi, kamu juga otomatis jadi lebih bahagia. Kalau kamu lebih bahagia gara-gara ngejalanin hobi kamu, kamu enggak bakal punya waktu buat mikirin hal lain, termasuk mikirin body kamu yang enggak se-seksi Kendal Jenner. 

Itu dia 5 cara membangun body image positif. Jadi kalau nanti-nanti lagi kamu galau gara-gara perut buncit, double chin, muka berjerawat, kamu bisa terapin ke-lima cara membangun body image positif yang udah Minpow kasih tahu di atas ya. 

Mungkin gak bakal instan kamu tiba-tiba nge-switch body image dari negatif ke positif, tapi kalau kamu rutin nerapinnya, kamu bisa punya body image yang positif juga. Biar lebih pede lagi, Minpow saranin kamu juga pakai Jedai Haircules, deh!

Jedai viral yang nyaris gak bisa patah ini tuh udah coba diancurin sama banyak public fgure, mulai dari Raisa sampai Tasya Farasya. Dari mulai digilas pakai Alphard, sampai dilempar dari ketinggian 30 meter dan dibekuin dalam es batu raksasa. Semuanya gak ada yang berhasil. 

Kalau kamu cek catalog Minpow di website ini, kamu bakal nemuin 35 warna jedai yang berbeda buat kamu sesuaikan sehari-hari dengan outfit kamu. Biar gak kehabisan warna, borong aja semua. Jadi pilihan kamu gak berbatas. Cuuuuus! Ajakin temen-temen kamu biar jedai kalian kembaran semua ya! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!