Declip

Gambar Penyebab dan 5 Cara Menghilangkan Stress

Penyebab dan 5 Cara Menghilangkan Stress

Cara Menghilangkan Stress – Declip.id | Stress tuh kayanya udah sama kaya hepi, deh, gak bisa kita hindari. Kebayang gak sih kalau kita bisa pilah-pilih, kita pasti bakal pilih yang hepi-hepinya aja buat ngisi hari-hari kita.

Tapi, kalau kita paham bahwa stress, happiness, termasuk kesedihan juga itu Cuma merupakan fase, pada akhirnya kita Cuma bakal nerima dan sadar secara utuh bahawa itu semua sementara. Itu semua fase.

Apa stress perlu dihilangkan? Boleh, kalau kamu merasa perlu. Ga usah, kalau ga gitu ganggu. Tapi, di artikel kali ini Minpow bakal kasih tahu kamu cara menghilangkan stress seandainya nih udah ganggu kamu banget. 

Kalau level stress udah ganggu kita banget, biasanya tuh berarti sampe ganggu konsentrasi, fokus, apalagi perasaan dan pikiran kita. Kalau udah di level itu, itu artinya kita harus tahu cara menghilangkan stress. Gimana caranya? Nanti Minpow kasih tahu. 

Sebelum bahas cara menghilangkan stress, Minpow jabarin dulu ya apa aja sih yang biasanya menyebabkan stress. Jadi, ke depannya bisa kamu hindari. Apa aja? Ini dia:

5 Penyebab Stress

  1. Tekanan Kerja/Tugas Kuliah

Kadang, tekanan kerja, tugas kuliah atau sekolah tuh bisa begitu menganggu. Bukan berarti kita boleh abaikan, tapi kita harus olah tekanan itu supaya bisa kita hadapi dengan baik. Biasanya, teksnan di pekerjaan atau tugas kuliah dan sekolah bisa lebih menganggu kalau kita punya permasalahan lain.

Jadi, saat kita ngerasa lagi under pressure banget, coba cek deh ke dalam diri; kira-kira ada hal lain gak sih yang lagi kita pikirin? Atau yang bikin perasaan kita gak stabil? Salah satu cara mengolah tekanan itu adalah dengan memperbaiki dulu gangguan lain itu. Baru kita balik ke tekanan tadi dan selesaikan.

  1. Overthinking 

Ini juga salah satu kecenderungan manusia yang sulit kita rem: asumsi berlebih! Pas ngadepin satu masalah, kita cenderung nerka-nerka kemungkinan buruk apa yang bisa terjadi. Momen nerka-nerka itu bisa bikin kita begadang sampe jam 2 atau 3 pagi. 

Bahaya gak sih overthinking tuh? Bahaya banget, bisa bikin kita jadi anxious (bakal Minpow bahas abis ini). Selain itu, kamu juga bisa kehilangan jam tidur, sering kecapean, lemes, pokonya ada pengaruh fisik yang bisa diakibatin dari overthink kalau kita biarin ini berlangsung terus menerus. 

  1. Anxiety 

Anxiety, atau kecenderungan seseorang buat merasa gelisah berlebihan, biasanya menyerang kita yang ngerasa khawatir terhadap situasi yang gak menentu. Pernah ada di posisi di mana semua hal kayanya enggak jelas? Terus bikin kita jadi parno? Nah, itu tuh kondisi di mana kamu ngerasa anxious, atau gelisah. 

Anxiety bisa diatasi dengan latihan napas, tujuannya supaya kamu bisa nenangin diri. Beda dengan napas kaya biasa, tapi coba kamu perhatiin ritme napas kamu, breathe in and out. Pas pikiran kamu lagi semerawut, coba balik lagi ke momen sekarang. Latihan itu istilahnya disebut mindfulness, ngajak kamu buat hadir di momen sekarang. Be present. 

  1. Insecurity

Yang selanjutnya jadi penyebab stress adalah insecurity, alias perasaan minder. Perasaan yang bilang kalau kamu tuh enggak sekeren orang-orang, kalau kamu kayanya enggak capable, kamu enggak cukup baik. 

Lebih parah lagi, itu semua tuh kadang bisa dateng diri sendiri. Kadang, kita sendiri yang bilang semua hal buruk itu ke diri sendiri. Kalau kamu ngalamin ini, please banget belajar buat berhenti, ya. Selama ini kita selalu berusaha berbuat baik sama orang, kenapa sama diri sendiri kita gak bisa ngelakuin hal yang sama?

  1. Ekspektasi

Naahhhh… kalau yang satu ini, jelas kita sendiri yang bikin. Kadang, kita punya ekspektasi yang begitu tinggi terhadap sesuati; ekspektasi terhadap pasangan, terhadap kerjaan, terhadap karir, terhadap masa depan, tapi kadang kenyataan  gak selalu bisa menuhin ekspektasi kita. Jadinya gimana? Kita yang terluka, sis! Huhu.

Kuncinya apa? Rem! Jangan dulu melayang tinggi, shaaaay. Tetap menjejak bumi. Punya harapan boleh, tapi kalau kita biarin ekspektasi kita melambung duluan, pas gak nyampe ke sana jatuhnya nanti bakal sakit banget Bund.

Setelah kamu tahu apa aja yang menyebabkan stress, mungkin kamu jadi kepo gimana cara menghilangkan stress. Langsung aja Minpow kasih tahu ya, ini dia:

5 Cara Menghilangkan Stress

  1. Tenang Dulu

Ini adalah langkah pertama sebelum kita ngapa-ngapain; coba tenang dulu. Atur napas. Kalau lagi stress, biasanya degup jantung kita dag-dig-dug parah, buat napas lancar aja susah. Nah, makannya, sebelum ngelakuin tahapan cara menghilangkan stress, kamu gak bisa skip. Harus tenangin diri dulu, ya. 

Tenang dulu di sini ada kaitannya dengan atur napas tadi, yang Minpow udah sempat singgung. Be present, be mindful. Setelah kamu agak legaan, kamu tenang sedikit, baru deh bisa maju ke tahap selanjutnya, yaitu… susun strategi. 

  1. Susun Strategi

Cara menghilangkan stress nomor dua, setelah kamu tenang, adalah susun strategi. Dalam keadaan tenang, biasanya kita punya pikiran yang lebih jernih pas nilai suatu masalah. Logika kita juga jalan. Dalam keadaan kaya gini, boleh deh kita mulai susun strategi; apa yang selanjutnya harus dilakuin?

Coba analisa lagi masalah yang lagi kita hadapi. Kira-kira, kenapa masalah itu bisa sampai muncul? Apa yang bikin kita lengah? Salah kita di mana? Ke depannya, gimana kita bisa ngantisipasi masalah semacam ini? Sekarang, solusi apa yang tersedia? 

Subcribe untuk Dapatkan Info Terbaru dari Kami!

Kepoin info terbaru soal produk dan promosi dengan taroh email kalian di sini, yuk!

  1. Me-Time

Beneran, deh, cara menghilangkan stress tuh bisa segampang cuma me-time doang. Kok bisa? Iya, karena waktu me-time, kita tuh lagi memprioritaskan diri sendiri. Kita lagi bikin diri sendiri bahagia. Makannya, stress juga dengan sendirinya bisa reda. 

Me-Time tuh harus gimana, Minpow? Ini jawabannya bisa beda-beda, tergantung hobi kamu apa. Bisa Cuma baca buku di kafe, bisa hiking, bisa spa di salon, bisa nonton bioskop, bisa menikur pedikur, pokonya apaaaa aja yang bikin kamu happy, ya!

  1. Curhat

Nah, ini juga penting. Waktu lagi stress, ada luapan emosi di dalam diri kita yang butuh disalurin, makannya kita  butuh curhat. Bisa curhat ke temen, atau curhat ke profesional. Apapun itu, yang jelas kamu harus keluarin semua uneg-uneg yang ganggu pikiran dan perasaan kamu supaya stress kamu mereda. 

  1. Let Go

Waktunya bersikap bodo amat. Yes, bodo amat itu penting. Bodo amat juga sama artinya dengan iklhas, bedanya, bodo amat ini hanya boleh kamu lakukan setelah kamu usaha, bukan sebelum. Inget, stress itu bisa berubah jadi depresi dan depresi bisa menyerang tubuh. Itu Minpow kutip dari https://www.everydayhealth.com/

Itu dia cara menghilangkan stress yang bisa kamu lakuin waktu kamu lagi galau. Kalau cara ngerapiin rambut seharian, solusinya cuma satu, yaitu Jedai Haircules by DeClip. Jedai titisan dewa Hercules ini tuh gak rusak setelah digilas Alphard dan diblender. Dilempar dari ketinggian 30 meter dan dibekuin di es batu raksasa juga aman-aman aja. 

Ga percaya? Buktiin sendiri! Beli Jedai Haircules by DeClip di catalog yang tersedia di website ini Ada 35 warna jedai berbeda, yang gigi 3 dan gigi 5. Masing-masing ada yang 3,5 cm, 5 cm dan 6 cm. Sesuaikan dengan tebal dan panjangnya rambut kamu, ya. Check out sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!

KEPOIN INFO TERBARU SOAL JEDAI, YUK!

Masukin e-mail kamu di sini,
nanti Minpow kabarin produk terbaru jedai dan promo seru!